Saran-Saran yang Perlu Kamu Dengar Sebelum Memulai Sebuah Perjalanan

Saran-Saran Yang Harus Didengar Oleh Kamu Akan Memulai Perjalanan

Advertisement

Meskipun traveling bukan satu-satunya cara belajar, namun cara ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara mengenal kehidupan yang menyenangkan. Bahkan salah satu quote keren tentang traveling sampai nulis kayak gini:

Don’t tell me how educated you are, tell me how much you have traveled – Mohammed

Maka tidak mengherankan kalau banyak orang kini semakin menyadari traveling bukan hanya kegiatan yang bertujuan bersenang-senang, namun juga belajar.

Advertisement

Untuk itu sebelum memulai perjalanan yang mengajarimu banyak hal, ada baiknya kamu membaca terlebih dulu beberapa saran berikut yang mungkin akan berguna untuk petualanganmu nantinya:

1. Singkirkan Rasa Takut Dengan Cara Mempersiapkan Segalanya Sebaik Mungkin: Perencanaan yang Matang Adalah Kunci Utama

Persiapan yang matang akan membuang rasa takut

Persiapan yang matang akan membuang rasa takut via www.oncallinternational.com

Kita tentu pernah bertanya-tanya, “Kenapa ya banyak orang yang bisa jalan-jalan keliling Indonesia bahkan dunia?”, atau “Gimana caranya bisa traveling, pasti mereka banyak duit deh”, dan serentetan pertanyaan lainnya. Tapi kalau boleh jujur rata-rata traveler hebat, hanya punya satu resep yakni, “Jangan takut!”. Rasa takut seringkali menjadi penyebab banyak orang stuck dengan zona nyamannya. Meskipun seringkali tak diakui, namun jika setiap mau jalan-jalan yang ada di kepalamu pikiran-pikiran, seperti:

Advertisement

“Nanti kalau ada apa-apa gimana”

“Duh mau sih jalan-jalan tapi kalau uangnya kurang gimana”

“Ah ribet deh nanti, di sana kan terkenal penduduknya gak ramah”

Itu artinya kamu masih terbelenggu dengan rasa takut. Nah bagi kamu yang ingin memulai sebuah perjalanan dan melanjutkan berbagai perjalanan berikutnya, buang jauh-jauh pikiran-pikiran yang tak membantumu tersebut! Kini pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya membuang pikiran menakutkan tersebut?

Caranya adalah dengan mempersiapkan segalanya secara mendetail. Buat rencana perjalanan dengan baik beserta perkiraan biayanya agar tahu persis berapa kisaran dana yang dibutuhkan. Dengan mempersiapkan rencana perjalanan yang baik kamu juga bisa menyiapkan solusi dari permasalahan yang mungkin dihadapi.

2. Karena Ini Adalah Kali Pertamamamu Berpergian, Ajaklah Teman Untuk Memperkuat Rasa Percaya Diri

Ajak teman untuk menemani petualangan

Ajak teman untuk menemani petualangan via coretan-kikok.blogspot.com

Banyak tulisan yang mengupas topik kenapa traveling sendirian itu keren, namun bukan berarti kalau traveling bareng teman menjadikan kamu gak keren. Meskipun ketika traveling sendirian kamu memang jadi punya waktu lebih banyak untuk mengaktualisasikan diri secara maksimal, tapi gak lantas ketika kamu jalan dengan teman lantas jadi gak sebaik saat kamu memutuskan berpergian seorang diri.

Traveling dengan teman itu melatih kerjasama dan melatih toleransi sehingga banyak nilai positif yang bisa dipetik. Bagi kamu yang baru akan memulai perjalanan, jika memang dirasa perlu, mengajak teman bukanlah dosa besar. Selain bisa diajak berunding mengajak teman adalah cara terbaik untuk berbagi biaya liburan. Jadi lebih hemat deh.

3. Teori Packing Ala Hipwee, “Bawa Apa Yang Kamu Perlu Bukan Apa Yang Kamu Mau”

Jangan bawa barang berlebihan

Jangan bawa barang berlebihan via www.huffingtonpost.com

Bagi mereka yang sering traveling, packing tentu hal kecil yang sudah tak perlu lagi diberitahu. Bahkan semakin sering berpergian sense untuk memilah barang mana yang nantinya akan diperlukan dan tidak sudah pasti akan kian terasah.

Tapi buat kamu yang masih di level beginner traveler, nampaknya perlu belajar mengemas barang dengan lebih efisien. Hitung dengan teliti jumlah baju yang perlu kamu bawa, disesuaikan dengan jumlah harimu bepergian. Untuk barang-barang yang bisa ditemukan di tempat tujuan dan harganya tidak begitu jauh berbeda dengan tempat asalmu — macam alat mandi– lebih baik beli saja sesampainya di destinasi agar tidak memberatkan kopermu. Intinya minimalisir bawaan untuk mempermudah acara jalan-jalanmu.

4. Tiket, Akomodasi, dan Penginapan Murah Bisa Didapat Dengan Satu Rumusan = Usaha + Doa + Trik + Keberuntungan

Jangan lupa doa, usaha, dan trik untuk traveling murah

Jangan lupa doa, usaha, dan trik untuk traveling murah via dewatanesia.blogspot.com

Hipwee sebelumnya pernah membahas tentang trik cari tiket murah loh. Pada dasarnya semua yang murah bisa kamu dapat asal kamu berusaha dengan trik yang tepat diiringi doa dan keberuntungan . Cari tahu waktu peak season untuk mendapat semua yang bersahabat dengan kantung. Jangan malas berburu tiket promo yang kini bertebaran di mana-mana.

Selain itu, untuk perjalanan ke luar negeri pintar-pintarlah menemukan penerbangan terusan dari beragam maskapai yang biasanya sering menawarkan harga tiket yang lebih murah. Bepergian pada musim dingin juga jauh lebih terjangkau dibanding pergi ketika musim panas yang identik dengan musim liburan.

5. Perjalanan Tidak Seperti Trayek Bus Kota yang Jauh-Dekat Harga Sama. Sebagai Awalan, Pilih Dulu Destinasi yang Paling Dekat

Latih diri dengan cara menyusun "one day trip"

Latih diri dengan cara menyusun “one day trip” via rumtumblurpei.blogspot.com

Karena baru akan memulai perjalanan, jangan langsung memaksa ingin pergi ke tempat-tempat jauh. Kunjungilah destinasi-destinasi dekat sebagai pemanasan. Pelajari berbagai hambatan yang kamu temukan dan coba temukan solusinya.

Setelah perjalanan jarak dekat itu berhasil kamu lalui dengan sempurna, barulah rencanakan perjalanan ke destinasi yang lebih jauh dan menantang. Ingat traveling itu bukan soal jauh dekat namun adalah seberapa banyak hal baru yang bisa ditemui dan diresapi manfaatnya.

6. Siapkan Uang Lebih, Minimal 30% Dari Total Budget Liburanmu Untuk Berjaga-Jaga Kalau Terjadi Apa-Apa

Siapkan dana cadangan

Siapkan dana cadangan via www.epicgapyear.com

Teori ini tidak mutlak dilakukan namun akan lebih baik jika dipraktekan. Tujuan dari mempersiapkan uang 30% lebih banyak dari dana yang kamu butuhkan adalah agar kamu memiliki persediaan dana jika suatu hal di luar keinginan terjadi. Hal ini tidak selalu karena kecelakaan ya. Misalnya saja kenaikan harga tiket bis atau kapal, sakit selama perjalanan, atau mungkin sepatu yang hilang tentu membutuhkan dana di luar perkiraanmu ‘kan?

7. Dapatkan Informasi Terbaik Dari Penduduk Lokal: Mereka Adalah Sahabat Terbaik Untuk Setiap Petualang

Bersahabatlah dengan masyarakat lokal

Bersahabatlah dengan masyarakat lokal via akuntomountain.wordpress.com

Jangan hanya mengandalkan sumber dari internet ataupun guide book yang kamu punya untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata yang kamu datangi. Sesampainya di sana hindari sikap membatasi diri untuk berinteraksi dengan penduduk lokal karena merekalah sumber informasi terbaik bagi seorang petualang.

Mau tahu penginapan murah, tempat makan halal, aturan penduduk setempat? Tanyakanlah kepada penduduk sekitar tentunya dengan cara yang sopan ya. Mungkin bagi kamu yang masih awal traveling ada rasa tak nyaman, namun hal ini justru jadi hal yang menantang dari sebuah perjalanan. Bagaimana caranya bisa berbaur dengan orang-orang baru? Tak perlu takut, selama kamu bisa bersikap santun Hipwee rasa penduduk setempat justru akan dengan senang hati diajak berinteraksi oleh tamu yang datang ke daerahnya.

8. Latihlah Dirimu Untuk Tidak Malas Membaca dan Enyahkan Rasa Malu Bertanya

Budayakan membaca untuk mendapat informasi

Budayakan membaca untuk mendapat informasi via booklineandsinker.com

Salah satu kebiasaan buruk kita adalah suka malas membaca segala informasi yang sebenarnya tersedia. Mau jalan-jalan murah tapi malas browsing infonya, mau tahu harus ke mana saja tapi ogah baca buku panduan wisata, sudah tahu informasinya terbatas mau nanya malas juga. Kalau begini caranya akan sulit untuk menjelajah suatu tempat yang baik. Untuk traveler pemula budayakan membaca segala sumber dengan seksama, jika memang dirasa perlu melengkapi informasi tanyalah dengan orang yang kamu anggap mumpuni.

9. Haram Hukumnya Berbelanja Di Hari-Hari Pertama. Uangmu Masih Harus Bertahan Sampai Akhir Perjalanan Tiba

Hindari berbelanja di awal traveling

Hindari berbelanja di awal traveling via zhazhazhu.com

Saat sedang traveling hindari kebiasaan berbelanja di hari-hari pertama untuk mengantisipasi kehabisan uang. Biasanya ketika belanja, kita suka lupa daratan dan yang lebih parah lupa tabungan. Belanja ini itu eh gak tahunya uang sudah habis saja. Kegiatan belanja, termasuk oleh-oleh letakkan pada hari-hari terakhir. Jadi intinya berbelanjalah dari sisa uang dan bukan traveling dari sisa uang belanjamu.

10. Kelangsungan Perjalananmu Terletak Pada Seberapa Konsistennya Kamu Menghemat Uang. Putar Otak Agar Danamu Terkumpul Sebelum Waktu Keberangkatan

Menabung secara konsisten

Menabung secara konsisten via shantysgeniusblog.blogspot.com

“Tak ada usaha yang tak membuahkan hasil”.

Coba ukir kuat prinsip ini di dalam kepalamu. Mungkin kamu berpikir apalah artinya menabung Rp.20.000 sehari untuk melakukan perjalanan, namun jika kamu secara konsisten berapa banyak yang bisa kamu tabung selama setahun. Belum lagi kalau kamu kreatif dan bisa mendapat penghasilan tambahan. Akan lebih sempurna jika kamu tahu tips dan trik berhemat selama liburan. Hal-hal tersebut jika dikombinasikan bisa membawamu mengunjungi berbagai tempat yang tadinya mungkin hanya akan ada dalam mimpi.

11. Terakhir, Jangan Pernah Minder Kalau Kamu Adalah Traveler Pemula. Semua Pejalan Akan Tetap Terus Belajar Selama Masih Melakukan Perjalanan

Belajar dari sesama traveler

Belajar dari sesama traveler via www.off-the-path.com

Saran terakhir yang bisa kamu dengar sebagai seorang traveler pemula adalah jangan pernah merasa minder meski jam terbangmu masih sedikit. Belajar sebanyak mungkin dari setiap perjalanan yang kamu lakukan. Semakin banyak kamu belajar, maka akan semakin dalam pula manfaat traveling yang bisa dibawa pulang. Lagipula perjalnanan adalah sebuah proses perjalanan panjang

Memulai sebuah perjalanan adalah sebuah langkah besar yang bisa kamu ambil atau tidak kamu ambil. Semua tergantung kemauan dan usahamu. Akan tetapi jika memang memilih untuk “besar di jalanan”, maka ke-11 saran tersebut layak kamu baca sebelum memulai sebuah perjalanan besar.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Travel addict...

8 Comments

  1. “Bawa Apa Yang Kamu Perlu Bukan Apa Yang Kamu Mau”

  2. Jessica Priscillia berkata:

    -Sportsbook bonus 10% (New Member) dan 5% depo berikut nya (SBO,IBC,368Bet,AFB).
    -Casino Online Bonus 5% (New Member)
    -Tangkas Bonus First Depo 10%…
    -Bonus referal hingga 7% untuk Sporstbook,Casino-Special Bonus referal 1,5% Hingga seumur hidup.
    -Semua produk kami memiliki pasaran grade A dan dapatkan jg cashback hingga 8% hanya di master303.

    Untuk Informasi lebih jelas nya silahkan hubungi CS kami Di :
    *YM :聽cs1.master303@yahoo.com
    *Wechat : Master303agent
    *PIN BB : 2B3C6D8B
    *SMS : 63977 153 0472

    Agen Sabung Ayam

    http://WWW.MASTER303.COM

  3. Nita Agatha berkata:

    HATI-HATI DENGAN PERMAINAN INI, KALO KALIAN BELUM SIAP KAYA MENDADAK : )

    http://WWW.ASIAPOKER.COM GAME POKER DAN DOMINO PALING TOP-MARKOTOP : ) JADI SIAPKAN AJA JANTUNG ANDA,DAN REKENING ANDA, UNTUK DAPATKAN REJEKI BESAR DARI ASIAPOKER.CC

    Game Dengan Permainan Terbaik,Terbesar,Terpercaya Dan Bisa Di maenkan dari Hp android >Se x DEPO RP 10.000 Pasti Lengketnya Nampol Banget Loh
    >WITHDRAW nya Pun Bisa juta an Rupiah Bahkan Puluhan Juta rupiah < 100% REAL GAME, CASH MONEY, FUN GAME< MAKE U ALL HAPPY : )Hari Gini Memang masih ada yang deposit game nya Rp 10.000 ?? Mau donkk Ikutan ... : ) Ada donk di asiapoker.cc tempat nya > DEPOSIT GAME TERMURAH HANYA Rp 10.000 ( 5 GAME Dalam 1 USER ID >POKER, DOMINO GAPLE, CEME,
    RAJA Q, NEW GAME BANDAR KELILING ) Dan Bisa Di Uangkan Kembali Dengan Minimal WITHDRAW Rp 10.000

    UPDATE PROMO & EVENT TERBARU SAAT INI DI BULAN OKTOBER :
    # Bonus Referral 10% (Tanpa Batas)
    # Bonus Turnover 0,5 %
    BONUS JACKPOT :
    # MEGA JACKPOT Ratusan Juta Rupiah
    # FREE JACKPOT Tanpa Beli
    # MKOIN Reward >PENUKARAN KOIN DENGAN HADIAH
    (Anda akan secara langsung diikut-sertakan dalam program ini pada saat pendaftaran anda telah berhasil. Jadi semakin sering anda bermain poker online di situs kami,semakin banyak pula koin yang bisa terkumpulkan untuk anda)

    Proses Depo Dan Withdraw Bisa Dilakukan Melalui 5 Bank Terbesar Dan Terpercaya.( BCA, BNI, BRI, DANAMON, MANDIRI )

    LINK ALTERNATIF : http://WWW.ASIAPOKER.CC / http://WWW.ASIAPOKER.US / http://WWW.ASIAPOKER.BET

    BURUAN YAA, BAWA TEMEN-TEMEN KAMU SEKAMPUNG, KALO PERLU 1 RT : )
    U CAN PROVE THIS GAME N BELIEVE ME > CAN MAKE U THE MUCH MONEY : )

    24 JAM ONLINE :
    PIN BBM : 5C300138
    LINE : asia_poker
    FACEBOOK : asiapoker
    WA :+639777260422
    SMS :+628236979636

CLOSE