Zaman Instagram seperti sekarang, traveler mendapat banyak kemudahan untuk mencari uang. Salah satunya dengan menawarkan jasa endorse foto Instagram. Selebgram dengan follower ratus ribuan atau sampai jutaan mempunyai harga endorse yang sangat mahal. Selebgram @doyoutravel malah harga post per fotonya menyentuh angka $ 9.000 atau lebih dari 100 juta rupiah. Wow!

Tak ayal kalau pasangan selebgram @doyoutravel (Jack Morris) dan @gypsea_lust (Lauren Bullen) jadi salah satu selebgram traveling dengan pendapatan paling wah. Lha kalau mereka dapat endorse 10 foto per bulan saja sudah dapat uang sekitar 1 Milyar rupiah. Pantas saja pasangan ini sekarang tinggal di Bali dan berkeliling dunia tiap bulannya.

Advertisement

Nah, mungkin kamu sudah mulai merasa iri dengan pasangan selebgram ini. Tapi pernah nggak mikirin gimana cara mereka mendapatkan pundi-pundi uang sebanyak itu cuma dari Instagram. Ternyata kuncinya sangat simpel namun tidak sesederhana kelihatannya, yakni kemampuan edit foto!

Selebgram @doyoutravel yang bernama asli Jack Morris mau kasih bocoran gimana caranya mereka mengedit foto mereka. Dan simaklah hasilnya (Swipe foto untuk tahu ‘before‘ editnya)

Pasangan ini keliling tempat-tempat menarik di dunia mulai dari Bali, Maroko, Maldives, Bora-Bora dan destinasi wisata populer di dunia. Mereka selalu mengunggah foto-foto mereka dengan nuansa warna yang sama di feed mereka. Dan uniknya mereka cuma menggunakan Adobe Lightroom untuk mengedit fotonya lho. Tentu, 4,5 juta follower gabungan mereka berdua selalu menunggu foto terbaru yang keren dari pasangan ini.

Rahasia mereka sebenarnya sederhana, menggunakan pilihan customize image setting yang sudah disimpan sebelumnya di Adobe Lightroom. Nah mereka tinggal memakainya lagi sehingga feed-nya terasa nyaman dilihat

The blue town of Chefchaouen 💙 Edited with our Morocco4 preset from our Morocco collection! (Swipe for before edit) 🙌🏽

A post shared by @doyoutravel ✘ @gypsea_lust (@doyoutravelpresets) on

Advertisement

Morris mengaku tidak menggunakan filter di aplikasi telepon yang selama ini orang-orang gunakan. Ia memilih Adobe Lightroom dan mengedit fotonya langsung di laptopnya. Awalnya dia memilih foto dengan preset terbaik yang ia miliki, kemudian hanya meningkatkan eksposurnya saja. Sementara jika fotonya agak gelap, ia hanya meningkatkan kecerahannya fotonya tersebut. Tampak sederhana ya, tapi nggak semudah kelihatannya.

Lauren Bullen (@gypsea_lust) menambahkan bahwa mereka juga memberi corak warna agar foto mereka terlihat nge-pop. Bullen sendiri suka menambahkan nuansa kuning di fotonya

Edited with our Morocco 5 Preset! Available now – link in bio ⚡️ (Swipe for before edit) #doyoutravelXgypsealust

A post shared by @doyoutravel ✘ @gypsea_lust (@doyoutravelpresets) on

Bullen mengakui kalau ia suka meningkatkan suhu dan menambahkan nuansa warna kuning di fotonya. Dia suka kuningnya muncul sedikit agar senada dengan pasir, rambutnya yang pirang, dan juga telapak tangannya. Makanya ia sering pakai bikini warna kuning juga. Hehehe. Dari sini kita ketahui bahwa menciptakan satu foto yang bagus juga tidak mudah ya.

Sementara itu, Jack Morris suka meningkatkan saturasi sampai 100 % agar terlihat warna yang dominan (swipe foto untuk melihat before-after editingnya)

Tahiti sunsets ❩ Edited using presets from our Tahiti collection – link in bio! (Swipe for before edit) #doyoutravelXgypsealust

A post shared by @doyoutravel ✘ @gypsea_lust (@doyoutravelpresets) on

Morris meningkatkan saturasi di fotonya agar tampak warna yang dominan. Misal satu fotonya unsur warna oranye lebih sedikit, maka ia akan menambahkan unsur warna biru untuk menciptakan nuansa pop di fotonya. Bisa dilihat ‘kan dari foto ini? Terlihat jelas before-after-nya dengan penambahan warna biru ketika oranyenya terlalu sedikit. Dia juga suka mengambil gambar dengan rona warna oranye seperti sunset dan sunrise yang begitu mengagumkan.

Salah satu rahasia lainnya adalah melihat deretan foto di feed-nya terlebih dahulu. Nuansa foto yang akan diposting sebisa mungkin senada dengan foto-foto sebelumnya (swipe foto)

B A L I 🌴 Edited with the Bali5 preset from our Bali collection! (swipe for before edit) #doyoutravelXgypsealust

A post shared by @doyoutravel ✘ @gypsea_lust (@doyoutravelpresets) on

Sebelum kamu post foto di Instagram, lihat dulu grid foto kamu sebelumnya. Samakan tema foto baru dengan foto yang telah di-post sebelumnya. Jangan terlalu mencolok perbedaannya. Untuk contoh di atas, foto dengan air yang terlihat kusam dan tidak mengundang seperti foto di atas, lebih baik kamu masukkan unsur warna biru dan cerahkan sedikit. Gimana, tampak menggiurkan untuk ‘nyebur’ ke sana ‘kan?

Buat kamu yang pengen pelajari rahasia Jack Morris dan Lauren Bullen, kamu bisa cek Instagram mereka @doyoutravel dan @gypsea_lust. Atau bisa juga mengulik cara mereka mengatur edit foto di @doyoutravelpresets. Selamat belajar ya, semoga menjadi selebgram sesukses mereka!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya