8 Rekomendasi Museum Date di Jakarta Paling Estetik

Bosan pergi nge-date bareng pasangan ke tempat itu-itu saja? Berkisar bolak-balik mall, kafe atau tempat makan kekinian. Mulai sekarang, Sobat Hipwee bisa banget nih coba nge-date anti-mainstream yaitu dengan melakukan museum date.

Museum date diartikan sebagai kencan berdua pasangan dengan mengunjungi museum untuk melihat sejumlah karya seni. Mungkin di antara SoHip ada yang bertanya-tanya, kenapa harus museum? Selama ini, museum memang identik dengan benda-benda kuno atau tempat penyimpanan benda-benda bersejarah. Justru seni dan sejarah merupakan dua hal yang jika digabungkan akan menambah nilai estetik tersendiri.

Belakangan ini, ada banyak sekali museum yang disulap menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menampilkan karya seni, SoHip juga bisa menemukan spot yang instagramable untuk berswafoto bersama pasangan. Beberapa museum juga acapkali mengadakan pameran interaktif yang mana memberikan pengalaman berbeda dari hanya sekadar mengunjungi museum biasanya.

Tertarik mengajak pasangan untuk mencoba tren museum date? Berikut 8 rekomendasi museum date kekinian di Kota Jakarta yang cocok banget SoHip datangi bersama pasangan.

ADVERTISEMENT

1. Galeri Nasional menawarkan pameran temporer dengan tema berbeda setiap bulan

Rekomendasi museum date di Jakarta

Galeri Nasional sebagai rekomendasi museum date bersama pasangan / Credit: Photo by @galerinasional on Instagram

Siapa bilang nge-date harus mahal? Ngedate tidak melulu harus mahal lho, SoHip. Coba deh ajak pasangan kamu ke Galeri Nasional. Setiap bulannya Galeri Nasional mengadakan pameran temporer seperti lukisan, sketsa, patung, keramik, fotografi dan banyak lagi. Uniknya, pameran seni di Galeri Nasional ini memiliki tema yang berubah-ubah.

Lokasi Galeri Nasional ini tidak jauh dari Kota Jakarta lho, SoHip. Terpenting, galeri ini mempunyai beberapa spot yang instagramable yang cocok banget untuk SoHip dan pasangan berswafoto. Perlu dicatat nih, untuk masuk ke Galeri Nasional, SoHip tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Iya betul, gratis!

  • Harga Tiket : Gratis
  • Alamat : Galeri Nasional Indonesia Jln. Merdeka Timur No.14, Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : 09.00 – 15.30 WIB / Selasa – Minggu
  • Jam Pameran : 10.00 – 19.00 WIB / Selasa – Minggu

ADVERTISEMENT

2. Museum Nasional mengajak kamu dan pasangan menambah wawasan melalui pertunjukan ImersifA

Rekomendasi museum date di Jakarta

Museum Nasional cocok dijadikan referensi museum date bersama pasangan / Credit: Photo by baka_neko_baka on Flickr

Selain Galeri Nasional, rekomendasi museum date selanjutnya jatuh pada Museum Nasional. Tempat nge-date satu ini menampilkan banyak benda-benda peninggalan sejarah Indonesia. Tak hanya itu saja, museum satu ini menawarkan pameran permanen dan juga pameran temporer.

Baru-baru ini Museum Nasional dilengkapi pula dengan ruang ImersifA yang pastinya akan memperkaya pengalaman Sobat Hipwee selama dan setelah mengunjungi museum satu ini. Soal tiket, tenang saja karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. SoHip juga bisa membelinya secara daring.

  • Harga Tiket : Rp 10.000 (ruang teater) / Rp 20.000 (pameran temporer) / Rp 35.000 (ruang ImersifA)
  • Alamat : Jln. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.
  • Jam Operasional : 08.00 – 16.00 WIB / Setiap Hari

ADVERTISEMENT

3. Atsiri Sarinah, museum mini aromaterapi yang interaktif

Rekomendasi museum date di Jakarta

Atsiri Sarinah referensi museum date yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan / Credit: Photo by @atsirisarinah on Instagram

Sarinah Jakarta tidak hanya menyuguhkan tenant makanan dan outlet pakaian saja lho, SoHip. Di dalamnya ada hidden gem bernama Atsiri yang merupakan museum mini aromaterapi yang menampilkan informasi-informasi seputar minyak atsiri. Dijamin sepulang dari Atsiri, SoHip dan pasangan akan memperoleh begitu banyak pengalaman baru yang pastinya menarik.

Di museum mini ini SoHip dan pasangan akan mendapat segala informasi berkenaan tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan minyak atsiri, video mapping tentang bunga dan tanaman. Tak hanya itu saja, di sini SoHip bisa banget bereksplorasi untuk mengetahui aroma persona SoHip dan pasangan.

  • Harga Tiket : Rp 50.000
  • Alamat : Gedung Sarinah lantai 5, Jln. M. H. Thamrin No.11, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : 11.00 – 21.00 WIB / Setiap Hari

ADVERTISEMENT

4. Museum Macan memamerkan karya seni kontemporer, modern dan internasional

Rekomenasi museum date di Jakarta

Museum Macan bisa jadi referensi museum date kamu dan pasangan / Credit: Photo by @museummacan on Instagram

Sudah tidak asing lagi dong dengan museum satu ini? Nama Macan dari Museum Macan yang selama ini sering kita dengar ternyata akronim dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Di mana museum satu ini menjadi museum pertama di Indonesia yang memamerkan karya seni kontemporer, modern dan internasional sekaligus. Uniknya lagi, tema pameran di museum ini selalu berubah-ubah sehingga tidak membosankan para pengunjung.

  • Harga Tiket : Rp 56.000 untuk weekdays / Rp 70.000 untuk weekends
  • Alamat : Modern and Contemporary Art in Indonesia, AKR Tower Level M, Jln. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
  • Jam Operasional : 10.00 -18.00 WIB / Selasa – Minggu

ADVERTISEMENT

5. Museum Moja, cocok untuk kamu dan pasangan yang hobi berswafoto

Rekomendasi museum date di Jakarta

Moja Museum menawarkan karya seni kekinian yang cocok banget buat museum date kamu dan pasangan / Credit: Photo by @mojamuseum on Instagram

Ingin mengunjungi museum modern yang artsy dan banyak spot instagramable-nya? Coba deh kunjungi Museum Moja. Museum satu ini cukup berbeda dari museum-museum lainnya di Jakarta. Sebab, Museum Moja menawarkan sejumlah konsep yang unik dan dijamin menarik.

Konsep unik yang dimiliki Museum Moja di antaranya ada Roller Skate Ring (Roja), Painting on Canvas or on the Wall (MoPaint), dan 17 Room Interactive Maze (Moja 2.0 Feelings). Di museum ini, SoHip bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dengan melihat-lihat instalasi seni menggunakan sepatu roda, lho. Mau menambah kemampuan kreativitas, bisa banget ajak pasanganmu mengikuti MoPaint.

  • Harga Tiket : Rp 110.000 – Rp 125.000 (Roja) / Rp 115.000 – Rp 135.000 (Moja 2.0) / Rp 110.000 – Rp 125.000 (MoPaint)
  • Alamat : Komplek Gelora Bung Karno Main Stadium, Jln. Gerbang Pemuda No.1, Gelora, Jakarta
  • Jam Operasional : 11.00 – 18.30 WIB / Setiap Hari

ADVERTISEMENT

6. Art:1 New Museum peraih penghargaan The Best Gallery of The Year

Rekomendasi museum date di Jakarta

Art:1 New Museum bisa jadi referensi kamu dan pasangan untuk mencoba tren museum date / Credit: Photo by @art1newmuseum on Instagram

Rekomendasi museum date selanjutnya ada Art:1 New Museum yang sudah berdiri sejak 1983. Museum yang terletak di Jakarta Pusat ini memamerkan sejumlah karya seni rupa modern dan seni kontemporer dari seniman Indonesia maupun Internasional.

Sejauh ini, Art:1 New Museum telah memiliki lebih dari 2.000 karya seni dan pernah meraih penghargaan The Best Gallery of The Year. Selain itu, museum seni satu ini memiliki tema pameran yang berganti-ganti. Oleh karena itu, sangat cocok dikunjungi bersama pasangan.

  • Harga Tiket : Rp 35.000 – Rp 75.000
  • Alamat : Jln. Rajawali Selatan Raya No.3, Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : 10.00 – 18.00 WIB (Selasa – Sabtu) / 10.00 – 16.00 WIB (Minggu)

7. Dialogue Artspace memadukan galeri seni, studio desain, kafe dan toko

Rekomendasi museum date di Jakarta

Dialogue Artspace bisa dijadikan referensi museum date kamu bersama pasangan / Credit: Photo by @dialogue_arts on Instagram

Mau cari tempat nge-date yang all in one? Coba deh SoHip dan pasangan kunjungi Dialogue alias Dia Lo Gue Artspace di kawasan Jakarta Selatan. Galeri seni satu ini menyediakan tidak hanya sebuah galeri tetapi juga membaurkan studio desain, kafe dan toko pernak-pernik.

Nah, jika SoHip dan pasangan menginginkan suasana yang santai, tidak terlalu serius dan senang mengobrolkan imajinasi seni, Dialogue Artspace adalah tempat yang cocok. Tak hanya itu, tempat ini seringkali mengadakan seminar, workshop, mini bazar dan acara lainnya. Soal tiket masuk, SoHip tidak perlu gundah gulana karena masuk ke Dialogue Artspace dijamin gratis.

  • Harga Tiket : Gratis
  • Alamat: Jl. Kemang Selatan No.99A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional : 11.00 – 20.00 WIB / Setiap Hari

8. Magic Art 3D Museum Jakarta cocok untuk pasangan pecinta seni berkonsep tiga dimensi

Rekomendasi museum date di Jakarta

Museum Art 3D cocok banget dijadikan referensi museum date bagi kamu dan pasangan pecinta seni 3D / Credit : Photo by @magicartjakarta_kotatua on Instagram

Kalau SoHip dan pasangan merupakan pecinta seni berkonsep 3D, jangan khawatir karena Kota Tua memiliki Magic Art 3D. Di sini, SoHip dan pasangan akan mendapat pengalaman baru setelah menikmati lukisan dan seni tiga dimensi. Sebagai informasi, museum 3D ini terbagi menjadi tujuh zona di antaranya zona lukisan, satwa, lautan, rutinitas, dinosaurus, petualangan dan horor. Ketujuh zona tersebut sangat cocok dijadikan spot berfoto bersama pasangan.

  • Harga Tiket : Rp 40.000 – Rp 80.000
  • Alamat : Jln. Gedung Kerta Niaga 1, Kota Tua, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : 10.00 – 19.00 WIB / Setiap Hari

Nah, itulah 8 rekomendasi museum date yang biasa banget Sobat Hipwee kunjungi bersama pasangan. Eits, bisa juga lho jadi ide untuk menghabiskan waktu di hari valentine nanti. Ya nggak ya, SoHip.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis