Protes Jalan Rusak dan Berlubang, Anak-anak Muda Berpose di Dalam Lumpur. Kritikan yang Efektif Nih!

Milennial Mandi di Lumpur Kritik Pemerintah

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, media sosial jadi salah satu corong aspirasi yang cukup efektif. Ada masalah apapun kalau diviralkan pasti akan segera ditanggapi oleh pihak berwenang. Coba deh, berapa banyak kejadian viral yang ujung-ujung bisa menekan pengambil kebijakan? Banyak banget. Memang sih, kalau ada kritik terhadap pemerintah mending viralkan aja di media sosial. Kalau sudah viral pasti ditanggepin kok, makin efektif ‘kan?

Advertisement

Salah satu kritikan yang kreatif dilakukan oleh Robby Ari Sanjaya. Ia melakukan kritik mengenai jalan rusak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sulawesi Selatan, dengan cara yang unik. Ia mengumpulkan model untuk berfoto di kubangan lumpur bekas hujan semalam sebelumnya. Robby berharap apa yang dia lakukan akan sampai pada pemangku kebijakan di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Robby seorang fotografer yang ingin menyampaikan kritikan mengenai betapa rusaknya jalan-jalan di Ogan Komering Hilir. Ia pun kemudian menyusun rencana untuk melakukan pemotretan dengan model yang berada di kubangan lumpur bekas hujan

model nyemplung di lumpur via twitter.com

Keresahan Robby tampak pada caption fotonya di Instagram @as_robby. “Jalan poros sepanjang Batumarta kabupaten OKU entah sampai kapan akan menjadi jalan yang layak untuk dilalui. Dari simpang Batumarta, Batumarta 1,2 3 sampe 16 kondisi jalan benar2 membuat frustasi para pengendara.”

malah pacaran via regional.kompas.com

Advertisement

Ia pun segera mencari model yang bersedia foto di sekitar kubangan lumpur atau malah berada di dalam kubangan. Robby pun segera mendapatkan ‘talent’ yang ia butuhkan

protes jalan rusak via twitter.com

Pemotretan pun dilakukan bergiliran. Mulai dari momen pemuda memancing di kubangan, duduk seperti di tepi pantai, sampai model yang mandi di kubangan lumpur sisa air hujan. Aksi mereka pun viral di media sosial

bisa buat mancing juga via twitter.com

Tak disangka, karya foto Robby dan model-model yang ‘harus tahan malu’ ini viral di media sosial. Foto-fotonya yang eksotis dan ‘jujur’ bikin banyak orang mengapresiasi karya bernuansa protes kepada pemerintah tersebut

eh malah jatuh di kubangan via regional.kompas.com

Advertisement

Robby mengaku jika foto tersebut dibuatnya sebagai bentuk luapan emosi karena jalan di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, tak kunjung diperbaiki. Untuk itu, ia sampai berpikir untuk memotretnya dengan cara yang unik dan millenial banget

ngopi dan baca koran via www.instagram.com

Upaya Robby dkk membuahkan hasil. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu dan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pun akan mengucurkan dana milyaran untuk memperbaiki jalan tersebut. Viral memang selalu bisa jadi solusi sih

eksotis banget ya via regional.kompas.com

Kalau ada jalan di sekitarmu yang rusak, mungkin cara kreatif Robby bisa kamu tiru. Tertarik mencoba?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE