Saat ini Solo Traveling emang lagi rame. Macam-macam alasannya kenapa si wisatawan lebih memilih untuk melakukan perjalanan seorang diri. Mulai dari manfaat yang besar untuk pribadi hingga alasan menghindari keribetan jika travelingnya ramean. Nggak cuma cowok yang sering melakukan solo traveling, tapi cewek pun akhir-akhir ini memberanikan diri untuk mencoba sensasi bepergian tanpa siapa-siapa.

Sebenarnya banyak cewek yang pengen nyobain solo traveling. Tapi lebih banyak hal yang membuat mereka mengurungkan niat. Apalagi kalau bukan keselamatan dan keamanan. Nah, menyadari manfaat dari solo traveling ini, Hipwee Travel pengen ngasih tips nih bagi kamu yang pengen nyobain solo traveling. Good luck!

1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi yang ingin dikunjungi agar hatimu semakin mantap untuk memulai solo travelingmu

Cari informasi sebanyak-banyaknya via static.pexels.com

Ini persiapan yang penting agar travelingmu berjalan dengan baik. Dengan adanya internet sekarang, gampang banget buat nyari info tentang sebuah destinasi. Tapi jangan fotonya aja yang kamu liat, ulasannya juga. Apa aja destinasi yang bisa kamu kunjungi, dimana hostel termurah dan strategis, tempat makan, dan lain-lain. Kalau perlu booking sekalian. Biar nanti pas nyampe sana kamu nggak kebingungan.

2. Memberitahu orang terdekatmu bahwa kamu akan pergi solo traveling sangat penting

Jangan sampai bikin panik orang terdekatmu via i.huffpost.com

Advertisement

Sebelum kamu berangkat, kasih tau orang terdekatmu bahwa kamu akan melakukan perjalanan sendiri. Bisa aja itu keluargamu atau sahabatmu. Tujuannya agar kamu bisa tetap keep in touch dengan orang-orang terdekatmu. Mana tau nanti ada hal penting saat kamu bepergian.

3. Buat jaga-jaga, kamu harus menyimpan duplikat kartu-kartu identitasmu

Difotokopi dulu ya kartu identitasnya via americas.celestyalcruises.com

Kartu identitas emang penting banget saat kamu melakukan perjalanan. Jadi mending siapin fotokopian kartu identitasmu atau simpan fotonya di dropbox agar kamu bisa mengaksesnya kapan aja. Itung-itung cadangan kalau nanti tiba-tiba kartu identitasmu hilang saat jalan-jalan. Emang nggak ada sih yang pengen kehilangan barang. Tapi kita ‘kan nggak tau apa yang bakal terjadi nantinya.

4. Hal yang paling penting, bawa barang bawaanmu secukupnya. Kamu hanya pergi traveling, bukan pindah kosan

Bawa barang secukupnya via usiaffinity.typepad.com

Namanya juga cewek, persiapannya psti seabrek. Semuanya rasanya penting untuk dibawa. Padahal nggak semuanya juga yang bakal kepake. Jadi pikirkan matang-matang apa barang yang benar-benar kamu butuhkan saat traveling. Maksimal satu backpack aja ya. Kalau ditambah satu tas selempang kecil nggak apa-apa. Buat nyimpen barang-barang penting seperti handphone dan dompet.

5. Nggak cuma identitas, kontak-kontak penting juga perlu kamu simpan. Biar aman di jalan

Tulis kontak-kontak penting di buku catatanmu via static.pexels.com

Menulis kontak-kontak penting dalam sebuah buku ataupun kertas juga dibutuhkan. Misalnya nomor hostel tempat kamu menginap. Orang terdekatmu yang sering kamu hubungi, atau transportasi umum di sana. Mana tau nanti gadgetmu nggak bisa digunakan. Jadi kamu punya cadangan.

6. Menyimpan uang yang kamu bawa di satu tempat bukanlah ide bagus, jadi bagi-bagi letaknya

Jangan simpan duit di satu tempat ya via www.telegraph.co.uk

Sebagai daerah yang belum pernah kamu kunjungi, tentu kamu juga nggak tau gimana keamanan di sana. Bisa aja aman sentosa atau banyak pencopet yang tersebar dimana-mana. Nah, untuk mengantisipasi kehilangan uang, mending taruh uang kamu di beberapa tempat. Misalnya di kantong, di tas, sama di sela-sela baju juga bisa. Jadi kalau kamu kehilangan uang di saku, kamu masih punya simpanan.

8. Saat solo traveling, hanya gadget yang selalu bisa menemani kamu. Jadi bawa power bank jadi keharusan

Power bank jangan sampai ketinggalan ya via 76.my

Namanya juga solo traveling, artinya kamu hanya pergi sendiri tanpa ada yang menemani (eh). Jadi, yang dapat mempermudah travelingmu hanyalah gadget. Paket lengkap ini harus sedia setiap saat. Masa di saat kamu butuh untuk mengontak seseorang atau pengen googling gadgetmu mati? Pasti bete ‘kan harus balik ke hostel dan nunggu beberapa jam agar batrainya terisi kembali. Waktumu bakal sia-sia. Jadi bawalah power bank kemana pun saat kamu melakukan traveling.

9. Hindari sampai di tujuan pada malam hari, jadi atur jadwalmu ya!

Pagi adalah waktu terbaik via surgatraveller.com

Buat cewek emang riskan banget sih kalau bepergian malam hari. Karena keadaan lebih nggak aman saat malam. Jadi atur jadwalmu agar bisa sampai di tujuan pada saat siang. Atau bahkan pagi lebih baik. Kamu pasti bakal ngerasa lebih aman.

10. Jangan jadi wisatawan yang mencolok, berpakaianlah layaknya warga lokal

Pakaiannya biasa aja, nggak perlu mencolok via www.healthzone5.com

Saat kamu mutusin buat jalan-jalan sendiri, sebisa mungkin jangan menjadi perhatian orang. Caranya? Berpakaianlah sebiasa mungkin. Jika perlu layaknya orang-orang lokal. Jadi nggak ketauan banget kalau kamu adalah wisatawan. Apalagi sendiri. Nanti banyak yang nawarin kemana-mana nanti malah kamunya yang pusing.

11. Nggak pengen digangguin cowok-cowok saat dalam perjalanan? Pakai cincin pernikahan bisa jadi salah satu solusinya

Digangguin cowok pas jalan-jalan sendiri emang nggak bikin nyaman via cdn1.matadornetwork.com

Salah satu hal yang bikin cewek nggak nyaman adalah sering digoda sama cowok. Tergantung sih, kalau emang gaya atau pakaian ceweknya yang mancing ya wajar dong digoda. Tapi kalau udah berpakaian sewajarnya tapi tetep digoda ya gimana. Biasanya cowok yang deketin kamu tiba-tiba mengira kamu masih single. Jadi coba pakai cincin nikah, tapi pura-pura aja alias imitasi. Mungkin pas liat kamu udah pakai cincin kawin dia nggak jadi deketin kamu.

12. Perlindungan pribadi tetap penting, bawa pepper spray bisa jadi pilihan

Buat jaga-jaga selama perjalanan via survival-mastery.com

Ketakutan terbesar cewek saat ingin melakukan traveling seorang diri adalah masalah keamanan diri. Korban kejahatan emang lebih dominan cewek. Jadi untuk jaga-jaga kamu bisa bawa barang untuk menghindar dari kejahatan, seperti pepper spray. Ditaruhnya di tempat yang mudah dijangkau ya. Jadi kalau ada apa-apa kamu bisa langsung menggunakannya.

13. Foto-foto di tempat wisata adalah hal wajib, jadi jangan lupa bawa tongsis yang ladies

Tongsis emang wajib! via zangstyles.com

Karena traveling harus ada buktinya, pastinya kamu bakal mengabadikan setiap momen sebisa mungkin. Pengen foto diri sendiri tapi gimana caranya? Selfie dong. Biar nggak perlu repot-repot minta tolong orang buat fotoin, bawa selfie stick aja alias tongsis. Kamu bisa foto dimanapun dan kapanpun sesukamu!

14. Jika kamu menginap di hostel, simpan kuncinya di dua tempat berbeda. Jadi kalau satu hilang, kamu nggak harus tidur di luar

Simpan kuncinya di tempat berbeda via hidfoterek.hu

Hal yang sepele tapi bisa bikin kamu stres saat traveling. Kehilangan kunci penginapan! Kebayang ‘kan? Nah, buat antisipasi, kamu bisa nyimpen kuncinya di tempat berbeda. Biasanya kunci yang dikasih sama petugas hostelnya ada dua, jadi kamu simpen satu di tas satu lagi di kantong. Jadi kalau hilang, kamu masih punya cadangan dan nggak bakal tidur di luar!

15. Saat kamu jalan-jalan dan tersesat jangan pasang muka panik atau langsung buka peta lebar-lebar!

Tetap tenang dan cari tempat duduk via libreshot.com

Traveling kadang nggak sesuai ekspektasi. Udah disiapin jauh-jauh hari, pas dilakuin eh ada aja yang nggak sesuai. Tersesat misalnya. Wajar sih, ‘kan tempatnya belum pernah kamu datengin. Nah, kalau hal ini kejadian sama kamu, jangan langsung panik dan pasang muka bingung atau bahkan buka peta selebar-lebarnya di tengah jalan. Keliatan banget kamu tersesatnya. Kalau ada yg nolongin ikhlas sih bagus, tapi kalau ada yang manfaatin? Jadi mending kamu tetap bersikap santai, cari tempat duduk atau kafe terdekat baru deh cari jalan keluarnya 🙂

16. Jangan biarkan tas jauh darimu, bawa ia kemanapun kamu pergi. Ke-ma-na-pun

Barang bawaan nggak boleh jauh-jauh dari kamu via www.spotahome.com

Tasmu adalah hidupmu. Jadi jangan biarkan dia jauh-jauh darimu. Apalagi lepas dari perhatianmu. Makanya, Bawa tas satu aja jadi kamu nggak susah bawanya kemana-mana.

17. Saat menggunakan kendaraan umum, pastikan bahwa ada penumpang lain di dalamnya

Usahakan agar menaiki kendaraan umum yang ada penumpang lainnya via onedslr.com

Di beberapa daerah, transportasi umum emang kadang nggak seaman yang kita sangka. Jadi, bagi kamu yang bepergian menggunakan transportasi umum, perhatikan dulu baik-baik sebelum naik. Lihat dulu apakah di dalam bus atau gerbongnya ada penumpang lain atau enggak. Semakin banyak semakin bagus, karena mengurangi peluang kejahatan.

18. Usahakan biar kamu nggak ketiduran saat di dalam kendaraan umum, nanti bangun-bangun barangmu hilang gimana?

Liatin pemandangan aja biar nggak ketiduran via cdn2.matadornetwork.com

Dan jika kamu menggunakan transportasi umum, sebisa mungkin jangan sampai ketiduran. Nggak sedikit loh traveler yang kehilangan barang di kendaraan umum saat ketiduran. Barang-barang berhargamu simpan di tempat yang aman dan pastinya dalam jangkauanmu.

19. Saat kamu menggunakan taksi, ingat plat nomornya. Jika perlu abadikan lewat gadget atau kameramu

Catat nomor plat mobilnya kalau perlu via static01.nyt.com

Mengingat plat nomor taksi yang kamu naiki juga perlu. Mana tau nanti ada barangmu yang ketinggalan. Kalau kamu nggak tau yang mana taksinya gimana cara kamu menghubungi taksi tesebut.

20. Jika kamu di jalan dan ngerasa nggak aman, pura-pura telpon seseorang dan bilang kamu akan segera sampai di sana

Berpura-pura itu kadang dibutuhkan 🙂 via www.zomm.com

Misalnya saat kamu di taksi atau di jalan dan kamu ngerasa insecure karena kamu sendiri, mending cobain cara satu ini. Pura-pura nelpon! Yaps, anggap aja kamu lagi nelpon seseorang terus bilang kamu sebentar lagi akan sampai. Jadi pura-puranya kamu udah janjian atau ketemu sama seseorang.

Semoga tipsnya membantu ya ladies agar kamu nggak insecure saat solo traveling! Yuk solo traveling, Girls!