Jalan-jalan ala backpacker belakangan ini cukup jadi tren yang banyak berkembang di kalangan anak muda. Alasannya simpel, dibandingkan dengan gaya lainnya seperti flashpacker dan liburan ala koper, backpacker bisa dibilang gaya liburan yang paling cocok dilakukan oleh anak muda yang biasanya punya budget pas-pasan.

Tapi nih sebenarnya selain alasan uang yang terbatas, ada banyak loh alasan lainnya yang membuat liburan ala backpacker adalah gaya liburan yang harus dicoba oleh anak muda minimal sekali seumur hidup. Buat kamu yang penasaran dengan apa saja alasan yang bikin kamu harus coba berpetualang dengan cara backpacker, ini dia Hipwee sudah bikin ulasannya:

1. Sebagai anak muda tentu kamu punya jiwa petualang yang kental: Berjalan-jalan ala backpacker akan menantang sisi liarmu yang mungkin terpendam

menantang sisi liarmu

menantang sisi liarmu via www.coffeeandstories.com

Advertisement

Berlibur ala backpacker adalah cara liburan yang jauh dari kata serba nyaman. Kalau biasanya kamu duduk di bangku kereta eksekutif yang super empuk, kini kamu harus ‘rela’ duduk di bangku tegak kursi ekonomi yang bikin punggung dan pinggang pegal. Belum lagi saat tiba di suatu daerah, kamu gak bisa duduk santai menunggu di antar supir rentalan melainkan mengandalkan peta digital atau bertanya minta petunjuk orang agar bisa menemukan alamat yang dituju.

Ya, salah satu hal yang membuat liburan ala backpacker adalah karena kamu akan banyak dipertemukan dengan tantangan-tantangan yang tidak ditemui saat liburan dengan tour agent. Malah nih tidak sedikit para backpacker yang menilai bahwa letak kenikmatan berlibur ala backpacker bukan pada saat mereka sampai di suatu tempat, tapi proses mereka untuk sampai disanalah yang sulit terlupa.

2. Jalan ala backpacker mengasah sisi kreativitasmu. Dengan bujet yang terbatas kemampuanmu adaptasimu harus dibawa melintas batas

mengasah sisi kreativitas

mengasah sisi kreativitas via elitetravelblog.com

Salah satu ciri dari traveler backpacker  didominasi oleh orang-orang dengan budget terbatas.  Mereka yang sangat suka  berpetualang tapi gak punya uang sepadan. Karena terbatasnya dana inilah, traveler jenis ini biasanya harus punya sejuta ide demi bisa menekan biaya. Untuk itu dibutuhkan kreativitas demi bisa mendapatkan harga yang paling pas di kantong.

Advertisement

Mulai dari merancang rute perjalanan termurah, berburu tiket promo, sampai dengan berpikir mencari penginapan murah bahkan jika bisa yang sifatnya gratisan. Tanpa adanya kreativitas dan kerja keras, rasanya mustahil bagi seorang backpacker dapat berjalan-jalan dengan dana pas-pasan.

3. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pejalan pas-pasan. Kamu harus bisa survive dan tidak mengandalkan jasa orang untuk urusan liburan

latuhan supaya survive

latuhan supaya survive via www.huffingtonpost.com

Tidak hanya dekat dengan image pejalan yang uangnya terbatas saja, seorang backpacker adalah independent traveler yang artinya semua rencana perjalanan kamu atur dan urus sendiri. Mulai dari urusan transportasi, akomodasi, penginapan, kegiatan yang akan dilakukan di sana semuanya dipikirkan olehmu dan bukan orang lain. Mungkin terkesan sepele, tapi tahukah kamu kalau banyak pelajaran yang bisa diambil dari hal ini?

Kamu dituntut untuk bisa membuat rencana perjalanan yang efisien, baik dari segi waktu dan biaya. Belajar memanajemen uang agar tidak kekurangan, menghargai pendapat teman saat kalian punya perbedaan pendapat soal kemana saja nanti kalian akan pergi, serta sederet masalah lainnya yang sebetulnya melatih kemampuanmu untuk bisa survive. Gak percaya? Cobain saja sendiri.

4. Kesulitan perjalanan membuat kepekaanmu teruji. Kamu akan tahu mana yang kawan sejati, mana yang hanya saling kenal selintas lalu pergi

melatih intuisimu

melatih intuisimu via www.chinaexploration.com

Berbeda dengan orang membeli paket perjalanan yang biasanya relatif aman, karena kemana pun akan pergi bisa menunggu jemputan, seorang backpacker wajib melindungi dirinya sendiri. Di jalanan ada banyak kemungkinan. Mulai dari bertemu dengan pencopet, penipu, atau bahkan perampok yang berniat jahat. Seorang backpacker yang telah banyak melakukan perjalanan, pada umumnya memiliki intuisi untuk melindungi diri dari lingkungan sekitar.

Mereka bisa dengan cepat mengenali kalau-kalau ada orang yang memang punya niatan tidak baik. Semakin muda dan semakin banyak perjalanan yang dilakukan menggunakan cara berlibur backpacker tentunya akan sangat membantu kamu melatih intuisi dengan lebih baik lagi.

5. Perjalanan macam ini melatih kemampuanmu mengatur uang. Pilihannya berhemat, atau terlunta-lunta di tanah orang

mengatur uang biar gak kehabisan

mengatur uang biar gak kehabisan via quirkylittleplanet.wordpress.com

Selain melatih kreativitas, salah satu poin penting lainnya dari berlibur ala backpacker adalah kamu dilatih untuk belajar mengatur uang dengan baik. Displin soal pengeluaran dan pemasukan menjadi nilai yang membuat kamu bisa mewujudkan segalanya.  Tanpa ada keduanya hal tersebut, bisa jadi rencana liburan kamu malah berakhir berantakan karena perkiraan budget meleset.

6. Mumpung masih muda, fisikmu sangat memungkinkan untuk backpackin. Kalau sudah tua, mana bisa?

mumpung masih muda dan kuat

mumpung masih muda dan kuat via thetravelmonster.wordpress.com

Alasan paling logis dari kenapa anak muda sepertimu wajib mencoba berlibur ala backpacker adalah karena fisik yang masih kuat. Dengan kondisi tubuh fit, tubuhmu gak akan meronta karena dipaksa berdamai dengan kereta ekonomi yang fasilitasnya gak nyaman.

Kamu pun masih gak masalah kalau harus tidur di Masjid atau pom bensin demi menghemat biaya menginap. Intinya manfaatkan fisikmu yang masih muda dan kuat untuk bisa berlibur sejauh-jauhnya, dengan biaya seminimal mungkin. Cari pengalaman petualangan yang bisa kamu ceritakan kelak pada anak cucumu.

7. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang bisa kamu jadikan teman dan siapa tahu juga pasangan hidup yang menggenapkan

Perjalanan memungkinkanmu bertemu orang yang menggenapkan

Perjalanan memungkinkanmu bertemu orang yang menggenapkan via youqueen.com

Bertemu dengan banyak orang adalah sisi kelebihan liburan ala backpacker jika dibandingkan dengan liburan dengan gaya lainnya. So, bukankah itu pertanda baik itu perluasan koneksimu? Dari sana kamu dapat menemukan banyak teman baru yang pastinya akan berguna suatu hari nanti.

Nah dari sekian banyaknya orang, siapa tahu kan salah satunya adalah jodohmu? Tentu akan sangat menyenangkan dong kalau kamu bisa bertemu dengan pasangan jiwa yang ternyata seorang pejalan juga.

Itu tadi alasan kenapa sebagai anak muda, kamu wajib berlibur ala backpacker mumpung masih muda. By the way selain beberaoa alasan di atas, ada lagi hal yang bikin kamu harus coba liburan ala ini?

Featured Image by : www.thrillophilia.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya