Keunikan dan Pesona Pantai Nunuhu di Pulau Morotai yang Masih Relatif Sepi Turis

Pantai Nunuhu Pulau Morotai

Jika ingin menjauh dari kebisingan kota, berlibur ke pulau adalah pilihan yang menarik. Apalagi Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil yang cocok dijadikan tempat berlibur. Salah satunya Pulau Morotai di Maluku Utara.

Advertisement

Sebagaimana daya tarik pulau wisata pada umumnya, Pulau Morotai memiliki sebuah pantai bernama Nunuhu sebagai pesona utama. Pantai ini terbilang masih relatif sepi turis meski memiliki keunikan yang menarik.

Keunikan yang dapat ditemukan sejak dari Desa Bido tempat Pantai Nunuhu berada

View this post on Instagram

A post shared by @ilaibrrahim

Sebelum menengok keunikan Pantai Nunuhu yang berada di Desa Bido, Kecamatan Morotai Utara, kamu akan lebih dulu disambut keunikan Desa Bido itu sendiri. Desa ini dikenal sebagi rumah bagi kelapa bido, varietas kelapa asli Pulau Morotai berpohon kerdil berbuah lebat. Hingga saat ini kelapa bido masih terkonsentrasi di desa tersebut.

Advertisement

Desa Bido dan Pantai Nunuhu berjarak sekira 1,5 jam perjalanan darat dari Kota Daruba, ibukota Kabupaten Pulau Morotai. Destinasi ini sangat mudah diakses. Perjalananmu hampir dipastikan bebas hambatan. Di pulau ini nggak ada kemacetan. Yang perlu diwaspadai saat berkendara hanyalah hewan ternak peliharan warga.

Pantai Nunuhu sendiri berjarak sekitar 50 kilometer dari jalan raya. Kamu harus melintasi perkebunan kelapa milik warga sebelum disambut bentangan pasir putih yang halus di sepanjang tepi pantai.

Pantai yang relatif tenang meski berhadapan dengan Samudera Pasifik

Advertisement

Keunikan Pantai Nunuhu dimulai dari sini. Di sisi kanan pantai sepanjang kurang lebih 300 meter ini kamu akan menjumpai hamparan pasir membentuk semenanjung. Tepat di depan semenanjung tersebut, terdapat sebuah pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Jarak antara pulau karang dan garis pantai yang hanya selemparan batu ini membuat perairan yang terapit tampak seperti aliran sungai dangkal.

Keberadaan pulau karang tersebut membuat perairan Pantai Nunuhu relatif lebih tenang, meski sejatinya pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Kamu bisa berenang atau bermain air tanpa harus khawatir.

Keunikan lain Pantai Nunuhu bisa kamu temukan ketika air surut. Seperti dilansir dari My Trip, pada bagian terujung sisi kanan pantai yang terlihat mata, terdapat jalan menuju bagian lain pantai yang berpagar tebing karang. Terdapat satu bagian dinding karang yang membentuk gua kecil terbuka akibat abrasi. Cantik dijadikan bingkai berfoto. Pastikan kamu datang ketika air surut jika ingin mengeksplor bagian ini.

Pantai Nunuhu masih belum memiliki fasilitas pendukung

View this post on Instagram

A post shared by Yomen (@yomenpic)

Seperti telah disinggung di awal, Pantai Nunuhu masih relatif sepi turis sehingga belum ada yang membuka warung, kafe atau rumah makan. Hanya ada kelapa muda yang bisa kamu beli dari perkebunan milik warga di sepanjang jalan menuju pantai. Untuk itu, pastikan kamu membawa cukup bekal jika berminat mampir. Pastikan pula kamu tidak meninggalkan sampah ketika bermain di pantai tersebut.

Perlu dicatat jika berminat mengunjungi Pantai Nunuhu ketika kondisi sudah memungkinkan lagi, destinasi ini belum memiliki fasilitas seperti toilet, kamar bilas dan fasilitas pendukung lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE