Menjelajah Desa Gongjin, Tempat-Tempat yang Menjadi Ikon Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha. Ternyata Begini Aslinya!

Desa Gongji di Hometown Cha Cha Cha

Bagi kamu penggemar drama asal Korea Selatan atau drakor, pasti nggak asing lagi dengan Desa Gongjin yang menjadi lokasi syuting Hometown Cha Cha Cha. Dalam drama tersebut, Gongjin diceritakan sebagai desa pesisir yang sangat damai dengan pemandangan pantai pasir cokelat yang sepi wisatawan dan terdapat pelelangan ikan yang ramai oleh warga setempat. Desa tersebut juga menjadi tempat bertemunya dua tokoh utama yakni Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) dan Hong Du Sik (Kim Seon Ho).

Advertisement

Nama Gongjin sebenarnya hanya nama fiktif dalam drama saja, lo. Desa tersebut sebenarnya bagian dari Kota Pohang, Provinsi Gyaongsang Utara, Korea Selatan. Pusat kota Pohang sendiri berada di 272 km tenggara Seoul, Ibu Kota Korea Selatan. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan udara atau 3 jam jika menempuh jalur darat. Desa Gongjin di Hometown Cha Cha Cha memang terlihat memesona dengan pemandangan pesisir pantai, berbagai bangunan ikonik dan kehidupan desa yang tenang. Namun, kamu perlu tahu nih seperti apa sebenarnya, lokasi-lokasi yang jadi ikon di drama fenomenal tersebut. Penasaran? Yuk, jelajah Gongji bareng Hipwee Travel!

Pantai Wolpo, tempat pertemuan pertama Yoon Hye Jin dan Hong Du Sik di episode 1 ternyata merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di Pohang

| Credit by tvN on YouTube

Pantai ini cukup ikonik di drama Hometown Cha Cha Cha, karena banyak adegan Yoon Hye Jin dan Hong Du Sik di sini. Mulai dari pertemuan pertama saat Yoon Hye Jin datang untuk memperingati ulang tahun ibunya, lalu ia kehilangan sepatu mahal yang dikenakan, kemudian bertemu Hong Du Sik yang akhirnya membantu mencari sepatu tersebut. Pantai Wolpo merupakan pantai yang cukup dangkal dengan bibir pantai yang dihiasi pasir cokelat sepanjang 900 meter.

Di dalam drama Hometown Cha Cha Cha pantai ini tampak begitu tenang, dengan ombak yang nggak terlalu besar dan banyak kapal-kapal nelayan yang bersandar. Namun, sebenarnya pantai Wolpo cukup ramai oleh wisatawan, lo. Bahkan pantai ini cukup terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Pohang.

Advertisement

Puncak Mukeunbong di Monumen Sabang, tempat ini menjadi lokasi pertemuan Yoon Hye Jin saat mencari agen properti yang ternyata adalah Hong Du Sik

Bukit indah di Gongjin | Credit by tvN on YouTube

Masih ingat saat Yoon Hye Jin memutuskan mendirikan klinik gigi di Gongjin? Saat itu ia harus menemui agen properti yang akan membantunya mencari lokasi untuk kliniknya. Yoon Hye Jin sempat melewati jalanan menanjak mirip sebuah bukit kemudian tiba di sebuah tebing menghadap ke bibir pantai di mana terdapat kapal tua yang tampak rusak. Di sana ia bertemu dengan si agen properti yang ternyata adalah Hong Du Sik. Dalam adegan pertemuan tersebut, tampak Hong Du Sik sedang sibuk memperbaiki kapal.

Ternyata, tempat tersebut merupakan sebuah monumen yang bernama Mukeunbong yang berada di kawasan Sabang. Lokasi tersebut dibuka sejak 2007 untuk memperingati pengenalan proyek pengendalian erosi di Korea Selatan.

Yangpo Port, merupakan pelabuhan sekaligus tempat pelelangan ikan di mana Yoon Hye Jin sempat bekerja di sana sebentar untuk mendapat uang 4000 won

Advertisement

Pelabuhan Yangpo cukup ikonik di drama Hometown Cha Cha Cha, banyak adegan di mana Hong Du Sik sedang bekerja dan membantu penduduk. Salah satu adegan pertama di Yangpo adalah ketika Yoon Hye Jin ingin meminjam uang 4000 won pada Hong Du Sik, untuk membayar kopi. Tapi Hong Du Sik justru menyuruh Yoon Hye Jin untuk bekerja membersihkan ikan di tempat pelelangan ikan. Seperti di dalam drama, tempat ini memang benar-benar tempat pelelangan ikan yang cukup ramai dan dipadati nelayan serta pengepul dari berbagai kota.

Mampir ke klinik Gigi milik Yoon Hye Jin yuk! Ternyata tempat ini adalah sebuah pusat kesehatan masyarakat di daerah pesisir Pohang

| Credit by tvN on YouTube

Klinik gigi Yoon Hye Jin merupakan satu dari sekian beberapa ikon dalam drama Hometown Cha Cha Cha. Banyak adegan bermula dengan menyoroti bangunan 2 lantai ini. Di ceritakan, sebelum menjadi klinik, tempat ini adalah ruko kosong biasa yang akan dijadikan sebuah restoran. Namun, ternyata tempat ini benar-benar klinik sungguhan, lo. Mungkin mirip seperti puskesmas atau pusat pengobatan bagi penduduk di pesisir Pohang.

Daepohang Light House, lokasi pada adegan Hong Du Sik menyelamatkan Ji Seong Hyun saat akan jatuh ke laut

Bangunan mercusuar merah ini ternyata sebuah monumen yang bernama Daepohang Light House. Dalam drama lokasi ini ada pada adegan saat Hong Du Sik menyelamatkan Ji Seong Hyun yang akan jatuh ke laut karena tidak hati-hati ketika berfoto. Sebenarnya mercusuar ini juga sering terlihat di beberapa adegan saat berada di tepi Yangpo. Sehingga, lokasinya memang cukup dekat dengan Yangpo dan tempat pelelangan ikan.

Pasar Cheongha, merupakan pusat distrik di Pohang yang dijadikan lokasi untuk beberapa adegan penduduk di Gongji

Beberapa tempat di sekitar Cheongha dijadikan sebagai set film, diantaranya (1) Chungho Hardware, toko perkakas milik Choi Geum Cheol (Yoon Seok Hyun); (2) kafe bernama Coffee in the Daytime & Beer in the Moonlight yang dijalankan oleh Oh Chun Jae/Oh Yoon (Jo Han Chul); dan (3) Bora Supermarket, toko kelontong terlengkap di Gongjin milik Ham Yoon Kung (Kim Ju Yeon).

Cheongha Market merupakan pasar tradisional yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an dan terletak di Desa Minam, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang. Pasar ini hanya buka pada hari-hari tertentu setiap bulannya.

Nah, itulah beberapa tempat asli yang menjadi ikon di drama Hometown Cha Cha Cha. Sebenarnya, pada tahun 2019 lalu desa pesisir di Pohang ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama When the Camellia Blooms. Bahkan beberapa tempat sepeti Daepohang Light House, puncak Mukeunbong dan pantai Wolpo menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan sejak menjadi lokasi syuting drama. Dari beberapa lokasi di atas, mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE