Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia dan mancanegara. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi musim sakura, kali ini Hipwee Travel bakal mengulas tentang Jepang. Nah di artikel kedua ini, Hipwee mau kasih rekomendasi liburan di Tokyo dalam 1 hari. Cocok buat kamu yang suka gratisan dan pengen ngirit kalau liburan ke Jepang. Yuk simak!

Artikel 1: Panduan Liburan ke Jepang Buat Pemula. Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Berangkat ke Negeri Sakura! 
Artikel 2: 7 Destinasi Gratisan di Tokyo yang Harus Kamu Datangi. Keliling Semua Tempat Cuma Seharian Aja Lho!
Artikel 3: Begini Rasanya Naik Kereta Gantung di Gunung Fuji, Jepang. Agak Serem Tapi Seru Abis!
Artikel 4: 10 Hal Unik dan Budaya Positif di Jepang yang Bikin Jatuh Cinta. Jadi Pengen Balik ke Sana Lagi!
Artikel 5: Panduan Budget Liburan ke Tokyo Anti Mahal. Cocok Buat Sobat Misqueen yang Mimpi ke Jepang!

Liburan ke Jepang nggak lengkap kalau nggak keliling kota Tokyo. Ibukota negara Jepang ini sangat sibuk, padat, modern, namun masih kental nuansa budaya khas Jepang. Meski terbilang cukup mahal, tapi Tokyo memang jadi destinasi wajib kunjung kalau ke Jepang. Pokoknya lengkap deh, semua ada di sana!

Advertisement

Nah, buat ngakalin biar dana nggak membengkak saat liburan ke Jepang, sebisa mungkin kamu tour keliling Tokyo dalam satu hari saja. Sisa waktunya bisa kamu gunakan di kota lain yang relatif murah, bisa ke Fuji, atau Kyoto dan Osaka.

Lalu gimana caranya keliling Tokyo seharian dengan budget pas-pasan? Nih Hipwee Travel kasih tau bocorannya.

Pertama, kamu mesti beli tiket kereta terlebih dulu. Kalau kamu sudah punya JR Pass, tinggal nambah beli paket tiket subway untuk sehari

shinkansen via www.japan-guide.com

Tiket kereta di Jepang itu mahal banget. Untuk itu sebaiknya penting buatmu untuk punya tiket terusan seperti Japan Railway Pass (JR Pass). Semua kereta jaringan JR dan Shinkansen sudah tercover selama periode tertentu. Ada berbagai macam jenisnya dan bisa disesuaikan lokasi, misal seluruh Jepang, sekitar Tokyo, sekitar Kansai dan sebagainya.

Advertisement

Buat kamu yang mau keliling Tokyo dan Fuji, Tokyo Wide Pass sudah cukup. Kurang lebih harganya 1,2 juta yang bisa digunakan selama 3 hari. Tiket subway tidak tercover JR Pass. Kamu tinggal tambahin dengan tiket subway harian yang harganya 100 ribu sepuasnya. Sebagai informasi, tiket termurah subway di Tokyo itu 170 yen, atau 20 ribuan rupiah. Nah kalau bolak balik naik subway bisa jebol juga ‘kan?

Oke, udah cukup ‘kan kerasa mahalnya? Hehehe. Oleh karena itu kita cari aja wisata gratisan tanpa tiket masuk ya.

Pagi hari, kamu bisa memulai semuanya dari Stasiun Tokyo. Tujuan pertama ke Tokyo Tower lalu lanjut ke Asakusa

tokyo tower via fastjapan.com

Sebelum jam 9 sebaiknya kamu sudah berada di Stasiun Tokyo. Stasiun ini sangat besar, banyak sekali orang lalu lalang dan cukup ruwet. Kamu mesti siap dengan kondisi riuh seperti ini kalau liburan ke Jepang. Dari stasiun Tokyo kamu bisa naik JR Yamanote Line ke stasiun Hamamatsucho. Lalu jalan kaki kurang lebih 15 menit ke Tokyo Tower. Cukup foto-foto di bawahnya aja gratis kok. Nggak usah masuk ke sana karena bayar. Hehehe.

Setelah itu kamu bisa langsung menuju ke Asakusa untuk mengunjungi kuil Sensoji yang sangat legendaris. Jangan lupa berfoto di gerbang raksasa ‘Kaminarimon’ yang mengarah ke Nakamise-dori. Nakamise-dori adalah jalanan dengan toko-toko yang menjual banyak pernak-pernik Jepang. Nggak usah lama-lama, saatnya makan siang. Ada Ramen Naritaya di Asakusa. Kamu bisa makan siang di sana dulu ya.

Setelah makan siang, ada baiknya kamu ke Akihabara terlebih dahulu. WOTA mana suaranya?

akihabara via travel.gaijinpot.com

Dari Ueno kamu bisa langsung ke Akihabara, pusat budaya Otaku Jepang. Cuma 3 menit doang perjalanan naik kereta JR Yamanote Line. Di Akihabara kamu bisa menyalurkan hasratmu akan anime maupun pernak pernik tentang Jepang. Pecinta AKB48 juga bisa nonton teaternya yang juga berada di sana. Tak lupa ada cafe AKB48 yang bisa jadi tempat nongkrong sore kamu.

Pulang dari Akihabara, mampir ke Shibuya, persimpangan jalan paling sibuk di dunia. Kamu bisa ikut menyeberang jalan ketika lampu merah. Semua orang berbondong-bondong menyeberang jalan di waktu bersamaan. Seru sih nyebrang jalan doang. Hehehe. Jangan lupa ada patung hachiko tak jauh dari lampu merah.

Malam harinya kamu bisa langsung menuju ke Harajuku dan Omote Sando yang instagramable itu

omote sando via www.hipwee.com

Tak lengkap apabila kamu nggak kepo tentang fashion di Jepang. Nah, Harajuku tuh tempat fashion lucu-lucu dan juga cosplay. Kalau kamu sudah puas belanja di sana, langsung deh jalan kaki ke Omote Sando. Ada pusat perbelanjaan dengan spot instagramable berupa cermin-cermin yang kece banget. Tinggal curi-curi kesempatan aja foto di sana. Hehehe. Kalau udah jam 9, tempat ini tutup lho. Jadi sebisa mungkin kamu udah di sana sebelum jam 9 ya. Setelah puas foto-foto di sana, segera kembali ke hotel atau apartemen yang kamu sewa. Usahakan lokasinya dekat stasiun biar nggak susah ke mana-mana.

Kalau ada waktu tambahan atau nggak suka dengan pilihan wisata di atas, ada alternatif lain. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Tokyo Camii, tak jauh dari stasiun Yoyogi-Uehara. Tempat nikahnya Syahrini sama Reino Barack tuh. Hehehe.

Itu dia tadi cara keliling Tokyo dalam sehari. Hampir semua wisata yang disebutkan tadi gratis, jadi cocok buat kamu backpacker dengan kantong pas-pasan. Yuk liburan ke Tokyo!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya