Apakah kamu salah seorang pencinta nasi padang? Dengan cita rasa yang luar biasa wajar banyak orang yang nggak bisa nolak kelezatan makanan satu ini. Mulai dari anak muda hingga orang tua menjadikan nasi Padang sebagai kuliner terbaik. Tapi kamu sadar nggak sih, kalau warung makan Padang ada dimana-mana? Kuliner yang terkenal dengan sebutan nasi Padang ini emang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Lah bener juga ya, kok bisa? Ini nih alasannya!

Orang Minang emang terkenal dengan budaya merantaunya. Jadi wajar aja di setiap daerah ada mereka, termasuk makanannya!

Surga dunia

Sebagai orang Minangkabau, sudah budayanya jika seorang yang sudah cukup umur untuk pergi merantau. Sebagiaan dari mereka lebih memilih untuk mencari nafkah di luar daerah. Budaya ini udah ada sejak dulu kala. Nggak cuma bekerja, tapi juga menimba ilmu. Setelah sukses, ada dari mereka yang pulang dan ada yang bertahan di perantauan. Peluang inilah yang digunakan para wirausaha untuk membuka rumah makan Padang. Dengan harapan nasi Padang bisa mengurangi kerinduan para perantau ini akan kampung halaman mereka.

Orang Minang juga dikenal sebagai pedagang. Kuliner hanya salah satu dari banyak pilihan untuk mencari nafkah

Manatiang piriang ala rumah makan padang via media.ukmmarket.co.id

Bener banget! Kamu pasti nemuin di tiap pusat keramaian seperti pasar ataupun mall pasti ada orang Minang yang jualan. Jiwa pedagang ini memang udah melekat dengan orang Minang. Jadi mau jualan sepatu, baju, keperluan rumah tangga, pasti ada orang Minangnya. Termasuk kulineran. Kemampuan dalam memasak juga tidak pandang bulu. Perempuan atau laki-laki bisa aja masak makanan Padang. Karena mereka sudah diajarkan untuk hidup mandiri, terutama bagi yang merantau. Jadi wajar aja banyak yang jadiin rumah makan Padang sebagai mata pencarian.

Cita rasa yang luar biasa membuat nasi Padang cocok untuk menggoyang lidah orang Indonesia

Advertisement

Bikin Ngeces 🙁 via restoranpadangberingin.esy.es

Kunci dari makanan Padang adalah bumbu-bumbu yang digunakan. Rumah makan Padang nggak segan-segan buat jadiin berbagai macam rempah sebagai penikmat makanannya. Rempah-rempah yang digunain adalah rempah-rempah pilihan biar masakan yang diciptakan memiliki rasa yang luar biasa. Pantes nasi Padang bikin ketagihan ya!

Bahan yang mudah didapatkan dimana-mana membuat nasi Padang menjadi kuliner sejuta umat

Banyak pilihannya! via backpackstory.files.wordpress.com

Setiap makanan pasti berasal dari bahan-bahan yang berbeda. Untungnya, masakan yang disajikan oleh rumah makan Padang terbuat dari bahan baku yang mudah didapatkan di setiap daerah. Misalnya, ayam, daging sapi, ikan, telur, santan, dan rempah-rempah. Jadi nggak susah buat nyari bahan-bahan tersebut buat captain masakan Padang yang benar-benar menggoyang lidah.

Banyak pilihan yang tersedia, membuat nasi Padang dibutuhkan oleh setiap penggemarnya dimanapun berada

Love you, nasi Padang 🙂 via cdns.klimg.com

Kelebihan ini juga jadi salah satu alasan mengapa rumah makan Padang banyak penggemarnya. Nggak Cuma 6 atau 7 pilihan aja, tapi belasan hingga puluhan! Satu jenis bahan dasar aja bisa dibikin berbagai macam hidangan. Misalnya ayam pop, ayam goreng, ayam bakar, dan gulai ayam. Jadi apapun selera kamu ada di rumah makan Padang ini! Jadi pengen ‘kan makan nasi Padang sekarang?

Porsinya yang banyak dan harga yang lumayan bersahabat menjadikan nasi Padang sahabat orang dengan kantong sekarat

Nasi Padang juga terkenal dengan porsinya yang banyak. Bahkan sebagian warung makan mempersilahkan pengunjung buat ngambil sendiri nasinya! Pas banget ‘kan buat kamu yang kantongnya lagi kere? Cuma makan sekali cukup buat sehari. Apalagi kalau dibungkus. Kamu bisa makan satu berdua sama teman kamu! Irit banget ‘kaan?

Banyaknya pesaing yang ada, membuat orang Minang membuka tempat ini di daerah yang belum terjamah

Nggak bakal bosen makan ini! via assets.kompas.com

Nah, ini juga jadi alasan kenapa akhirnya nasi Padang merambah ke berbagai daerah. Banyaknya rumah makan Padang yang ada di daerah-daerah ramai seperti perkotaan membuat para pedagang memilih untuk membuka usahanya di tempat lain. Mereka bakal nyari daerah-daerah yang memiliki sedikit atau bahkan nggak ada rumah makan Padangnya. Dan akhirnya strategi ini sukses bikin rumah makan Padang berjamuran. Asiik!

Jadi banyak-banyak bersyukur ya karena kamu bisa ngerasain kenikmatan dunia yang satu ini. Nasi Padang, aku padamu!