Apa yang kamu ketahui tentang kota Surabaya? Pasti yang ada di benakmu terdapat Mall Tunjungan Plaza, jelas kalau itu karena di sini Tunjungan Plaza tidak hanya berjumlah 1, jumlahnya bahkan hingga 6. Belum lagi mall-mall lain yang tak kalah terkenal membuat Surabaya memiliki kesan sebagai surga belanja kedua setelah Jakarta. Bagi pecinta belanja sih bakalan bahagia ya. Tapi kamu juga bisa berwisata kok di Kota Pahlawan ini.

Buat kamu yang liburan ke Surabaya, mungkin bertanya naik kendaraan apa untuk keliling ke tempat wisata. Tenang aja, Surabaya memiliki bus wisata yang dapat digunakan oleh turis untuk berkeliling kota. Bus Wisata ini bernama Surabaya Heritage Track (SHT) dan bisa kamu gunakan  untuk berkeliling tempat wisata di kota pahlawan. Nah seperti apa busnya, Hipwee Travel akan bahas di artikel ini.

Kamu harus menaiki bus Surabaya Heritage Track di House of Sampoerna, salah satu tempat bersejarah di Surabaya

bus Surabaya Heritage Track untuk berkeliling via www.hipwee.com

Advertisement

Jika ingin berkeliling Surabaya dengan cara yang asik, kamu bisa naik bus Surabaya Heritage Track (SHT). Untuk naik bus SHT, kamu harus menaikinya dari House of Sampoerna. Disitu sudah terparkir mobil merah dengan design gambar yang eye catching banget, siap menunggumu. Rute yang akan ditempuh pun kawasan heritage dan wisata di kota Pahlawan.

Sepanjang perjalanan akan dijelaskan dengan detail setiap tempat yang dilewati oleh guide yang ramah. Busnya juga ber-AC dan nyaman!

busnya nyaman via www.hipwee.com

Selama perjalanan, kamu akan dipandu oleh tour guide yang disediakan oleh House of Sampoerna. Nggak perlu khawatir kamu akan kepanasan selama perjalanan karena bus SHT ini ber-AC lho. Tour guidenya nggak genit kok jadi kamu akan merasa nyaman dan aman selama perjalanan berlangsung.

Di hari kerja, tur pendek bus SHT beroperasi sebanyak 3x dalam satu hari, dengan rute yang berbeda-beda, keberangkatan paling awal yaitu pukul 10.00, 13.00 dan terakhir pukul 15.00

bus Surabaya Heritage Track via www.hipwee.com

Jika kamu merasa terlalu pagi untuk keberangkatan pertama, tenang masih ada 2 keberangkatan yang bisa kamu ambil untuk berkeliling di Surabaya. Keliling pas sore aja biar suasananya lebih teduh dan asik, daripada siang-siang kan?

Tur panjang yaitu 1,5 hingga 2 jam akan kamu temui di hari Jumat sampai Minggu, jadwalnya pun berbeda yaitu pukul 9.00, 13.00, dan 15.00 WIB.

bus Surabaya Heritage Track via www.hipwee.com

Advertisement

Jika pada tur pendek kamu akan dibawa keliling Surabaya selama 1 hingga 1,5 jam, lain halnya dengan tur panjang. Karena hanya ada di akhir minggu, pastikan kamu reservasi beberapa jam sebelumnya agar bisa masuk kuota keberangkatan ya, karena peminatnya tinggi sekali di hari-hari ini.

Bermuatan 20 orang, kamu bisa reservasi minimal satu jam sebelum keberangkatan biar kedapetan kursi. Pssst kamu bisa berfoto dengan busnya lho~

kamu bisa menunggu keberangkatan dengan berfoto dengan bus SHT via www.hipwee.com

Lebih baik kamu tidak datang beberapa menit sebelum keberangkatan, karena belum tentu kamu akan mendapatkan kursi untuk menjajal SHT. Namamu akan ditempatkan di “waiting list” apabila ada orang yang sudah memesan tapi akhirnya tidak datang, riskan ‘kan belum tentu kedapatan kursi.

Tak perlu takut biaya yang dikeluarkan akan menghabiskan anggaran liburanmu, biaya untuk naik bus ini gratis-tis, bahkan dipinjamkan Id card agar mudah dikenali oleh tour guide

id card yang dipinjamkan selama perjalanan via www.hipwee.com

Penjelasan diatas sudah cukup membuatmu tertarik untuk mencoba bus SHT ini, tetapi kemudian kamu takut dengan tingginya biaya yang akan kamu keluarkan. Jangan takut mahal, karena bus ini tidak berbayar alias gratis-tis. Kamu bisa menghemat biaya liburanmu untuk alokasi dana lainnya.

Dalam satu tur perjalanan pendek yaitu satu jam, kamu diantar ke lebih dari satu tempat bersejarah di Surabaya, menghemat waktu karena dalam sehari kamu bisa mengunjungi lebih dari 5 tempat!

Klenteng Hok Ang Kiong, salah satu destinasi wisata yang ada dalam perjalanan Surabaya Heritage Track via www.hipwee.com

Kalau kamu merupakan seorang backpacker, pas banget buat mencoba bus Surabaya Heritage Track karena selain gratis kamu pun bisa mendatangi lebih dari 2 objek bersejarah di Surabaya hanya dengan ikut perjalanan ini. Jaman Sekarang susah banget kan dapetin hal yang gratis dan bermanfaat kaya gini?

Rute tur yang kamu ambil pun berbeda-beda sesuai dengan hari keberangkatan

peta rute Surabaya Heritage Track yang diberikan oleh guide via www.hipwee.com

Dalam tur pendek, bus akan melewati rute House of Sampoerna kemudian akan berhenti di beberapa tempat tergantung sesuai jadwal jam keberangkatan bus, yaitu Tugu Pahlawan, Kantor PTPN XI, Bank Escompto, Klenteng Hok Ang Kiong, Kantor Pos Kebonrojo, Gereja Kepanjen, kantor bekas Bank Indonesia, sebelum akhirnya kembali ke House of Sampoerna

Sedangkan dalam tur panjang, rute pertama adalah House of Sampoerna, kemudian akan berhenti di beberapa tempat tergantung sesuai jadwal jam keberangkatan bus, yaitu Balai Kota Surabaya, kantor bekas Bank Indonesia, Tugu Pahlawan, Kantor PTPN XI, Kampung Kraton, Gedung Seni Cak Durasim, kemudian akan kembali ke House of Sampoerna.

Menurutku setelah kemarin mencoba naik SHT, pelayanannya bagus banget karena selama perjalanan pengunjung mendapatkan informasi yang jelas dari guide lokal yang bisa jelasin pakai bahasa inggris juga, bilingual gitu lah. Waktu di tempat tujuan pun, guidenya juga mengayomi banget kayak pacar waktu masa-masa awal jadian dan sabar juga waktu aku minta tolong fotoin aku berkali-kali hehehe lumayan fotografer gratis~

Gimana? Setelah penjabaran diatas kamu berminat buat naik bus Surabaya Heritage Track ini? Kapan lagi ya ‘kan jalan-jalan ke tempat bersejarah di Surabaya, gratis dan nyaman pula. Lengkap banget deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya