Pesona pariwisata Lampung memang tak layak dipandang sebelah mata. Pasalnya, kawasan yang terletak di sebelah Selatan Pulau Sumatera ini memiliki berbagai destinasi wisata alam dengan panorama yang indah.

Jika kamu bosan menjelajah kota-kota di Pulau Jawa, sejenak melipir ke Lampung tentu tak ada salahnya. Apalagi, waktu perjalanan yang dibutuhkan pun tak akan terlalu lama jika kamu berangkat dari pusat kota Jakarta. Yang pasti, menyeberang dari pelabuhan Merak ke Bakauheni juga akan memberimu pengalaman tersendiri.

Advertisement

Nah, destinasi wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi saat menyambangi Lampung? Langsung simak artikel ini, yuk!

1. Taman Nasional Way Kambas adalah destinasi paling populer di Lampung. Mengunjungi rumah para gajah ini wajib hukumnya!

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas via indonesia.travel

Taman Nasional Way Kambas berada di wilayah Lampung Timur dan mengkhususkan diri sebagai taman perlindungan bagi satwa Gajah Sumatera. Berdiri sejak tahun 1985, Taman Nasional Way Kambas merupakan sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia.

Awalnya bernama Pusat Latihan Gajah (PLG), namun semenjak beberapa tahun terakhir ini berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG). Hingga sekarang tempat ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa lho berinteraksi langsung dengan gajah-gajah penghuni taman nasional ini.

2. Hanya butuh 20 menit perjalanan dari pusat kota, Pantai Pasir Putih punya panorama yang memesona.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih via www.telusurindonesia.com

Advertisement

Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata terfavorit di Lampung. Hal ini lantaran letaknya yang dengan ibukota sehingga sangat mudah dijangkau. Pantai yang terkenal bersih dan punya pemandangan indah ini memang punya pengelolaan yang baik. Selain bisa bersantai, kamu juga bisa menyewa kapal motor untuk sejenak berkeliling menikmati panorama pantai.

3. Sempatkan untuk mampir ke Menara Siger, landmark Lampung yang juga jadi titik nol jalan lintas Sumatera.

Menara Siger

Menara Siger via blog.reservasi.com

Menara Siger adalah bangunan indah berwarna kuning yang saat ini menjadi ikon Lampung. Menara ini berdiri cantik di atas sebuah bukit dan merupakan titik nol jalan lintas Sumatera. Untuk dapat memasuki kawasan Menara Siger, kamu harus membayar tiket masuk dan biaya parkir terlebih dahulu.

Boleh dibilang, Menara Siger adalah bangunan kebanggaan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional yang indah. Di tempat ini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi, termasuk peta kabupaten seprovinsi Lampung.

4. Ingin menikmati keindahan bawah laut di Lampung? Kunjungi saja Pulau Pahawang.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang via travel.grivy.com

Obyek wisata yang berlokasi di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran ini sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, Pulau Pahawang yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini memang memiliki kekayaan laut yang luar biasa.

Hanya dibutuhkan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Bandar Lampung. Di pulau ini kamu bisa menikmati beragam fasilitas seperti penginapan dan peralatan menyelam. Dijamin pemandangan di pulau ini gak kalah dengan yang ada di Senggigi maupun Gili Trawangan.

5. Jika Bali punya lumba-lumba di Pantau Lovina, kamu pun bisa menemukannya di Teluk Kiluan, Lampung.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan via blog.hulaa.com

Pernah mengunjungi Pantai Lovina di Bali dan menyaksikan lumba-lumba beraksi di alam bebas? Gak perlu khawatir, kamu juga bisa menemukan pengalaman serupa di Teluk Kiluan, Lampung. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah pada bulan April hingga September di mana sedang musim kemarau sehingga kawanan lumba-lumba biasanya akan muncul. Tapi meskipun berkunjung ke sana dan gagal melihat lumba-lumba, panorama Teluk Kiluan dijamin gak akan membuatmu kecewa kok.

6. Mampirlah ke Pulau Condong yang terkenal dengan pasir putih dan air lautnya nan jernih.

Pulau Condong

Pulau Condong via itineraryku.blogspot.co.id

Tempat wisata ini memiliki nama lengkap Pulau Condong Sulah. Letaknya sekitar 1 km dari jalur bypass Bandar Lampung-Bakauheni. Pulau ini memiliki potensi alam relatif masih asli. Berbentuk seperti kubah, seluruh lereng dan permukaan bukit di pulau ini dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai.

Di bagian Selatan pulau seperti terbelah sehingga biasanya dijadikan wahana rock climbing, pendakian, dan olahraga ekstrem lainnya. Tapi tanpa perlu pergi kemana-mana, sekadar duduk di bibir pantai sambil menikmati suasana pun dijamin sudah bikin kamu puas.

7. Nikmati sejuknya suasana di kawasan Air Terjun Putri Malu di Way Kanan, Lampung

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu via kapankitakemana.com

Terletak di wilayah Way Kanan, Air terjun Putri Malu boleh dibilang belum begitu populer di kalangan para pelancong. Itulah sebabnya objek wisata yang satu ini masih sangat alami. Air Terjun Putri Malu mempunyai ketinggian 80 meter dengan bentuknya yang berkelok-kelok hingga membuatnya dijuluki Air Terjun Putri Malu.

8. Pengen menjajal berselancar di lautan lepas? Pantai Tanjung Setia tempatnya!

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia via trayothegreat.wordpress.com

Pantai Tanjung Setia adalah alternatif bagi kamu yang menyukai olahraga selancar. Terletak di sisi barat Lampung, Pantai Tanjung Setia kabarnya mempunyai salah satu ombak yang terbaik di dunia. Lokasi pantai ini memang cukup jauh, yaitu sekitar 270 km dari Bandar Lampung atau sekitar 6 jam perjalanan.

Meski lokasinya terbilang terpencil, kamu tak perlu khawatir. Rasa lelahmu sepanjang perjalanan dijamin akan terbayar lunas setelah sampai di pantai ini. Lokasi yang terpencil membuatnya jarang dikunjungi wisatawan sehingga keaslian dan kebersihan tempat ini tetap terjaga.

9. Sejenak nikmati sejuknya suasana dan panorama hutan yang dihuni primata di Danau Ranau.

Danau Ranau

Danau Ranau via keripik-lampung.com

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatra, Di bagian tengah danau terdapat Pulau Marisa yang memiliki mata air panas alami, air terjun, area persawahan dengan udaranya yang dingin. Sebagian wilayah dari Pulau Marisa juga masih ditutupi oleh hutan dan dihuni beberapa jenis primata.

10. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil memang istimewa, karena kamu akan menemukan waterboom di sana.

Pulau Tangkil

Pulau Tangkil via eloratour.wordpress.com

Penasaran dengan waterboom yang ada di pantai? Kamu bisa menemukannya di Pantai Mutun yang lokasinya hanya sekitar 10 km dari pusat kota atau tepatnya di kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pantai Mutun memang terbilag istimewa karena sudah dilengkapi dengan beragam akomodasi untuk wisata keluarga seperti area pondokan, waterboom, dan restoran. Kalau sudah sampai di Pantai Mutun, kamu pun layak menyambangi Pulau Tangkil yang bisa ditempuh selama 10 menit perjalanan saja. Pulau tak berpenghuni ini konon sangat indah lho!

11. Rasakan momen magis dengan mengunjungi gunung berapi paling aktif ke dua di Indonesia, Gunung Krakatau.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau via kotawisataindonesia.com

Gunung Krakatau adalah salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat traveling ke Lampung. Gunung yang pernah meletus di tahun 1883 ini kini sudah membentuk “anaknya” yang disebut-sebut sebagai gunung api paling aktif kedua di Indonesia setelah Gunung Merapi.

Untuk memasuki area Gunung Krakatau memang gak boleh sembarangan, setidaknya kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada balai konservasi Lampung. Tapi jika tak mau repot, sebaiknya membeli paket tour yang dikelola travel agent saja. Menyambangi gunung api ini akan memberimu pengalaman tersendiri. Merasakan magisnya energi gunung berapi yang dahulu pernah meletus dengan dahsyatnya.

Nah, gimana? Sudah memantapkan tekad untuk segera bertandang ke Lampung? Bagaimana pun, pariwisata Lampung tak boleh dipandang sebelah mata. 11 destinasi menarik ini membuktikan kalau Lampung memang memesona.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya