Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang dijuluki surganya kuliner. Gimana gak? Di kota ini, kamu bisa menemukan aneka makanan khas yang punya cita rasa otentik dan dijamin lezat. Gak cuma di restoran mahal, jajanan kaki lima di Bandung pun tak kalah menggoda untuk dicoba kok.

Nah, supaya kamu gak bingung mau makan apa kalau lagi di Bandung, Hipwee bikin artikel ini sebagai panduan buat kamu yang ingin menjelajah kuliner di sana. Jangan tanya soal rasa deh, karena 17 makanan khas berikut ini dijamin bikin kamu bilang “ngeunah pisan!”.

1. Awali jelajah kulinermu dengan menyantap Surabi Bandung sebagai makanan pembuka.

Advertisement

Surabi ini boleh dibilang pancake ala Jawa Barat lho! Terbuat dari adonan tepung beras, Surabi dibuat dengan cara dibakar di atas tungku kayu. Setelah matang, Surabi biasanya disajikan dengan kuah gula merah. Namun seiring perkembangannya, Surabi kini sudah dibuat dengan berbagai pilihan topping. Mulai dari keju, cokelat, sosis, telur, hingga oncom pun ada. Meski sudah dimodifikasi sedemikian rupa, cita rasa Surabi yang khas tetap dipertahankan kok.

2. Jika cuaca sedang panas, minumnya Yoghurt Cisangkuy saja.

Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy via anekatempatwisata.com

Kamu memang bisa menemukan produk fermentasi ini dimana saja. Tapi jika kamu ingin mencicipi yoghurt dengan rasa yang berbeda, yoghurt yang ada di Jalan Cisangkuy, Bandung, ini nih jawabannya. Berbeda dari yoghurt yang lain, Yoghurt Cisangkuy memang dikenal punya cita rasa yang tidak terlalu asam. Selain itu, yoghurt di sini biasanya disajikan dengan potongan buah yang membuatnya makin segar disantap.

Punya lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman, destinasi wisata kuliner yang satu ini bisa jadi rekomendasi kalau kamu sedang berkunjung ke Kota Bandung!

3. Pengen menjajal makanan yang menggugah selera? Seblak Basah yang super pedas ini juaranya!

Seblak

Seblak via seseblakan.com

Advertisement

Jajanan yang satu ini memang sedang populer. Tidak hanya di Kota Bandung saja, kamu pun sebenarnya bisa menemukan Seblak di kota-kota lain. Sayangnya, rasa otentik dari penganan ini seringkali tidak bisa kamu temukan jika membeli Seblak di tempat lain. Itulah kenapa mencicipi Seblak asli Bandung adalah kesempatan yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa memilih aneka ragam Seblak. Mulai dari yang kering, yang basah, atau Seblak ceker dan tahu misalnya.

4. Saat berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi legit dan lezatnya Sate Maranggi.

photo

Makanan ini sebenarnya berasal dari Purwakarta. Tapi saking populernya, kamu juga bisa menemukan banyak penjaja Sate Maranggi di Kota Bandung. Sate Maranggi umumnya terbuat dari daging sapi. Yang membedakan sate ini dari sate-sate lainnya adalah proses perendaman daging menggunakan bumbu-bumbu rempah yang cukup lama. Tak heran jika rasa bumbu dari sate ini begitu meresap dan terasa lezat saat disantap.

5. Penasaran dengan kuliner malam di kota Bandung? Nasi Kuning Pasir Koja wajib banget kamu coba.

Nasi Kuning Pasir Koja

Nasi Kuning Pasir Koja via duniakulinerbandung.com

Kota Bandung juga terkenal dengan wisata kuliner malamnya lho. Salah satunya yang paling terkenal adalah Nasi Kuning Pasir Koja yang kabarnya baru buka mulai jam 8 malam hingga 2 pagi. Sepiring nasi kuning yang terdiri dari nasi kuning atau nasi uduk berdampingan dengan berbagai lauk seperti rendan, telur, tahu, sayur waluh, tempe, dan sambal ini memang nikmat banget di santap saat malam hari.

6. Bandung memang identik dengan bubur ayamnya, tapi yang paling istimewa ya Bubur Ayam Gibbas.

28-1

Mengapa bubur ayam yang satu ini bisa sangat terkenal? Salah satunya karena porsi bubur ayamnya yang luar biasa banyak bahkan sampai hampir tumpah. Selain itu, bubur ayam ini biasanya disajikan dengan suwiran ayam dan telur yang juga gak kalah banyak hingga menutupi seluruh permukaan mangkuknya. Dijamin kenyang dan puas deh!

7. Suasana kota Bandung yang dingin bakal makin nikmat kalau kamu menyantap semangkuk Cuanki hangat.

Cuanki Serayu

Cuanki Serayu via alchemisite.wordpress.com

Salah satu yang membuat Kota Bandung nyaman ditinggali adalah hawanya yang dingin. Nah, saat menikmati hawa dingin inilah kamu bisa sambil menyantap semangkuk Cuanki hangat. Cuanki merupakan kepanjangan dari Cari UANg dengan jalan kaKI (dipanggul, pedagangnya jalan kaki berkeliling).

Makanan khas dari Bandung  ini terdiri dari campuran bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor dalam satu mangkok. Salah satu yang paling dikenal adalah Cuanki Serayu yang konon sudah berjualan sejak tahun 1990.

8. Punya cita rasa gurih bercampur pedas, Combro cocok jadi camilan sambil jalan-jalan di kota Bandung.

Kamu mungkin bisa menemukan cireng dan cimol di kota-kota lain, tapi salah satu yang otentik dari kota Bandung adalah Combro. Yup! Combro atau “oncom di jero” ini terbuat dari parutan singkong dengan isi sambal oncom yang kemudian digoreng. Jajanan ini pas banget untuk dinikmati sore hari dan disajikan dengan teh manis panas. Combro juga bisa lho jadi teman perjalananmu sepanjang berkeliling di kota Bandung.

9. Datang ke Bandung gak akan lengkap tanpa makan Batagor yang jadi salah satu ikon kuliner Kota Kembang.

Batagor sebenarnya merupakan singkatan dari “baso tahu goreng”. Batagor Bandung kini bahkan tidak hanya populer di kota Bandung saja, tapi juga di kota-kota lainnya. Namun untuk merasakan nikmatnya Batagor asli, kamu bisa menemukannya di Bandung.

Beberapa warung Batagor yang terkenal di Bandung di antaranya: Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

10. Nikmati segarnya kuah kaldu bercampur mie kuning dan kikil dalam semangkuk Mie Kocok Bandung.

Makanan ini sebenarnya berbahan dasar mie kuning dan tauge. Dalam penyajiannya, mie kemudian disiram dengan kuah kaldu kaki sapi yang panas dan berlemak. Setelahnya, mie akan disajikan dengan toping potongan kikil, seledri, dan bawang goreng. Kenapa disebut Mie Kocok? Hal ini lantaran dalam proses pengolahannya, mie dimatangkan dengan cara dikocok dalam air mendidih lalu dikocok dengan bumbu.

11. Sempatkan pula menjajal olahan nasi bercampur bumbu rempah dalam menu Nasi Cikur.

Nasi Cikur

Nasi Cikur via www.pergidulu.com

Dari namanya saja, kamu mungkin sudah bisa mengenali kuliner yang satu ini. Cikur dalam Bahasa Indonesia berarti kencur. Sederhana saja, Nasi Cikur adalah nasi yang dicampur dengan beragam bumbu rempah dan utamanya adalah cikur. Nasi cikur biasanya dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng/bakar, gepuk, lalapan dan sambal.

12.  Kuliner Bandung dijamin bikin kamu kangen, salah satunya adalah Mie Yamien yang lezat ini.

Yamin

Yamien via mommiesdaily.com

Di Bandung, orang-orang mengenal istilah “Yamien”, yaitu mie kuning yang direbus, ditiriskan kemudian diaduk-aduk dengan minyak dan kecap di dalam mangkok. Taburan Yamien biasanya berupa daging ayam suwir atau cincang dan daun bawang serta ditambahkan bawang goreng. Sementara, semangkuk Yamien biasanya disajikan dengan kuah terpisah yang juga ditambahkan bakso, pangsit atau baso tahu.

13. Meski asalnya dari Tasikmalaya, Nasi Tutug Oncom kini diburu para pelancong yang datang ke Bandung.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom via reseponline.info

Menu yang satu ini konon juga berasal dari Tasikmalaya. Namun saking banyak penggemarnya, menu Nasi Tutug Oncom banyak ditemukan di rumah makan khas Sunda, termasuk yang ada di Bandung. Perpaduan nasi yang dicampur oncom pastilah terasa nikmat. Ditambah ayam goreng, tahu atau tempe, serta lalapan dan sambel – Nasi Tutug Oncom ini jadi menu yang wajib banget kamu coba.

14. Setelah seharian lelah jalan-jalan, cobain deh segelas Bandrek hangat yang dijamin bisa menenangkanmu.

Bandrek

Bandrek via foodcious.com

Gak cuma makanan, Bandung juga terkenal karena ragam minuman hangatnya. Salah satu yang pling populer adalah Bandrek. Terbuat dari campuran jahe, gula merah dan rempah-rempah, minuman yang satu ini pas banget disantap saat cuaca dingin sebagai penghangat tubuh.

15. Kalau lagi pengen yang seger-seger, santap saja sepiring Rujak Cuka ini!

Rujak Cuka merupakan makanan yang rasanya asam sekaligus pedas. Rasa asam didapat dari proses pencampuran antara buah dan sayur-sayuran yang sebelumnya sudah direndam dalam larutan asam. Larutan itu terdiri dari campuran gula pasir, gula merah, air dan juga cuka. Biasanya, rujak cuka juga di sajikan dengan kacang tanah goreng dan kerupuk kuning.

16. Ini nih juaranya! Perkedel Bondon yang baru diangkat dari penggorengan dan masih hangat.

Perkedel Bondon

Perkedel Bondon via duniaicip-icip.blogspot.co.id

Di Bandung, ada penjual perkedel goreng yang sangat terkenal, namanya perkedel Bondon. Perkedel Bondon tepatnya berada di Jalan Stasiun Lama. Selain rasanya yang memang enak, perkedel ini pun harganya murah. Tak heran jika banyak orang yang rela antre untuk mendapatkan perkedel ini.

Sejak jam 10 malam, penjual Perkedel Bondon baru akan menyiapkan adonan dan mulai menggoreng perkedelnya. Butuh waktu sekitar satu jam hingga akhirnya Perkedel Bondon yang hangat bisa tersaji di atas meja. Tapi jangan salah, tidak akan ada yang tersisa karena ketika baru diangkat dari penggorengan saja sudah banyak pembeli yang menyantapnya.

17. Puas dengan beragam kuliner lezat khas Bandung, tutup perburuanmu dengan menyantap Es Goyobod yang menyegarkan ini!

Es Goyobod

Es Goyobod via resepdanmasakan.com

Minuman tradisional ini juga primadona di Kota Bandung. Es Goyobod terdiri dari santan yang dicampur potongan sagu, kolang-kaling, ketan hitam, kelapa muda, tape dan alpukat. Minuman ini juga disajikan dengan toping susu kental manis dan es serut yang membuat rasanya semakin nikmat. Karena segarnya, minuman ini paling pas menjadi pelepas dahaga pada siang hari atau pada saat berbuka puasa.

Banyak yang setuju jika Bandung dijadikan kota tujuan wisata kuliner. Pasalnya, kota yang dijuluki “Kota Kembang” ini memang menyimpan kekayaan kuliner yang luar biasa. Pokoknya, barudak-barudak Bandung bakal bilang “ngeunah pisan” deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya