Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Jelajah Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Baduy, kampung adat sekaligus tempat wisata tersembunyi di pelosok Banten. Ada 5 tulisan di Reportase Jelajah Wisata Baduy yang akan terbit di Hipwee. Simak tulisan keempat tentang panduan budget backpackeran ke Baduy Dalam. Yuk simak dan segera berlibur ke sana!

Artikel Pertama : Sensasi Semalam Menginap di Baduy Dalam. Harmoni Bersama Alam Tanpa Listrik, HP dan Toilet!

Advertisement

Artikel Kedua : Pandangan Politik Suku Baduy : Ditanya Pilih Jokowi atau Prabowo, Begini Jawabannya

Artikel Ketiga : Mengenal Sunda Wiwitan, Agama yang Dianut Masyarakat Baduy. Bagaimana Konsep Ibadah Mereka?

Liburan ke Baduy memang gampang-gampang susah. Gampang karena lokasinya nggak jauh dari Jakarta. Hanya berjarak sekitar 160 km saja dari ibukota. Susah karena aksesnya bisa dibilang tidaklah mulus. Butuh perjalanan sekitar 4-5 jam dari Jakarta kemudian trekking selama berjam-jam. Perjalanan darat 4-5 jam itu sama dengan pergi ke Hongkong atau Nepal dengan naik pesawat. Hehehe. Itulah mengapa liburan ke Baduy terasa tidaklah sesederhana yang kamu bayangkan.

Advertisement

Oke, jangan takut dulu untuk berkunjung ke sana. Sulitnya akses ke Baduy dikarenakan lokasinya yang berada di perbukitan. Nah, buat kamu yang mau tahu panduan backpacker ke Baduy dan juga budgetnya, nih Hipwee Travel siapkan buat kamu semua.

NB : Trip ke Baduy agak sulit dilakukan sendiri, biasanya open trip rata-rata 10-20 orang. Nah untuk backpacker setidaknya ada 5 orang yang berangkat bersama. Kita hitung biaya per orang dengan catatan rombongan berjumlah 5 orang.

Pertama, untuk menghemat biaya mari naik kereta KRL dari Tanah Abang. Cukup 8 ribu aja bisa sampai ke Rangkasbitung

stasiun tanah abang via poskotanews.com

Kita mulai dari Stasiun Tanah Abang. Untuk menuju ke Baduy, kita harus terlebih dulu datang ke Rangkasbitung, ibukota Kabupaten Lebak. Kereta commuter line tujuan ke Rangkasbitung sudah tersedia dengan jadwal yang cukup banyak. Harganya cukup murah, hanya 8 ribu rupiah saja. Perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Sesampai di Rangkasbitung, jangan lupa makan siang dulu ya.

Tiket KRL Tanah Abang-Rangkas : 2 x 8000 = 16.000 PP

Makan siang di Rangkas : 20.000

Kedua, tentukan tujuan pintu masuknya. Ada dua yang bisa kamu pilih, yakni Ciboleger atau Cijahe

elf ke baduy via badpackers.blogspot.com

Menentukan pintu masuk ini penting karena treknya cukup berbeda. Bagi kamu yang suka berpetualang dan trekking sembari menikmati ‘ramainya’ Baduy Luar dengan segala barang kerajinannya, Ciboleger lebih cocok. Dari Ciboleger menuju Baduy Dalam butuh trekking 4-5 jam. Mantap ‘kan? Pegel-pegel deh tuh kaki. Hehe.

Sementara jika kamu memilih Cijahe, harus siap dengan jalanan yang berbatu dan bergelombang. Rusak parah deh aksesnya. Tapi enaknya kamu cukup trekking 1 jam sana untuk sampai ke Baduy Dalam. Langsung ke tujuan dan lebih efektif. Namun rute ini jauh kurang populer dibanding Ciboleger. Hipwee akan menghitung budget dengan tujuan Cijahe ya.

Mau kemana pun tujuan kamu, tetap saja harus sewa elf dari Rangkasbitung. Sewa elf range harga 800-1 juta ya. Bisa maksimal 13 orang masuk ke elf. Tapi karena 5 orang saja, kamu bisa meminta diskon kepada supirnya. Jika pintar menawar kamu bisa dapat 750 ribu PP. Perjalanan selama 2,5 jam menuju Cijahe.

Sewa elf : 750.000/5 orang = 150.000 PP

Sesampai di Cijahe, kamu sudah menyiapkan bahan belanjaan untuk makan di Baduy Dalam. Jangan lupa memasukkan donasi untuk Baduy

suasana kampung cijahe via www.hipwee.com

Sebelumnya kamu harus menyiapkan bahan makanan untuk dimasak di Baduy Dalam. Kamu perlu belanja beras, sayuran, lauk pauk dan juga air minum yang banyak mengingat air bersih di Baduy hanyalah dari air sungai. Jangan lupa snack ringan, kopi, teh maupun gula. Nantinya kamu akan meminta tuan rumah untuk memasakkan makan malam dan sarapan buat rombonganmu. Jangan lupa mengisi buku tamu dan menyelipkan selembar 50 ribuan di buku tersebut.

Donasi masuk ke Baduy : 50.000 untuk satu rombongan alias 10.000 per orang

Belanja makanan : 300.000 dibagi 5 orang jadi 60.ooo per orang

Biaya selanjutnya adalah sewa rumah Baduy Dalam dan guide yang menemani kamu. Kalau punya dana lebih kasih lebih buat mereka ya

Suku Baduy dalam via www.adirafacesofindonesia.com

Biaya yang paling penting tentu untuk fee guide dan tuan rumah. Biasanya guide dibayar 300 ribu per orang. Kalau kamu butuh porter lain lagi ya. Sementara tuan rumah cukup 200 ribu. Tapi alangkah lebih baiknya jika kamu samakan jika kamu lebihkan. Hal ini sebagai ucapan terimakasih telah dijamu dan menginap di rumah mereka. Tapi kalau nggak ada ya 200 ribu nggak masalah.

Guide : 300.000 per guide dibagi 5 orang = 60.000

Rumah : 200.000 per rumah dibagi 5 orang = 40.000

Makan siang pas pulang : 20.000

Total pengeluaran selama backpackeran ke Baduy Dalam

Tiket kereta : 16.000

Makan siang di Rangkas : 20.000

Sewa elf : 150.000

Belanja makanan : 60.000

Donasi : 10.000

Guide : 60.000

Tuan rumah : 40.000

Makan siang pas pulang : 20.000


Total pengeluaran : 376.000 rupiah per orang

Cukup terjangkau ‘kan liburan backpacker ke Baduy. Kalau kamu menemukan open trip lebih murah, itu semata-mata karena ‘patungannya’ lebih banyak orang. Uang segitu terhitung murah sih untuk wisata ke Baduy Dalam yang eksotis tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya