Bulan suci Ramadan sebentar lagi, tapi hasrat untuk jalan masih tak terbendung? Please, jangan jadikan puasa sebagai alasan buat kamu tak bisa pergi ke mana pun. Kalau memang traveling sudah menjadi passion-mu, bukan berarti kamu harus berdiam diri sambil menunggu beduk maghrib. Apakah jiwamu merasa terkucilkan dengan alibi lemas dan bau napas yang tak sedap? Tenang! Kali ini Hipwee Travel akan memberikanmu trik dan tips agar kamu tetap asyik buat traveling meski sedang puasa. Nah, inilah tips and trick traveling saat bulan puasa. Cekidot!

Sebelum berangkat, persiapkan dirimu jauh-jauh hari. Mengetahui informasi seputar destinasimu itu penting

Cari informasi seputar destinasi.

Cari informasi seputar destinasi. via www.essentialtravel.co.uk

Buatlah daftar agenda sebelum kamu berangkat liburan. Jauh sebelum itu, kamu harus tahu semua hal tentang destinasi yang akan kamu tuju. Tujuannya adalah agar kamu tidak kuwalahan dan repot sendiri ketika sudah sampai di tempat tujuanmu. Apalagi pas badan lemes karena puasa.

Anggaplah sahur sebagai sarapan sebelum jalan. Jangan terlalu kenyang, jangan pula terlalu sedikit

Sahur.... :|

Sahur…. 😐 via www.cbsnews.com

Advertisement

Karena puasa, isilah energimu dengan menyantap hidangan sahur. Jangan biarkan dirimu melemas dalam perjalanan. Eits tapi jangan kebanyakan ya, ntar bikin ngantuk kalau kekenyangan. Kalau kamu gampang capek, cobalah untuk mengonsumsi yang manis-manis, seperti madu. Yang penting asupan gizimu tercukupi, ya! Masa iya, lagi jalan-jalan terus lemas? :p

Usahakanlah untuk traveling ke tempat yang masih bisa kamu jangkau. Sesuaikan dengan kemampuan fisikmu

Senyummu, Dik! Eh.

Senyummu, Dik! Eh. via fashionhijabmodern.blogspot.com

Sebisa mungkin, biar kamu tak terlalu capek, cobalah untuk traveling ke tempat yang masih bisa terjangkau. Dalam artian, kamu tak membutuhkan banyak energi, seperti mendaki gunung. Disarankan, kalau kamu mau traveling yang bisa cepat menguras energi, cobalah untuk latihan yang rutin. Mendaki gunung memang bukan tak mungkin dilakukan ketika bulan puasa. Tapi jelas, mendaki gunung ketika puasa akan memakan banyak energi. Makanya, kamu butuh berlatih dalam ketahanan fisik. Saran Hipwee sih, mending liburan ke tempat yang adem macam museum, hutan ataupun pusat perbelanjaan. Hehehe.

Buatlah dirimu nyaman dengan barang bawaan. Packing barang dengan efektif dan efisien

Nyaman nggak? Kalau nggak nyaman, udahan aja. Eh. :p

Nyaman nggak? Kalau nggak nyaman, udahan aja. Eh. :p via www.instagram.com

Nah, salah satu hal yang biasanya terlupakan, tanpa kamu sadari, dan itu merepotkan adalah packing. Packing yang asal-asalan akan membuatmu repot dan menguras energimu. Usahakanlah untuk packing barang yang sewajarnya saja, dan tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan dalam perjalananmu. Jangan nyusahin diri sendirilah.

Kalau masih kuwalahan bawa barang dan diri, coba deh ajak pasanganmu. Solusi cerdas~

Ajak pasanganmu aja~

Ajak pasanganmu aja~ via hellohijabers.wordpress.com

Advertisement

Kekasih mana sih yang tega membiarkan pasangannya kesusahan? Ya, kalau kamu repot membawa barang-barangmu, coba deh ajak pasanganmu. Pasti kan dia baik banget. Tapi ingat, bukan berarti dia hanya kamu suruh bawa-bawa barang, ya. Dia kan puasa juga, pasti energinya tak sebesar biasanya. 😀

Gunakanlah waktu istirahatmu untuk beribadah. Istirahat sembari baca alquran atau tidur justru akan menambah pahala loh

Kecuali ada larangan untuk tidur lho, ya!

Kecuali ada larangan untuk tidur lho, ya! via muslimvillage.com

Biar puasamu makin berkah, cobalah untuk istirahat ketika adzan. Mampir ke masjid untuk salat, dilanjutkan dengan membaca alquran atau tidur, justru akan menambah jumlah pahalamu. Tidur sebentar di masjid juga tak masalah, bukan? Ya, selama tidurmu nggak di depan orang yang lagi salat sih. -___-

Trik yang paling asoy adalah ikuti acara buka bersama. Setidaknya takjil di masjid akan menggairahkan semangatmu

Buka bareng~

Buka bareng~ via en.people.cn

Ya, ikutlah buka bersama dengan warga sekitar. Toh, di masjid biasanya ada acara buka bersama. Takjil gratis dari masjid tentu akan membangkitkan semangat dan energimu. Belum lagi kamu bisa sekalian ibadah dan juga semoga dapat teman baru, terlebih bisa dapat jodoh. Kalau beruntung.

Selesai Salat Tarawih dan energi telah terkumpul cukup banyak, saatnya kamu berwisata malam. Ya, kalau berani aja sih~

Jepret sana, jepret sini juga asyik di malam hari.

Jepret sana, jepret sini juga asyik di malam hari. via liburmulu.com

Setelah adzan maghrib berkumandang dan perut langsung diisi dengan santapan yang manis sebagai penambah energi, istirahatlah sejenak, sembari menunggu salat tarawih. Baru deh, setelah selesai salat tarawih, lanjutkan perjalananmu. Wisata malam bisa menjadi pilihanmu loh. Wisata kuliner dan wisata horor, misalnya. Kalau kamu memang berani, kenapa tidak?

Setelah menyimak tips and trick traveling saat bulan Ramadan, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tak pergi ke mana-mana, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya