Panduan Lengkap Wisata ke Dieng 2 Hari 1 Malam, Budget 300 Ribuan Udah All in. Cocok Buat Weekend!

Panduan wisata ke Dieng

Buat kamu yang liburan jauh dari perkotaan dan menikmati udara sejuk khas pegunungan, Dataran Tinggi Dieng bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu kunjungi. Dieng berada di ketinggian 2158 mdpl sehingga udaranya cukup sejuk di siang hari sekitar 15-18 derajat, dan bisa sangat dingin bahkan hingga minus saat malam hari di musim kemarau.

Advertisement

Secara administratif, Dieng terbagi menjadi 2 wilayah yakni Dieng Kulon yang merupakan wilayah Kabupaten Banjarnegara, dan Dieng Wetan wilayah Kabupaten Wonosobo. Dieng menjadi salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah, karena memiliki berbagai destinasi wisata, mulai dari candi, telaga, kawah, bukit, pemandian air panas, desa wisata dan sebagainya. Buat kamu yang ingin ke berlibur, berikut Hipwee Travel kasih panduan wisata Dieng selama 2 hari 1 malam.

Cocok buat kamu yang ingin melepas penat dengan liburan sejenak saat weekend. Ssst, Hipwee kasih rincian biayanya juga deh, biar kamu lebih gampang bikin plan dan ajakin teman atau keluarga~

Rute menuju Dieng. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan berupa ladang pertanian yang berbukit-bukit

Tugu gapura Dieng Plateau | Credit by Dieng Backpacker on Commons WIkimedia

Perjalan menuju Dieng dari pusat kota Wonosobo kurang lebih 45-60 menit menggunakan kendaraan pribadi. Di sekitar Kalianget, kita akan melewati pos wisata dan setiap orang akan dikenakan tiket seharga 5 ribu rupiah. Jangan lupa minta tiket resmi dan jangan dibuang, ya! Tiket ini bisa digunakan untuk masuk di salah satu obyek wisata pilian seperti Dieng Theater, Tuk Bimalukar dan Museum Kailasa.

Advertisement

Usahakan kamu tiba di Dieng setelah waktu check in, supaya bisa istirahat sebentar sebelum mulai menjelajah beberapa destinasi wisata. Seperti kebanyakan penginapan pada umumnya, di sini kamu bisa check in setelah jam 14.00 WIB. Namun, jika tiba lebih awal maka kamu bisa mengunjungi beberapa obyek wisata lebih dulu.

Wisata hari pertama: Dieng Theater – Batu Ratapan Angin – Kawah Sikidang

Di hari pertama ini, Hipwee Travel kasih rekomendasi rute wisata yang oke banget. Pertama, kamu bisa mengunjungi Dieng Theater untuk menukarkan tiket yang didapat di pos wisata tadi. Jadi, kamu udah nggak perlu bayar lagi di sini. Dieng Theater akan membawamu menjelajah alam dan budaya di bumi Dieng dalam sebuah film dokumenter.

Advertisement

Hipwee Travel rekomendasikan obyek wisata ini untuk dikunjungi pertama setibanya di Dieng, supaya kamu punya insight lebih saat mengunjungi obyek-obyek wisata selanjutnya.

Batu Ratapan Angin | Credit by Tirta Indah Perdana on Commons Wikimedia

Obyek wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Batu Ratapan Angin atau sering disebut juga Batu Pandang. Lokasinya sangat dekat dengan Dieng Theater, tepatnya di sebelah kiri gedung, bahkan kamu nggak perlu pindah parkiran. Untuk menuju Batu Ratapan Angin kamu akan dikenakan tiket seharga 10 ribu rupiah.

Di sini, kamu bisa menikmati panorama Dieng dari atas tebing dengan spot terbaik. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Telaga Warna dari ketinggian. Selain menikmati panorama Dieng, kamu bisa mencoba berbagai wahana atau spot foto unik seperti sepeda gantung, ayunan, dan sebagainya. Namun, untuk mencoba wahana tersebut masih harus dikenakan biaya 15-25 ribu.

Kawah Sikidang | Credit by Kondepy on Commons Wikimedia

Obyek wisata selanjutnya adalah Kawah Sikidang, yang lokasinya nggak terlalu jauh dari kompleks Dieng Theater ini. Kamu hanya perlu waktu 5-10 menit dengan berkendara menuju Kawah Sikidang. Di sini, Hipwee Travel sarankan untuk membeli tiket terusan seharga 20 ribu rupiah. Tiket ini bisa kamu gunakan untuk mengunjungi Kawah SIkidang dan Candi Arjuna, jadi jangan sampai hilang ya.

Di Kawah Sikidang kamu akan disuguhi hamparan tanah belerang yang mengeluarkan asap. Rute perjalanan dari parkiran menuju kawah utama cukup jauh dan kamu akan dibawa melewati pasar tradisional sepanjang jalan. Namun, jangan khawatir pemandangannya bagus banget, apalagi kalau langit sedang biru cerah, ditambah kepulan asap putih dan tanah belerang, dijamin fotomu bakal keren, deh.

Puas berkeliling hingga sore hari, saatnya menuju homestay untuk istirahat. Sore hari, udara di Dieng akan semakin dingin, sekitar 13-20 derajat di musim hujan dan 10-13 derajat di musim kemarau. Jadi, lebih baik gunakan waktu untuk istirahat, apalagi jika esok hari kamu ingin melihat sunrise di puncak Bukit Sikunir.

Wisata hari ke-2: Bukit Sikunir – Tlaga Warna – Candi Arjuna

Sunrise di Puncak Sikunir | Credit Hadiwibowo on Commons Wikimedia

Di hari kedua ini, kamu bisa mencoba aktivitas seru yakni mendaki Bukit Sikunir untuk melihat sunrise. Bukit ini terletak di desa Sembungan, yakni desa tertinggi di pulau Jawa. Di sini kamu akan dikenakan tiket 10 ribu rupiah. Untuk mendaki hingga sampai puncak bukit, kamu harus melewati ratusan anak tangga. Namun, jangan khawatir karena medannya cukup mudah dan sangat aman untuk pemula. Lama perjalanan dari parkiran hingga puncak kurang lebih 30-60 menit, tergantung kecepat kamu berjalan.

Hipwee Travel sarankan, kamu harus mulai pendakian paling lambat jam 4 pagi supaya bisa menikmati perjalanan dengan santai. Fasilitas di Bukit Sikunir ini cukup memadai, ya SoHip. Seluruh jalan sudah dilengkapi penerangan, ada toilet dan musola juga di puncak. Jika sampai puncak sebelum matahari muncul, maka kamu bisa menyaksikan terbitnya matahari secara perlahan. Jika cuaca sedang bagus, tanpa kabut maka kamu bisa menjumpai golden sunrise yang super indah.

Telaga Warna | Credit by Jimmy on Commoms Wikimedia

Setelah menyaksikan sunrise, kamu bisa melanjutkan wisata mengunjungi Telaga Warna. Di sini kamu akan dikenakan tiket seharga 15 ribu rupiah. Mengunjungi Telaga Warna pagi-pagi adalah pilihan terbaik karena kamu bisa menikmati udara yang sangat segar, karena kawasan ini cukup rimbun oleh pepohonan besar. Kamu juga bisa menuju salah satu spot foto berupa jembatan yang menjorok ke tengah Telaga.

Kompleks Candi Arjuna | Credit by Yogaprihantono on Commoms Wikimedia

Obyek wisata terakhir dan paling utama yang harus kamu kunjungi adalah Kompleks Candi Arjuna. Di sini kamu nggak perlu bayar tiket lagi, cukup tunjukan tiket terusan yang sudah dibeli saat di Kawah Sikidang. Di Kompleks Candi Arjuna kamu bisa menikmati panorama kemegahan candi di tengah padang rumput yang luas dihiasi pemandang perbukitan yang hijau.

Estimasi waktu wisata di hari kedua ini berakhir sekitar tengah hari, sehingga pas banget dengan waktu checkout dari homestay. Sebelum pulang, kamu bisa singgah di toko oleh-oleh untuk membeli beberapa makanan khas Dieng seperti aneka olahan carica, kripik kentang, kripik jamur, teh tambi, dan purwaceng.

Rincian biaya wisata ke Dieng 2 hari 1 malam

Dari rute wisata di atas, yuk coba kita rinci total biayanya, habis berapa nih 2 hari 1 malam liburan di Dieng?

  • Estimasi penginapan kita anggarkan 200 ribu/kamar dulu ya (bisa dibagi untuk 2 orang)
  • Tiket kawasan Dieng 5 ribu
  • Tiket Batu Ratapan Angin 10 ribu
  • Tiket terusan Kawah Sikidang-Candi Arjuna 20 ribu
  • Tiket Bukit Sikunir 10 ribu
  • Tiket Telaga Warna 15 ribu
  • Makan: estimasi makan 3x @20 ribu= 60 ribu

Total biaya= Rp. 320.000

Estimasi biaya di atas adalah biaya pokok, ya SoHip, jadi belum termasuk pengeluaran lain misalnya beli oleh-oleh, uang bensin dan parkir. Kamu juga masih bisa berhemat, lo misalnya saja memilih penginapan yang lebih murah atau patungan sama teman. Untuk urusan makan, kamu juga bisa masak sendiri karena di homestay biasanya sudah disediakan alat masak lengkap dan bahan makanan seadanya misalnya mi instan dan telur. Harga sewa penginapan di Dieng juga cukup terjangkau, mulai 100-375ribu/kamar yang bisa diisi 2 orang.

Bagimana, tertarik mengisi akhir pekan di Dieng? Kamu bisa ikuti panduang wisata Dieng di atas supaya lebih mudah menentukan rute perjalanan, dan memilih obyek wisata. FYI, di Dienga ada banyak sekali wisata lain yang belum Hipwee sebutkan di atas. Namun, kalo waktumu cuma terbatas 2 hari 1 malam, lebih baik kunjungi ekomendasi Hipwee dulu, key!

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE