5 Negara ini Gunakan Sepeda Sebagai Transportasi Utama. Anut Gaya Hidup Sehat Sejak Lama

Negara transportasi sepeda

Dibandingkan dengan mobil dan motor, sepeda memang terbukti lebih ramah lingkungan. Nggak menimbulkan polusi, sepeda bikin kebersihan udara tetap terjaga. Lantaran lebih sehat, beberapa negara akhirnya mengadopsi sepeda sebagai transportasi utama ketimbang mobil dan motor. Tentunya, budaya naik sepeda ini berseberangan dengan tren moda transportasi yang dianut banyak negara di zaman sekarang.

Advertisement

Meski berbeda, banyak orang di 5 negara ini tetap memilih sepeda sebagai transportasi. Ternyata, budaya sehat itu udah diwariskan secara turun-temurun sejak lama. Tak ayal, sepda menjadi trasnportasi utama di sana. Keunikan ini di 5 negara tersebut nyatanya bikin wisatawan tergugah untuk datang. Budaya itu memantik rasa penasaran wisatawan terutama yang berasal dari mancanegara.

Bicara soal negara yang menggunakan sepeda sebagai transportasi utama, Belanda harus menempati urutan pertama

Naik sepeda di Belanda | Photo by Pxhere via pxhere.com

Dinobatkan sebagai negara dnegan rute sepeda terbaik di dunia, Belanda mah nggak boleh terlewatkan saat ngomongin negara dengan trasnportasi sepeda. Terbukti, kota Amsterdam punya rute sepeda menakjubkan yang bikin wisatawan terpana. Apalagi pemerintah setempat nggak segan membuat fasilitas publik untuk pesepeda. Tak sulit menemukan parkir khusus sepeda di penjuru negara ini. Kebalikannya, justru parkir mobil sangat terbatas. Nggak heran ya, kalau orang Belanda betah bersepeda. Jika melancong ke Belanda, kamu bisa menyewa sepeda dan menikmati pemandangan kota.  Dijamin negara ini ramah untuk pesepeda. Aman~

Salah satu cara terbaik menikmati pemandangan negara Swiss adalah dengan bersepeda. Apalagi penduduk Swiss punya hobi bersepeda ke pegunungan

Naik sepeda di Swiss | Photo by photosforyou via pixabay.com

Swiss yang terkenal dengan pemandangan alam eksotis. Banyak pedesaan dikelilingi pegunungan atau perbukitan. Jauh dari peradaban kota, pedesaan di Swiss terutama di kota kecil Appenzell terasa sangat sepi. Kendaraan seperti mobil dan motor sangat jarang ditemukan. Satu-satunya transportasi yang kerap digunakan adalah sepeda. Penduduk Swiss pun kerap memakai sepeda untuk naik gunung atau bukit.

Advertisement

Sebagai tranportasi di Swiss, sepeda nggak buruk-buruk amat. Apalagi dengan bersepeda, kamu bisa menjelajah pedesaan di Swiss sambil memperhatikan pemandangan lebih jelas. Meskipun kamu harus sedikit berkeringat karena mengayuh sepeda, tapi itu setimpal kok dengan kepuasannya.

Meskipun jalur sepeda belum seluas negara lain, Cina bisa dibilang negara dengan budaya naik sepeda yang patut diacungi jempol

Naik sepeda di Cina | Photo by Pxhere via pxhere.com

Di masa silam, penduduk Cina memang kerap memakai sepeda sebagai transportasi. Namun seiring waktu, budaya itu tetap dipertahankan terutama di ibu kota Cina yakni Beijing. Di kota ini, kamu bisa menemukan sebagian besar penduduk Cina memakai sepeda. Bahkan negara ini punya jalur khusus untuk pesepeda, meski nggak sekomplet dan seluas negara lainnya.

Uniknya, Cina sempat jadi bahan berita media internasional lo gara-gara sepeda. Akibat membludaknya pengendara sepeda, Cina mengalami kemacetan cukup parah tahun 2017 silam. Waktu itu, kemacetan berpusat di kawasan Shenzhen. Saking macetnya, banyak pengguna meninggalkan sepeda mereka begitu aja di jalanan. Waduh~

Saat menjalani aktivitas sehari-hari, penduduk Belgia sangat mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi

Bersepeda di Belgia | Photo by Anastasia Borisova via pixabay.com

Tak cuma penduduk biasa, kalangan kerajaan Belgia nggak malu pakai sepeda sehari-hari. Budaya naik sepeda memang udah lama negara ini terapkan. Makanya, nggak aneh kalau hampir seluruh penduduk Belgia gemar memakai sepeda mulai dari bekerja, berangkat sekolah, sampai belanja. Sebenarnya sepeda tergolong barang mahal di Belgia. Namun, penduduk Belgia tak kehabisan akal. Demi naik sepeda yang murah, banyak tempat penyewaan sepeda yang bermunculan.

Punya kesadaran tinggi soal lingkungan, Jepang pun menganut budaya naik sepeda

Bersepeda di Jepang | Photo by Titi Robiatul Adawiyah via pxhere.com

Selama ini Jepang dinilai sebagai negara dengan penduduk yang punya kesadaran tinggi. Soal displin dan ketertiban, penduduk Jepang memang juara. Soal kepedulian lingkungan pun tak perlu disepelekan. Pasalnya, Jepang termasuk negara yang memakai sepeda sebagai transportasi utama, di samping transportasi umum. Padahal Jepang diketahui sebegai penghasil motor terbesar di dunia lo. Gara-gara budaya naik sepeda, udara di Jepang selalu segar dan minim polusi. Wah, patut contoh nih!

Kalau berwisata ke kelima negara tersebut, mungkin kamu bisa menjajal transportasi sepeda. Nggak cuma jalan-jalan, rasakan pengalaman seperti penduduk lokal yang bersepeda saat beraktivitas. Pun kamu bisa menyusuri setiap sudut kota atau desa di negara itu. Ketimbang mobil atau motor, sepeda bisa membawamu ke tempat-tempat yang mungkin tak terjangkau wisatawan selama ini. Siapa tahu menemukan `hidden paradise` kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE