Menilik Pesona Gili Iyang yang Punya Kadar Oksigen Tertinggi. Cocok untuk Tempat Tinggal Masa Tua~

Pulau Gili Iyang

Pulau Madura adalah salah satu pulau di ujung Jawa yang memiliki ratusan pulau yang cantik. Banyak sekali tempat wisata di Madura yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Kangean dan Bukit Jeddih di Bangkalan yang sangat terkenal. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau ada salah satu pulau di Kabupaten Sumenep, Madura yang memiliki kadar oksigen tertinggi se-Indonesia? Kira-kira seperti apa ya potret keindahannya? Daripada penasaran, yuk langsung simak bareng Hipwee Traveling di ulasan berikut, ya!

Kira-kira di mana sih letak Pulau Gili Iyang yang punya sejuta pesona ini?

Letak Pulau Gili Iyang | Photo by Bennylin via Wikimedia Commons

Advertisement

Kalau kamu mengira pulau ini ada di daerah Lombok karena memiliki nama dengan awalan Gili, kamu salah besar SoHip. Pulau kecil yang memiliki sejuta pesona ini terletak di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju ke Pulau Gili Iyang, kamu membutuhkan waktu sekitar 45 sampai 60 menit dari Pelabuhan Dungkek. Pulau ini memiliki luas sekitar 921,2 hektar lo guys!

Pulau Gili Iyang dinobatkan sebagai pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi di Indonesia lo!

Berdasarkan hasil penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit menunjukkan bahwa Pulau Gili Iyang memiliki kadar oksigen sebesar 21,5 persen lebih tinggi daripada kadar oksigen rata-rata di Indonesia yaitu sekitar 20,9 persen. Tingginya kadar oksigen di pulau ini membuat para penduduknya rata-rata memiliki umur yang panjang karena udaranya yang bersih dan minim polusi.

Advertisement

Selain kadar oksigennya yang tinggi, Gili Iyang juga memiliki kandungan karbondioksida yang cukup rendah yaitu hanya sekitar 265 ppm. Di pulau ini juga jarang sekali ada kendaraan motor yang lalu lintas, karena mayoritas penduduk lebih sering beraktivitas dengan berjalan kaki sehingga tingkat kebisingan di pulau ini juga cukup rendah yaitu sekitar 26,5 desibel. Ini sih benar-benar definisi tempat yang nyaman untuk tinggal semasa tua, ya?

Ada beberapa destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Gili Iyang

Advertisement

Selain menjadi tempat yang potensial untuk menghabiskan masa pensiun, pulau ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Madura. Kalau kamu mengunjungi pulau ini, kamu bisa berjalan kaki sambil menikmati segarnya udara di Pulau Gili Iyang. Oh ya, mayoritas penduduk pulau ini kurang fasih berbahasa Indonesia dan lebih sering menggunakan bahasa Madura. Jadi, kalau kamu ingin berwisata ke pulau ini, kamu bisa meminta bantuan pemandu supaya komunikasinya lebih mudah.

Di pulau ini kamu bisa mengunjungi titik oksigen yang ada di Desa Bancamara dengan berjalan kaki atau kamu juga bisa mencoba kendaraan roda 3 atau odong-odong yang menjadi moda transportasi di Gili Iyang. Bagi kamu pecinta wisata gua, kamu bakal puas mengelilingi pulau ini karena terdapat sekitar 10 gua yang keren, salah duanya yaitu Gua Mahakarya dan Gua Syariah.

Gua Mahakarya memiliki luas sekitar 800 meter persegi dengan 7 buah ruang stalaktit dan stalagmit yang sangat indah. Sedangkan Gua Syariah menjadi salah satu gua yang digemari penduduk lokal sebagai tempat menunggu azan magrib saat bulan ramadan. Selain wisata gua, kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut Gili Iyang dan juga mengunjungi Pulau Gili Labak yang letaknya bersebelahan dengan Gili Iyang.

Nah itu dia SoHip keindahan Pulau Gili Iyang yang menjadi salah satu pulau dengan kadar oksigen tertinggi di Indonesia. Benar-benar tempat tinggal impian untuk masa tua, ya~

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE