Nasib sebuah hubungan memang nggak ada yang bisa menduga. Termasuk hubunganmu dengan dia yang nyatanya berakhir dengan pahitnya. Rasa sakit yang masih bersemayam di hati bikin kamu susah melupakannya. Hatimu masih nelangsa setiap mengingatnya. Sampai-sampai bikin kamu ingin menghapus segala kenangan tentangnya. Kalau kamu udah berada di tahap sesakit itu, untuk menyembuhkan luka kamu harus memaafkan si dia lebih dulu, juga memaafkan kenangan bersamanya. Supaya hatimu tenteram dan tak lagi dibayangi rasa sakit.

Ehem, sebenarnya kalau kamu mau, ada lho cara termudah untuk memaafkan mantan. Caranya adalah pergi ke Bandung dan mencicipi 10 martabak paling enak berikut ini. Dijamin deh, rasa manisnya bikin kamu melupakan rasa sakit dan pahitnya kenangan bersamanya. Yang ada, kamu bahkan sampai rela memaafkan dirinya.

1. Martabak Nikmat Andir, kelezatan Martabak Pandan Keju Jagung Spesialnya bikin kamu lupa sama luka lama

Martabak Pandan Jagung Keju Spesial. via kuliner.panduanwisata.id

Jl. Jend Sudirman, No 413

Bandung, West Java

Opening hours : 4pm – 11pm

Kalau mau mencicipi martabak yang satu ini pastikan jangan sampai kehabisan. Warung martabak yang letaknya nggak jauh dari Pasar Andir ini selalu ramai oleh pengunjung. Penampakan martabaknya sekilas nggak jauh beda dari martabak manis lainnya. Hanya saja adonannya tidak terlalu tebal dan rasanya nggak terlalu manis. Rasanya dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Sementara itu varian rasa martabak manisnya beragam. Ada red velvet, taro, hingga pandan-jagung-keju. Soal harga, nggak perlu khawatir. Sepadan kok sama kenikmatan yang bakal kamu dapat. Seporsi Martabak Pandan Jagung Keju Spesial dihargai Rp 75.000. Sluurp! Langsung ngiler nih.

2. Kalau mau mencicipi rasa martabak yang legendaris namun harganya nggak bikin kantong jebol, Martabak Mr. Buyung – Cicendo wajib kamu coba!

Advertisement

Martabak Mr. Buyung. via www.foody.id

Jl. Pasirkaliki No. 64B, Cicendo, Bandung Barat, Bandung

Jam buka: 04:00 PM – 11:00 PM

Martabak ini dikembangkan oleh manajemen San Fransisco yang udah punya nama. Varian rasanya beragam, salah satunya ada Red Velvet Cheese plus. Rasanya nggak kalah sama dengan kelezatan martabak San Fransisco yang melegenda, hanya saja harganya lebih ramah, di bawah Rp 30 ribuan. Buat dimakan sendiri atau berdua sama pacar baru pas banget porsinya. Yakni 1 porsi terdiri dari 5 potong besar dan tebal.

3. Martabak Asan Cicendo, pelopor martabak Tipker (tipis kering) yang sudah tenar sejak lebih dari 20 tahun silam

Martabak Tipker. via www.brilio.net

Jalan Kebon Kawung No.8, Cicendo, Bandung, Jawa Barat 40171

Jam buka: 05:00 PM – 11:30 PM

Martabak Tipker a.k.a tipis kering menjadi menu jagoan di warung martabak manis satu ini. Seperti namanya, martabak ini renyah dengan topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada topping cokelat, keju, atau kacang. Sementara itu martabak tipker kacang cokelat menjadi favorit di kedai martabak satu ini. Kalau kamu nggak begitu suka tipker, bisa pesen martabak tebal yang seperti biasa. Satu porsi martabak tipker cokelat-kacang dihargai Rp 38.000. Bagaimana? Tertarik menjajal kelezatan martabak Tipker racikan Koh Asan? Yummy!

4. Martabak San Fransisco, brand martabak yang udah ada sejak 1967 ini sekali dengar, orang udah langsung membayangkan kenikmatannya

Martabak San Fransisco. via www.jadagram.com

Jl. Burangrang No. 42, Burangrang Lengkong, Bandung, Jawa Barat 40111

Jam buka: 4:00 PM – 11:00 PM

Meski kini cabang martabak ini udah ada di kota-kota lainnya, namun tetap saja jika kamu ke Bandung dan tengah ngidam martabak manis, kamu wajib berkunjung ke kedai satu ini. Harganya memang sedikit lebih mahal dibanding martabak lainnya, namun sepadan kok dengan rasanya yang sudah melegenda. Varian rasanya juga beragam dari mulai nutella, toblerone, keju, cokelat, hingga vanilla oreo, ada! Buat kamu yang nggak doyan martabak manis, kedai martabak ini juga menjajakan martabak asin dengan topping yang bisa kamu pilih, dari mulai sapi, ayam, hingga tuna. Soal harganya, berkisar dari rentang Rp 28.000 hingga Rp 140.000.

5. Martabak Tropica, kenikmatan martabak yang memanjakan mulutmu bakal bikin kamu lupa sama pengkhianatan mantan

Martabak 10 rasa. via ksmtour.com

Jl. Wayang 2 (Burangrang) Bandung, samping In & Out

Jam Buka: 13.00 – 23.00

Kedai martabak manis ini juga wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke kota kembang, Bandung. Toppingnya macam-macam, ada Coklat Strawberry, Durian, Chocomaltine, KitKat Green Tea, Lotus Speculoos, Taro, SilverQueen, Oreo, Keju dan lainnya. Kalau kebetulan kamu berkunjung ke kedai martabak ini bareng teman-teman, kamu bisa pesan Martabak 10 Rasa yang asyik buat disantap rame-rame. Rentang harganya dari mulai Rp 24.000 hingga Rp 125.000.

6. Marbol Golden Bell, untukmu yang ingin mencoba martabak dalam sensasi yang beda, wajib mencoba!

Bisa buat oleh-oleh juga. via sandyramadhita.wordpress.com

Jl.Dangdeur Indah II No.1, Surya Sumantri, Bandung, Jawa Barat 40163

Jam beroperasi:  09.00–20.00

Rasanya bak paduan antara martabak manis dan bolu, lembut dan nggak berkulit tepi. Cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa bertahan hingga 4 hari jika dimasukkan ke dalam kulkas. Harganya berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 48.000. Sementara varian rasanya bermacam-macam, ada keju, keju cokelat, kacang cokelat, keju kismis dan keju kacang cokelat.

7. Martabak Brownies Dakocan 168, buat kamu pencinta cokelat dan brownies, sayang banget kalau sampai melewatkan martabak satu ini

Cokelatnya berasaaa…. via www.qraved.com

Jl. Dr. Radjiman, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam beroperasi:  18.00–21.00

Kalau kamu udah bosen dengan varian martabak yang itu-itu aja, mungkin martabak brownies bisa kamu jadikan pilihan. Cokelatnya berasa dan buat kamu pencinta brownies, sayang banget kalau nggak menyempatkan diri mencicipi camilan satu ini. Nggak perlu khawatir soal harganya, karena masih dikisaran Rp 20.000-an untuk tiap porsinya. Toppingnya bisa kamu pilih, bisa keju atau meises. Bayangin deh, rasa brownies dipadukan dengan topping keju dan meises.

8. Asia, Martabak Jepang, bakal bikin kamu lupa sama rasa sakitnya ditinggal mantan. Saking lezatnya..

Cobain yang pandan deh.. via www.qraved.com

 Jl. Dago No 205 Bandung

Jam beroperasi: 18.00–21.00

Kedai martabak ini banyak cabangnya. Jadi, kamu nggak akan susah mencarinya. Sementara itu adonan martabaknya terdiri dari beragam varian, yakni tasty (pandan), blacksweet, crispy, manis, dan asin. Soal toppingnya layaknya martabak pada umumnya, ada keju dan lainnya. Sementara harganya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 30.000, tergantung dari varian adonan, topping, dan ukurannya.

9. Martabak Shaffron, pilihan topping import dan dijamin punya rasa yang beda. Kamu nggak akan menyesal mencobanya!

Punya rasa yang beda! via www.qraved.com

Jln.Ciumbuleuit no. 85

Jam beroperasi: 16.00-22.00 WIB

Kalau di kedai martabak satu ini, varian toppingnya a la import dan beragam. Dari mulai Nutella, Ovomaltine, , Rozella, Dairy Milk, Hershey’s, Silver Queen, Millo, Delfi, Cashew Nuts, Hazelnuts, Cadbury, JIF Creamy Peanuts, dan cokelat import lainnya. Buat kamu yang belum pernah berkunjung ke kedai satu ini, baiknya mencoba Martabak Hershey Oreo yang adalah menu favorit. Harganya sendiri berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 147.000.

10. Martabak Intisari, udah ada sejak 1977 dan menu yang ditawarkannya lebih dari 50 variasi, daripada kamu galauin mantan aja, mending datang ke sini!

Martabak intisari. via www.infobdg.com

Jl. Sudirman No. 101 Bandung

Kedai martabak ini bahkan menawarkan topping yang beda, seperti cocktail. Menarik banget kan? Sementara itu di kedai ini terdiri dari 3 macam varian martabak, Martabak manis reguler, martabak manis tipis kering, dan tersedia juga martabak asin. Pokoknya kamu nggak akan menyesal mencicipi martabak di kedai ini.

Ayo, buruan mengunjungi 10 kedai martabak di atas, biar kamu nggak lagi inget sama mantan. Yang ada kelezatan martabaklah yang terngiang. Nggak percaya? Buruan coba!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!