Katanya, manusia ialah makhluk paling sempurna yang berhasil diciptakan Tuhan. Tapi toh manusia tetap makhluk yang lemah juga. Manusia mana yang bisa selamat dari kecelakaan mobil dahsyat misalnya? Peluangnya kecil, kemungkinannya bisa jadi 1 : 1000, begitu kan? Tapi kalau misal ada pertanyaan, manusia paling banyak merenggang nyawa dimana? Ya di tempat tidur, bukan di jalan. Itu artinya kamu nggak usah stop traveling gara-gara takut mati. Lha paling banyak orang mati di tempat tidur kok, bukan di jalan.

Manusia dibilang sempurna, lantaran dia makhluk yang diberi akal dan kecerdasan, untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dalam diri masing-masing. Baru-baru ini di Australia, di Victoria tepatnya, telah dibuat sebuah karya seni berbentuk manusia yang diklaim memiliki anatomi tubuh yang bisa meredam benturan keras saat terjadi kecelakaan ketika berkendara. Kira-kira kaya gimana ya? Udah yuk simak aja…

Graham namanya. Kamu jangan ngeri duluan, ini hanyalah sesosok patung yang terbuat dari fiberglass, yang dibalut silikon dan rambut manusia asli

bener-bener mirip manusia kan? manusia makin cerdas aja via dailymail.com

Patricia Piccinini, pematung asal Melbourne, Australia inilah yang telah menciptakan karya seni yang luar biasa mengejutkan. Tak sendiri, Paiccinini bekerja sama dengan ahli bedah Kristen Kenfield dan insinyur keselamatan berlalu lintas David Logan. Diberi nama Graham, patung ciptaan Piccinini ini begitu mirip dengan manusia. Bentuk tubuhnya diklaim dan diyakini bisa menahan kecelakaan akibat kecepatan tinggi. Proses pembuatannya jelas tak mudah, sebab bentuknya yang tidak biasa tadi. Mereka semua berusaha merancang agar tubuh Graham sanggup bertahan dari tabrakan keras.

Graham sukses menjadi model karya seni yang amat menarik perhatian. Tapi jangan salah, fungsi utamanya ialah sebagai media edukasi

si Graham ini merupakan media campaign, bukan sekadar karya seni asal-asalan via boredpanda.com

Advertisement

Media edukasi siapa? Ya para siswa di Australia terkait kecelakaan lalu lintas. Jadi, si Graham ini bisa kita sebut sebagai media kampanye keselamatan berlalu lintas pemerintah Victoria. Saat ini patung Graham tengah dipamerkan di National Gallery of Victoria di Melbourne, Australia. Kalau kamu kepo banget dan punya cukup duit, ya udah sok kesana…

Kamu bisa lihat melalui gambar gambar ini, secara sepintas Graham memiliki kepala yang melebar, tidak ada leher, bentuk kaki aneh, dan di dadanya ada bantalan untuk melindungi tulang rusuk

putingnya banyak banget ya, ngeriiii via boredpanda.com

Dilansir dari Daily Mail, tubuh Graham ini memang mempunyai dada yang besar, kepala lebih besar, puting yang banyak dan leher yang dirancang untuk bertahan terhadap kecelakaan mobil. Bagian melengkung pada tubuh Graham ini, seperti dada dan ekstra puting misalnya, bertujuan untuk melindungi tulang rusuk. Leher seolah dihilangkan untuk menghindari adanya patah tulang. Sementara lemak pada bagian muka dirancang untuk melindungi mata, telinga, dan hidung.

Graham juga memiliki kulit yang lebih tebal untuk melindungi lecet. Patung ini dirancang untuk bisa melompat dari mobil saat mobil sedang melaju kencang, karena memiliki lutut yang menekuk ke segala arah dan dapat menghindarkannya dari patah tulang.

Nggak hanya organ luar saja, bagian dalam tubuh Graham juga berbeda dengan manusia normal

otaknya aja beda. punya jaringan yang terhubung dengan tengkorak gitu ~ via boredpanda.com

Seperti yang sudah disebut di atas, bagian depan kepala ditutupi lemak. Tengkoraknya juga lebih tebal, pada otak mempunyai jaringan yang terhubung dengan tengkorak agar tidak terguncang. Graham juga didesain dengan airbag pada rusuknya, yang mampu melindungi pengemudi dari tabrakan. Beberapa orang mengatakan, bahwa bentuk Graham ini cukup menyedihkan. Bentuk tubuhnya dinilai efektif untuk melindungi bagian dalam tubuh apabila terhantam dasbor.

Kehadiran Graham dengan campaign bertajuk “Meet Graham” ini memicu pro dan kontra. Pihak kontra bilang, kampanye macam ini hanya buang anggaran dan waktu saja. Hmmm gimana menurutmu?

lututnya bisa nekuk ke segala arah nih. pro kontra mah biasa via boredpanda.com

Menurut pihak kontra, alih-alih fokus di jalan raya, orang-orang malah akan sibuk melihat-lihat keanehan bentuk Graham. Namun ada pula yang pro, menurut mereka bentuk Graham menjadi pengingat. Bahwa ketika tak ada manusia yang seperti Graham, maka tak ada satu pun manusia yang boleh semena-mena di jalan raya dengan tidak mengindahkan lalu-lintas.

Jadi, kita ambil sisi positifnya aja ya guys.. Kamu wajib berhati-hati di jalan raya. Karena Graham merupakan satu-satunya “manusia” yang bisa tahan ketika terjadi kecelakaan lalu lintas

Dari bentuknya, Graham memang sosok yang langka untuk jadi manusia sesungguhnya. Dilansir dari The Telegraph, kecelakaan di jalan raya banyak merenggut nyawa. Kenapa? Sebab, kecelakaan jelas berbeda dengan tumbukan benda yang diam. Di jalan raya, semuanya bergerak. Sehingga ketika tumbukan berlawanan antar kendaraan terjadi, efeknya begitu besar pada tubuh manusia. Dan Graham merupakan jawaban bagi tubuh manusia yang seperti apa, yang kelak mampu selamat ketika terjadi kecelakaan.

Jadi, gimana menurutmu? Apa Indonesia perlu bikin campaign serupa dengan karya seni yang luar biasa menyeramkan ini untuk mengingatkan penduduknya? Berkendaralah yang baik kalau memang kamu nggak punya bentuk tubuh seperti Graham. Eh tapi kebayang nggak sih kalau ada Graham di dunia nyata?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya