5 Alasan Kamu Harus Mencoba Road Trip Naik Campervan. Petualangan yang Super Seru!

Road trip naik campervan

Beberapa tahun belakangan ini, tren perjalanan sedang ramai dengan konsep perjalanan yang memadukan road trip menggunakan mobil dan camping di alam terbuka. Perjalanan ini memerlukan kendaraan yang sudah dimodifikasi untuk bisa mengangkut seluruh kebutuhan perjalanan. Mulai dari alat masak, bahan makanan, tempat tidur atau tenda, dan fasilitas hiduran. Kendaraan yang digunanakan disebut campervan atau karavan. Apakah kamu pernah membayangkan road trip naik campervan?

Advertisement

Tren perjalanan yang sering disebut dengan wisata karavan ini awalnya berkembang di negara-negara Eropa. Mereka melakukan road trip naik campervan dari satu negara ke negara lain, hingga berbulan-bulan dengan tinggal di campervan. Saat ingin beristirahat, mereka mencari tempat yang lapang untuk memarkirkan campervan, memasak, bahkan mendirikan tenda. Road trip naik campervan membuat perjalanan lebih santai dan fleksibel, karena menyesuaikan kondisi penumpang, kendaraan dan alam.

Road trip naik campervan | Photo by Hanson Lu via unsplash.com

Sementara di Indonesia sendiri, road trip naik campervan bisa dilakukan antar kota bahkan antar pulau. Misalnya dari Surabaya ke Jakarta, dari Jakarta ke Bali, dari Jawa ke Sumatera atau ke Lombok. Karena semakin banyak peminatnya, sekarang juga sudah banyak jasa penyewaan campervan yang punya banyak pilihan fasilitas. Atau jika kamu kurang suka menyewa kendaraan, kamu bisa memodifikasi mobilmu supaya bisa cukup untuk mengangkut kebutuhan perjalanan.

Kebayang nggak sih, bisa mengunjungi banyak destinasi wisata naik campervan, lalu camping di tempat yang pemandangannya bagus. Semua kebutuhan bisa diangkut di mobil pula. Meski terdengar menyenangkan, konsep perjalanan ini memang membutuhkan pertimbangan yang matang, persiapan yang cukup, kondisi tubuh yang vit, dan memahami risiko dengan baik. Nah, kalau kamu masih ragu, Hipwee Travel punya rangkuman alasan yang bisa membuatmu yakin dan tergugah untuk melakukan road trip naik campervan, yuk simak!

Advertisement

1. Kamu punya waktu yang fleksibel dan nggak perlu terburu-buru untuk menikmati perjalanan. Bebas menentukan jadwal atau itinerary perjalanan

Nikmati perjalanan yang lebih santai | Photo by Uriel Mont via www.pexels.com

Semua kebutuhan perjalananmu sudah terangkut semua di mobil, jadi kamu nggak perlu mengejar waktu check in atau check out hotel. Nggak perlu khawatir tempat makan tutup sebelum kamu tiba, karena kamu punya bahan makanan dan alat masak yang memadai di mobil. Yang paling penting, kamu bisa lebih menikmati perjalanan dengan santai, tanpa harus diatur jadwal keberangkatan di tiket. Tapi, kamu juga tetap disiplin dengan perencanaan, karena kebutuhan perjalanan sudah harus dipersiapkan sejak awal keberangkatan. Selain itu kamu juga harus punya waktu yang longgar untuk bisa menikmati perjalanan ini.

2. Lebih hemat biaya untuk makan dan biaya penginapan. Makan, masak sendiri, tidur pun di mobil atau di tenda, hemat deh!

Kamu bisa membawa bahan makanan, lengakap dengan alat masak | Photo by Uriel Mont via www.pexels.com

Road trip naik campervan jelas bisa menghemat biaya makan, karena untuk kebutuhan makan sudah kamu bawa di mobil, lengkap dengat alat memasaknya. Untuk keperluan tidur pun sama saja, karena kamu akan tidur di mobil yang dimodifikasi bisa jadi kamar, atau mendirikan tenda di luar mobil. Biaya penginapan bisa digunakan untuk menyewa tenda atau kalau punya tenda sendiri, kamu benar-benar nggak perlu mengeluarkan biaya untuk keperluan tidur. Selisih biaya dari perjalanan biasa, bisa kamu simpan untuk kebutuhan yang mendesak di perjalanan atau tambahan uang bensin.

3. Perjalanan ini akan menjadi petualangan yang mungkin nggak bisa kamu temukan di perjalanan lainnya

Penagalam road trip naik campervan nggak bisa kamu dapatkan di perjalanan lainnya | Photo by Uriel Mont via www.pexels.com

Road trip naik campervan bisa saja membawamu berpetualang ke tempat-tempat yang lebih bagus dengan pengalaman yang hanya bisa kamu dapatkan di perjalanan seperti ini. Bayangkan saja, kamu akan menuju destinasi wisata dengan bantuan GPS atau bertanya orang di jalan. Kamu akan mencari spot terbaik untuk mendirikan tenda, memasak, bahkan membuat api unggun. Esok paginya kamu akan terbangun dengan pemandangan alam yang indah dari pintu campervan atau tenda tempatmu tidur. Lalu semua keperluanmu bisa diangkut kembali di mobil dan siap melanjutkan perjalanan lagi. Buat kamu yang suka berpetualang, perjalanan ini tentu wajib banget kamu coba!

4. Road trip naik campervan memungkinkan lebih banyak tempat atau kota yang bisa kamu kunjungi. Bisa mampir-mampir sesukamu!

Bisa mampir-mampir, suka-suka~ | Photo by Gantas Vaiciulenas via www.pexels.com

Misalnya dari Jakarta kamu ingin melakukan road trip ke Bali, bisa benget lo kamu mampir ke Semarang, sampil camping di Ungaran. Mampir ke Yogyakarya, main ke Malioboro dulu, lalu camping di Solo. Mampir juga ke Malang, main ke Bromo dulu, mampir ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi juga boleh sebelum menyeberang ke Bali. Ini baru Jawa-Bali, kalau kamu ambil rute Jawa-Sumatera, tentu lebih banyak tempat atau kota yang bisa kamu singgahi. Road trip naik campervan nggak seperti perjalanan naik kereta atau pesawat yang butuh banyak tiket kalau mau mampir-mampir~

5. Bertemu kenalan baru sesama traveler campervan. Orang-orang di perjalanan seperti ini biasanya punya solidaritas tinggi dan nggak segan saling membantu. Meski begitu, kamu tetap harus waspada ya!

Bertemu banyak teman perjalanan | Photo by Alan Caldwell via www.pexels.com

Seperti perjalanan pada umumnya, berkenalan dengan orang baru adalah hal yang wajar. Bedanya, sesama traveler campervan biasanya punya solidaritas tinggi dan mau saling membantu jika ada rombongan yang mengalami kendala di perjalanan. Road trip naik campervan membuatmu harus punya waktu istirahat yang cukup, biasanya kamu butuh waktu lebih lama di lokasi camping, nah di sini kamu biasanya akan bertemu sesama traveler campervan lain. Kamu bisa bertukar informasi perjalanan, atau bahkan bisa menemukan teman perjalanan lain yang bisa berjalan beriringan.

Nah, itulah alasan-alasan yang bisa membuatmu yakin untuk melakukan road trip naik campervan. Namun, tetap butuh banyak persiapan mulai dari biaya, kendaraan, hingga kondisi tubuh yang prima. Jangan lupa ajak teman perjalanan yang asyik untuk mewujudkan perjalanan yang super seru ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE