Ramai Dikabarkan Hilang dari Traveloka dan Tiket.com, Begini Penjelasan Pihak AirAsia

AirAsia hilang dari Traveloka dan Tiket.com

Kamu yang banyak berpergian dengan pesawat pasti belakangan sering dibuat pusing dengan berbagai perkembangan terbaru dari dunia penerbangan negeri ini. Dari harga tiket pesawat yang meroket tinggi sampai bikin banyak bandara sepi penumpang, dihapuskannya bagasi gratis dari beberapa maskapai, dan bahkan berita aneh beberapa hari lalu ketika seekor kalajengking ditemukan di kabin maskapai ‘singa’.

Advertisement

Nah baru saja sejumlah calon penumpang kembali dibuat kebingungan dengan ‘menghilangnya’ AirAsia dari situs agen-agen perjalanan daring atau online travel agent (OTA) seperrti populer Traveloka dan Tiket.com. Padahal AirAsia termasuk pilihan populer lo. Kira-kira ada apa ya?

Banyak calon penumpang kebingungan ketika tidak menemukan AirAsia dalam pilihan maskapai di berbagai OTA populer. Padahal biasanya selalu ada…

Banyak yang mengeluhkan hal ini media sosial via twitter.com

‘Menghilang’-nya AirAsia dari Traveloka, Tiket.com, dan beberapa OTA populer lainnya, mulai banyak dikeluhkan dalam beberapa hari terakhir. Banyak calon penumpang yang kaget ketika melihat tidak ada pilihan penerbangan dari maskapai AirAisa di platform-platform online tersebut. Padahal sebelumnya, tiket AirAsia selalu tersedia dan memang bisa dengan mudah dibeli melalui Traveloka atau Tiket.com. Terlebih lagi ketika mengecek situs resmi AirAsia, penerbangannya sebenarnya ada. Orang-orang yang kebingungan akhir melempar pertanyaan mereka ke media sosial.

Awalnya sempat dikira kesalahan teknis, tapi pihak AirAsia sendiri justru mengungkapkan kecurigaan adanya persaingan yang tidak sehat. Mereka menyarankan untuk beli langsung aja di situs resmi AirAsia

AirAsia tidak lagi ditemui dalam pilihan penerbangan Traveloka atau Tiket.com via ekonomi.bisnis.com

Dalam situasi seperti ini, dugaan paling umum adalah terjadi masalah atau kesalahan teknis dan bakal normal kembali dalam beberapa hari. Tapi ternyata pihak AirAsia sendiri menampiknya. Direktur Niaga AirAsia Rifai Tabei, sebagaimana dilaporkan Antara, justru mencium indikasi adanya persaingan tidak sehat dari kompetitor sehingga maskapainya tidak tampil di OTA-OTA populer selama seminggu terakhir. AirAsia kini tidak dapat ditemui dalam pilihan penerbangan Traveloka, Tiket.com, atau AiryRoom, tapi masih bisa tersedia di NusaTrip. Rifai mengimbau kepada masyarakat untuk langsung membeli tiket di situs atau aplikasi resmi AirAsia.

Advertisement

Dilansir dari Kompas, Rifai menambahkan bahwa sangat mungkin ada mitra maskapai yang memberi tekanan kepada OTA terutama maskapai dengan pangsa pasar paling besar. Harga tiket AirAsia rata-rata memang termasuk lebih murah dari kebanyakan tiket maskapai lain. Apakah karena itu akhirnya AirAsia ‘dijegal’?

‘Hilang’-nya AirAsia ini menambah daftar panjang dari banyaknya ‘kejadian luar biasa’ dalam dunia penerbangan Indonesia akhir-akhir ini. Haduh makin ribet aja ya kalau mau beli tiket pesawat

Protes bagasi berbayar dan mahalnya tiket pesawat di Kepri via batam.tribunnews.com

Pasti semua orang Indonesia merasakan betapa mahal dan ribetnya membeli tiket pesawat akhir-akhir ini. Dari banyaknya kebingungan soal harga tiket pesawat yang tidak turun-turun hingga aturan bagasi berbayar yang terus meresahkan calon penumpang. Bahkan sampai ada orang yang berkelahi di airport karena masalah bagasi berbayar ini. Angka penumpang pesawat menurun, pariwisata pun dilaporkan jadi lebih lesu sebagai dampaknya.

Dengan isu ‘menghilang’-nya AirAsia ini, kebingungan calon penumpang jelas akan bertambah panjang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE