6 Wisata di Kotagede yang Estetik & Banyak Spot Foto

Tempat wisata di Yogyakarta tuh memang nggak ada habisnya, deh. Belum kesampaian ke satu tempat, sudah muncul tempat baru lagi. Masing-masing daerah di kabupaten Yogyakarta juga punya wisata andalannya masing-masing.

Salah satunya, berbagai wisata di Kotagede yang memiliki banyak spot foto estetik dan instagramable. Kawasan ini terkenal sebagai sentra pengrajin perak di Indonesia, karena produknya sudah ada yang ekspor ke benua Eropa yaitu Belanda.

Dikutip dari CNN Internasional, Kotagede terkenal karena kerajinan peraknya yang berkualitas, banyak gang sempit yang unik, dan juga arsitektur yang fotogenik. Nah, kira-kira apa aja sih yang bisa dieksplor di gang sempit Kotagede?

ADVERTISEMENT

1. Rumah Rudi Pesik

Rumah Pesik adalah rumah yang dibeli oleh salah satu pengusaha bernama Rudi Pesik. Nuansa rumah ini kental banget sama arsitektur Jawa dan Eropa. Nggak cuma desainnya aja lo yang mewah, tapi koleksinya juga antik dan punya nilai seni yang tinggi. Isi dari rumah ini didominasi sama koleksi patung, wayang, dan juga keris.

Interiornya pun didominasi ukiran-ukiran khas Jawa dan Eropa membuat rumah ini sangat cocok untuk berwisata dan foto-foto. Setelah puas jepret sana dan sini, kamu juga bisa mengunjungi kedai kopi yang ada di samping gerbang rumah untuk sekadar bersantai.

ADVERTISEMENT

2. Masjid Gedhe Mataram

Masjid peninggalan Kerajaan Mataram ini adalah masjid yang tertua di Yogyakarta. Perpaduan arsitektur Islam dan Hindu membuat masjid ini terlihat unik. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto pranikah yang mengusung tema adat Jawa.

Nah, bagi kamu yang pengin liburan di Jogja dan berburu foto, kamu bisa banget nih mampir ke Masjid Gedhe Mataram untuk beribadah sekaligus mengabadikan foto di gapura masjid dengan latar tembok bata yang membuat nuansanya seperti sedang di pura.

ADVERTISEMENT

3. Between Two Gates

Spot foto unik ini letaknya nggak jauh dari Masjid Gedhe yaitu sekitar 50 meter aja. Gang sempit ini dinamakan Between Two Gates karena ada dua gerbang yang mengapit pendapa dan rumah-rumah joglo di kampung alun-alun.

Gang ini sebenarnya adalah ruang pribadi milik warga kampung, tapi boleh dilewati untuk umum sebagai bentuk kerukunan antarwarga. Setelah berkunjung ke Masjid Gedhe, kamu bisa melipir ke gang sempit ini untuk berfoto-foto ria.

ADVERTISEMENT

4. Langgar Dhuwur

Langgar dhuwur atau yang dalam bahasa Indonesia artinya musala tinggi ini adalah langgar milik keluarga yang ada di loteng atas beberapa rumah Jawa di Kotagede zaman dulu.

Tapi, saat ini cuma tersisa dua langgar di Kotagede yaitu di Boharen dan Jagalan. Nah, kalau kamu penasaran pengin lihat musala yang tinggi itu kayak gimana, habis dari Gang Soka kamu bisa langsung mengunjungi tempat ini.

ADVERTISEMENT

5. Masjid Perak

Masjid unik yang satu ini letaknya juga nggak jauh lo dari Gang Soka. Masjid ini didominasi dengan cat warna putih dan dipadukan dengan batu hias yang membuat masjid ini punya kesan megah dan kokoh.

Nah, sobat Hipwee bisa banget nih berkunjung ke sini untuk wisata religi dan juga berswafoto di spot foto yang unik. Salah satu spot yang sering dijadikan tempat foto yaitu area tangga yang berwarna hitam dipadukan dengan dinding berwarna putih yang memunculkan kesan clean looks dan elegan.

Baca juga: 9 Tempat Makan di Jogja Nuansa Alam Sawah yang Keren

ADVERTISEMENT

6. Situs Warungboto

Dulunya, Situs Warungboto ini adalah tempat singgah keluarga kerajaan sekaligus tempat pemandian karena ada sumber mata air di sekitar situ. Tempatnya cukup mirip dengan Taman Sari yang ada di kompleks Kraton Yogyakarta.

Situs ini punya arsitektur yang kokoh dan juga unik. Nggak heran kalau tempat ini juga jadi lokasi foto pranikah Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Kotagede Jogja yang memiliki spot foto keren dan estetik. Kalau kamu masih di sekitar Kotagede, jangan lupa mampir, ya!

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.