6 Rekomendasi Kafe di Lereng Merapi Jogja, Nongkrong Asik Bonus Pemandangan Cantik

Rekomendasi cafe di lereng Merapi Jogja

Datang berwisata ke Yogyakarta tak hanya bisa menikmati sajian kulineran pusat kota saja. Tak hanya Malioboro dan Kraton saja yang wajib dikunjungi saat kamu sedang traveling, tetapi menikmati pemandangan indah dan mendapatkan suasana alam di lereng Gunung Merapi di Yogyakarta utara pun patut dicoba.

Advertisement

Ada beberapa cafe atau kafe yang lokasinya terpencil di area lereng Merapi yang bisa kamu coba. Nongkrong asik di cafe dengan bonus pemandangan megahnya Gunung Merapi bisa didapat di Yogya bagian utara. Suasana alam dan hawa dingin yang menemanimu di beberapa cafe ini dijamin bakal bikin kamu betah banget. Nah, ini dia 6 rekomendasi cafe di Yogyakarta bagian utara yang bisa kamu datangi dengan view gagahnya Gunung Merapi.

1. Kopi Merapi. Kafe ini punya pemandangan Gunung Merapi paling epic nih, karena hanya berjarak 7 km saja dari puncak

Warung kopi ini terletak di lereng Merapi yang tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jarak antara Kopi Merapi dan puncak Gunung Merapi adalah 7 kilometer saja. Terbayang kan sedekat dan sebesar apa kamu bisa memandang Gunung Merapi? Pilihlah tempat di outdoor sehingga kamu lebih bisa merasakan pemandangan alam yang disuguhkan warung Kopi Merapi ini. Berkungjung ke tempat juga nggak akan bikin kamu boros, karena harga makanan dan minuman yang ditawarkan hanya berkisar Rp4.000 hingga Rp10.000 saja. Mantap kan?

Advertisement

2. Kopi Kemuning. Sensasi nongkrong dengan suara gemercik sungai dan suasana alam yang menyejukkan

Suasana alam pinggir sungai di Kopi Kemuning juga tak kalah indahnya dengan Kopi Merapi. Kopi Kemuning ini terletak di Jl. Pakem – Turi, Pulowatu, Purwobinangun, Pakem, Sleman. Selain menyuguhkan sajian kopi yang berbagai macam rasa, di sini juga menyediakan makan siang dengan konsep prasmanan. Wah, seru ya kamu bisa main di pinggir sungai sembari melihat Gunung Merapi. Adapun kisaran harga makanan dan minuman di Kopi Kemuning ini mulai dari Rp5.000 – Rp35.000 saja.

3. Kopi Pakem, tak hanya bisa menyeruput kopi di sini kamu juga bisa foto-foto di spot Instagramable yang bernuansa jawa

Advertisement

Wisata kulineran lereng Merapi yang satu ini tak jauh berbeda dengan Kopi Kemuning. Letaknya juga tak begitu jauh dari Kopi Kemuning, tepatnya di Jl. Pakem – Turi, Mangunan, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Untuk mendukung nikmatnya sajian kopi hangat, Kopi Pakem pun juga menyediakan menu makanan khas Jawa yang nikmat. Menariknya, Kopi Pakem ini juga menyewakan lokasinya untuk venue wedding lo. Kopi Pakem ini juga jadi rekomendasi tempat makan yang cocok untuk keluarga, harga makanan dan minumannya pun tergolong murah antara Rp4.000 hingga Rp50.000 saja.

4. Osea Resto & Bar, nikmati nongkrong dengan suasana Bali dengan udara sejuk Lereng Merapi

Nah, kalau cafe yang satu ini adalah salah satu cafe modern di Lereng Merapi, letaknya pun berdekatan dengan Kopi Pakem. Perbedaannya adalah Osea Resto & Bar ini merupakan cafe dengan nuansa Bali, tetapi juga memberikan suasana Jogja, karena letaknya di lereng Merapi. Apabila kamu tertarik datang ke sini, langsung saja datang ke alamat ini Jl. Pakem – Turi, Klarangan, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Osea Resto & Bar ini merupakan tempat ngopi baru di Lereng Merapi. Cafe ini baru saja melakukan soft opening pada 25 Oktober 2021 lalu. Adapun menu makanan yang ditawarkan berupa sajian western dan lokal dengan kisaran harga mulai Rp18.000 hingga Rp115.000.

5. Kopi Klothok, tempat ngopi murah meriah di pinggir sawah plus nikmati pemandangan Merapi

Nah, nama warung kopi yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Yogyaakarta apalagi nikmatnya camilan pisang goreng dengan rasa khas yang bikin pendatangnya ketagihan. Selain itu, kamu bisa makan sepuasnya dengan menu masakan khas jawa dengan harga murah, lo. Kopi Klotok ini terletak di Jalan Kaliurang, km 16, Kledokan, Pakem, Sleman. Di sini kamu bisa makan dan minum santai di pinggir sawah yang asri dan menikmati pemandangan Merapi. Kamu bisa menikmati sajian masakan dan minuman tradisional di Kopi Klotok dengan kisaran harga antara Rp1.000 hingga Rp12.000. Wah, murah banget yah!

6. The Praja Coffe, selain bisa ngopi di lereng Merapi, kamu juga bisa sekaligus membeli buah tangan di lantai 1 cafe ini

Tak jauh dari Kopi Klotok, ada cafe dengan nuansa modern, tetapi juga menyajikan makanan lokal khas Jawa hingga sajian Western. Namanya, The Praja Coffee yang letaknya di Jl, Kaliurang, km 15.5, Kledokan, Umbulmartani. Bangunan cafe The Praja Coffee ini terdiri dari tiga lantai, dan letak cafenya pun ada di lantai 3. Sementara itu, di lantai 1 dan 2 adalah toko oleh-oleh dan juga pakaian khas Jogja, seperti batik, kaos, jarik, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, The Praja Coffee juga kerap menghiburmu dengan live acoustic.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cafe yang ada di Lereng Merapi, Jogja. Kamu nggak hanya bisa menikmati suasana Jogja di Malioboro aja, tetapi dengan nongkrong asik dan minum kopi lereng Gunung Merapi juga seru, lo!

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE