Beragamnya Kebiasaan dan Peralatan Makan di Dunia, Inilah Alasan di Balik Perbedaannya

Peralatan makan di dunia

Pernah nggak sih kamu penasaran, mengapa orang Jepang, Cina, dan Korea Selatan punya kebiasaan makan pakai sumpit? Kalau diperhatikan, orang India juga lebih suka pakai tangan ketimbang sendok atau garpu saat makan. Sementara itu, orang Barat seperti Eropa dan Amerika Serikat lebih familier dengan sendok, garpu, dan pisau.

Kebiasaan dan perbedaan alat makan tersebut tak bisa dilepaskan dari sejarah peradaban manusia. Penemuan-penemuan alat yang zaman dulu mungkin tampak sepele, nyatanya sangat berpengaruh besar untuk manusia di masa depan. Jadi, makan bukan sekadar tentang kuliner dan cita rasa, melainkan juga soal peralatan yang dipakai untuk menyuapkan makanan ke mulut kita. Ada pengaruh sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya.

Tahukah kamu, kalau kebiasaan orang di negara tertentu memakai alat makan bukan terbentuk begitu saja. Seolah kebiasaan-kebiasan itu lahir sejak awal lahirnya manusia. Di balik kebiasaan makan tersimpan cerita dan sejarah panjang. Alat makan menjadi salah satu medium manusia untuk terhubung dengan sesamanya. Kenapa bisa begitu, ya? Inilah jawabannya!

Macam-macam peralatan makanan di dunia. Kamu lebih sering pakai yang mana?

Bagi orang Indonesia, sendok dan garpu adalah alat makan yang paling umum. Meskipun sebagian orang sudah mulai familier dengan sumpit, tapi penggunaannya masih sangat terbatas, hanya dipakai untuk makan mi ayam atau mi pangsit. Sedangkan orang Asia Timur, Malaysia, Vietnam, atau Kamboja lebih sering memakai sumpit. Bahkan sumpit orang Cina memiliki ciri unik yang membedakannya dengan sumpit Korea Selatan atau Jepang. Ketiganya mempunyai sumpit dengan kekhasan masing-masing.

Nah, pisau juga kerap jadi ‘teman’ garpu dan sendok di meja makan. Pisau dipakai untuk memotong daging dalam menu hidangan tertentu. Umumnya, pisau dipakai oleh orang Eropa atau Amerika Serikat. Namun, mereka tak jarang memakai tangan secara langsung saat makan masakan cepat saji seperti hotdog atau humberger.

Beragam cara orang di dunia menggunakan alat makan. Kira-kira di mana letak perbedaannya?

Alat makan sumpit familier di kalangan orang Asia Timur | Photo by brunoming on Pixabay

Orang Thailand dan Filipina punya kebiasaan makan yang tak jauh beda. Mereka menggunakan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Garpu berfungsi untuk memindahkan makanan ke sendok. Sedangkan sumpit hanya dipakai sesekali, misalnya saat makan masakan mi. Tapi orang Filipina sedikit unik.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini