Panduan Wisata Keliling Jogja Seharian, Naik Trans Jogja. Murah dan Gampang Banget!

Panduan keliling Jogja sehari

Jogja jadi kota istimewa nggak hanya karena bentuk pemerintahannya aja, tapi juga karena sering disebut-sebut sebagai kota yang romantis. Yaelaah romantis, mungkin karena di Jogja cukup susah membedakan mana kenangan dan mana genangan~ Punya kenangan di Jogja? Ah, mau punya kenangan atau belum, nggak ada salahnya coba  keliling Jogja sehari biar bisa bikin kenangan di Kota Gudeg ini.

Advertisement

Yap, salah satu cara membangun kenangan di Jogja adalah datang dan temui keramahan masyarakatnya, cicipi kelezatan kulinernya, serta nikmati keseruan menjelajah setiap sudut kotanya. Kali ini Hipwee Travel akan mengajakmu mengikuti panduan keliling Jogja sehari naik Trans Jogja, yey! Destinasi wisata yang akan kita kunjungi yaitu Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Museum Affandi, dan Candi Prambanan. Eh tenang, selain terjangkau dibanding naik taxi online atau sewa kendaraan, naik Trans Jogja juga gampang banget kok. Yuk, simak panduan keliling Jogja sehari!

Start dari Malioboro ya, karena di sini ada tiga halte dan jadi tempat yang recomended buat para traveller untuk memilih lokasi penginapan. Biar gampang, sih maksudnya~

Di Jalan Malioboro ini ada tiga halte, kamu bisa pilih halte terdekat dari lokasimu, ya. Nah, untuk pembayarannya kamu bisa pakai uang cash atau pakai e-money. Tarifnya hanya Rp 3.500,- sekali jalan. Dari Jalan Malioboro, kita akan menuju Terminal Ngabean untuk transit ganti transportasi sebelum menuju ke keraton. Usahakan berangkat pagi ya, maksimal jam 9 deh, biar lebih santuy jalan-jalannya. Untuk menuju Terminal Ngabean, kita akan naik Trans Jogja  jalur 3A. Perjalanan dari Malioboro menuju Terminal Ngabean nggak lama kok, sekitar 10 menit kalau lalu lintas lancar.

Advertisement

Menikmati suasan wisata budaya dan wisata sejarah di keraton dan Taman Sari. Dari Terminal Ngabean bisa diakses dengan naik Thole, kereta wisata di kompleks keraton

Di dalam Bus Trans Jogja ada petugas yang siap memberi tahu penumpang setiap tiba di suatu halte, jadi jangan khawatir keblabasan. Nah, setelah turun di Terminal Ngabean sekarang kita akan naik salah satu transportasi wisata yang khusus membawa wisatawan untuk menuju keraton dan Taman Sari. Tarifnya hanya Rp 10.000,- untuk pulang pergi. Pertama kita akan menuju keraton terlebih dahulu. Jam buka di keraton pukul 08.00 – 14.00, harga tiketnya Rp 8.000,- dan dikenakan biaya lagi  jika kamu bawa kamera.

Di keraton kamu bisa menyewa guide untuk menemanimu jalan-jalan dan menjelaskan tiap detail bangunan atau menceritakan budaya di keraton. Selesai wisata di keraton, kita akan menuju ke Taman Sari naik Thole lagi. Jangan sampai hilang ya, tiket Thole yang tadi didapat di Terminal Ngabean. Lokasi pangkalan Thole tepat di depan gerbang keraton, saat low season mungkin akan banyak Thole yang mangkal. Tapi saat high season jangan harap mangkal, nggak antre aja udah bersyukur. Oke, mari menuju Taman Sari. Jam buka Taman Sari mulai pukul 09.00 – 15.00, harga tiketnya Rp 5.000,-. Di sini kita bisa menjelajah bekas bangunan kerajaan yang unik-unik dan bekas tempat pemandian putri raja, banyak banget spot foto instagramable yang harus kamu coba.

Menikmati ragam lukisan karya Affandi di Museum Affandi. Kalau beruntung kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukkan karya seni

Dari Taman Sari kita akan naik Thole lagi untuk kembali ke Halte Ngabean. Nah, dari Ngabean kita naik Trans Jogja jalur 8. Untuk menuju Museum Affandi, tapi kita harus transit dulu di Terminal Jombor. Tenang, untuk transit tidak dikenakan biaya lagi, jadi cukup bayar sekali di halte sebelumnya. Dari Terminal Jombor, lanjut naik Trans Jogja jalur 5A dan turun di Halte UIN Sunan Kalijaga. Dari halte kita masih harus jalan kaki sedikit, ke arah timur untuk sampai di Museum Affandi.

Di Museum Affandi ini kamu bisa melihat koleksi lukisan dari seniman Affandi dan keluarganya. Sering juga ada pertunjukkan seni atau pameran jika bertepatan dengan event tertentu. Tiket masuk Museum Affandi Rp 30,000,- dengan jam buka dari pukul 09.00-16.00.  Dari Museum Affandi kita kan lanjut menuju Candi Prambanan.

Menikamti kemegahan Candi Prambanan yang punya cerita sejarah menarik. Paling cocok datang sore hari ya

Untuk menuju Candi Prambanan, kita harus kembali ke Halte UIN Sunan Kalijaga dan lanjut naik Trans Jogja jalur 1B dan harus transit di Bandara Adisucipto. Kemudian lanjut lagi naik Trans Jogja jalur 1A, lalu turun di halte terakhir yaitu Halte Prambanan. Untuk harga tiket masuk kompleks Candi Prambanan Rp 25.000,- dengan jam operasional sampai jam 18.00 WIB. Paling cocok berkunjung ke Prambanan saat sore hari, jadi nggak terlalu panas dan kamu bisa menikmati kemegahan Candi Prambanan dengan nyaman.

Untuk kembali ke Malioboro, kita akan naik Trans Jogja jalur 1A, tanpa transit dan langsung tiba di Malioboro lagi, lanjut wisata belanja, deh. Yey, akhirnya selesai petualangan kita keliling Jogja sehari naik Trans Jogja. Seharian ini kita hanya menghabiskan Rp 14.000,- aja lo, untuk naik Trans Jogja, tambah Rp 10.000,- untuk naik Thole jadi totalnya Rp 28.000,-. Wow, cukup murah dong untuk keliling Jogja sehari daripada naik taxi.

Sayangnya, naik Trans Jogja untuk berwisata hanya menjangkau destinasi wisata di dalam kota saja, belum lagi kadang tercebak macet di jam tertentu dan harus transit di beberapa halte. But, it’s okay kok, buat kamu yang jalan-jalan santuy dan memang berniat menikmati suasan kota Jogja, karena Trans Jogja siap membawamu keliling kota. Jadi, yuk kapan naik Trans Jogja!

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE