Membayangkan bisa berjalan-jalan menyusuri keindahan alam bawah laut Derawan, kecantikan sunrise di Bromo, atau mungkin mencicipi kelezatan kuliner Manado memang menyenangkan. Apalagi buatmu yang berasal jauh dari daerah tersebut, mendatangi tempat-tempat anyar tak pelak memberikan rasa bangga tersendiri.

Tapi pada kenyataannya, jalan-jalan gak harus jauh melanglang buana. Di kotamu sendiri, sebetulnya masih banyak tempat wisata yang bisa jadi belum terjamai. Spot liburan ini seringkali luput dari pandangan karena terlalu asyik berburu spot wisata yang berada jauh dari daerah asal.

Advertisement

Masih butuh alasan kenapa berlibur di kota sendiri tetap mengasyikkan dan memberi banyak keuntungan? Di artikel ini Hipwee akan memaparkan jawabannya.

1. Lucu bukan kalau sebagai tuan rumah kamu justru buta soal daerah sendiri? Bagaimana jika nanti ada kawan yang datang dan ingin diantar ke sana-sini?

jadi kenal sama kota sendiri

jadi kenal sama kota sendiri via www.telusurindonesia.com

Icil : Eh Gustin, lo asalnya dari Kebumen kan? Tahu pantai Karang Agung enggak? Bagus tuh pantainya

Gustin: Duh aku malah belum pernah ke sana

Icil: Yah masa pantai bagus gitu malah belum pernah di datangin. Padahal udah di bahas sama Hipwee loh!

Gustin : *kemudianmerasagagal*

Ya, mungkin kamu juga pernah terlibat dalam pembicaraan seperti contoh di atas. Ada orang yang bertanya tentang salah satu tempat wisata di kotamu yang sialnya tidak kamu tahu. Mereka yang notabene berasal dari luar daerah justru lebih khatam mengenai aneka tempat wisata yang ada di sana. Sebagai warga lokal tentu wajar jika kamu merasa gagal mengenali berbagai potensi wisata yang sesungguhnya ada di kota tercinta.

Advertisement

Nah kalau kamu rajin mengeksplorasi berbagai tempat wisata lokal, tentunya akan ada banyak tempat wisata daerah yang diketahui. Bahkan bukan tidak mungkin kamu menjadi sumber referensi kala sedang ada orang yang membutuhkan informasi tempat wisata yang dibutuhkan. Mengunjungi tempat wisata yang di sekitar kotamu sekali seminggu saja sudah cukup menambah pengetahuanmu tentang spot asyik yang bertebaran di sana.

2. Plesiran ke tempat-tempat eksotis yang yang jauh memang terlihat menyenangkan. Tapi kalau yang dekat saja belum dituntaskan, kenapa harus memilih tempat wisata yang jauh dari jangkauan?

ada yang dekat, ngapain jauh?

ada yang dekat, ngapain jauh? via ariadenta.wordpress.com

Bagi kamu yang tinggal di Magelang, sudah pernah belum melihat kecantikan sunrise di Punthuk Setumbu? Atau mungin bagi warga Pekalongan, apakah telah menuntaskan perjalanan ke Museum Batik yang menawan? Sebagai petualang sejati tentu bukan hal yang salah kalau kamu suka berplesir ke berbagai pelosok di Indonesia. Tapi kalau memang masih banyak tempat wisata di tanah sendiri yang belum disambangi ada baiknya kamu pergi ke sana terlebih dahulu.

Pergi bervakansi ke aneka kota di luar daerah memang mengasyikkan. Di sana kamu bisa mempelajari dan melihat berbagai kebudayaan yang berbeda dari yang ada di daerah asal. Tapi gak selamanya kok kamu harus terpaku dengan aneka tempat wisata yang lokasinya jauh dari tempat tinggal. Kamu dan teman-teman bisa pergi menyusuri berbagai surga tersembunyi terdekat yang dimiliki. Bukankah sangat menyenangkan bila kamu bisa berlibur di tempat yang tidak jauh dari daerah asal?

3. Wisata di kota sendiri juga dekat dengan penghematan. Tak perlu keluar uang banyak, kamu sudah bisa bersenang-senang

bisa llebih irit

bisa llebih irit via naikmotor.com

Ketika kita traveling ke luar kota, tentu yang perlu dipikirkan bukan hanya biaya masuk tempat wisata saja. Kita juga perlu memikirkan biaya transportasi dan juga penginapan. Dalam kegiatan berlibur, biaya transportasi dan penginapan adalah sumber pengeluaran terbesar. Nah untuk itu kalau kamu memang seorang traveler yang terbatas budget, berlibur di dalam kota bisa jadi solusi.

Kamu bisa menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil untuk bisa berkeliling kota. Kebutuhan bensinnya pun tidak sebesar kalau jika dibandingkan dengan menelusuri wisata di luar daerah Selain itu karena tidak perlu menginap, dengan cara ini kamu semakin bisa mengirit biaya yang dikeluarkan. Tentunya akan sangat menyenangkan kamu bisa berlibur tanpa perlu menguluarkan uang terlalu besar.

4. Bukan cuma mengejar kesenangan pribadi. Jalan-jalan di daerah sendiri  memungkinkanmu mengabarkan keelokan wisata pada khalayak luas yang bahkan belum tahu nama kotamu

promosi wisatamu

promosi wisatamu via home-surabaya.blogspot.com

Lambatnya perkembangan wisata di suatu daerah bisa jadi bukan hanya karena lemahnya perhatian pemerintah tapi juga karena terlalu sedikitnya orang yang datang berkunjung. Kamu tentu pernah melihat atau mungkin mendengar tempat wisata indah yang pada akhirnya ditutup karena terlalu sedikit orang yang datang ke sana. Karena itu sebagai seorang petualang kamu wajib hukumnya melestarikan aneka tempat wisata yang ada di daerah asalmu.

Beberapa tempat wisata yang belum populer sebelumnya, bisa sangat booming karena semakin banyak orang yang datang ke sana. Dengan kekuatan media sosial kini sebetulnya mempromosikan aneka tempat wisata lebih mudah dilakukan. Jika semakin banyak orang yang mengetahui tempat-tempat cantik yang berlokasi di daerah asalmu, maka kemungkinan untuk membuat tempat wisatamu terkenal juga semakin besar.

5. Kalau biasanya rencana berliburmu selalu terbentur dengan waktu yang di punya — wisata dalam kota membuatmu bisa berlibur kapan saja

waktu fleksibel

waktu fleksibel via eriek.com

Tidak hanya bisa menekan biaya, berlibur di dalam kota juga punya kelebihan yakni kesempatan untuk pergi dengan waktu yang lebih fleksibel. Kalau pergi ke luar daerah atau negeri kita tentu tidak bisa berangkat dengan waktu seenaknya saja. Selalu ada berbagai hal yang kita pertimbangan. Mulai dari sisa cuti bulan ini, liburan kuliah, atau mungkin hanya bisa memanfaatkan long weekend yang tersedia.

Sementara bila kamu pergi berwisata di dalam kota, waktu liburan bisa lebih mudah diatur. Kamu tidak perlu menyediakan waktu khusus hanya pergi berlibur. Begitu hasrat berlibur muncul, kamu pun bisa langsung pergi berkelana mencari suasana berbeda. Merilekskan pikiran setelah menjalani kesibukan sehari-hari dengan pergi berwisata adalah cara terjitu untuk membuka otak yang buntu.

6. Sering vakansimu tertunda karena terkendala izin orangtua? Manfaatkan berbagai destinasi di kotamu untuk memuaskan hasrat berlibur yang dipunya

liburan di kota asal 6

Keuntungan berlibur di dalam kota juga bisa kamu rasakan dari sisi lebih mudahnya mendapat izin dari orangtua. Biasanya nih kalau berlibur di daerah sendiri kekhawatiran yang dirasakan oleh ayah dan ibumu bisa lebih ditekan. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk meminta izin berplesir. Ya, cara ini mungkin bisa kamu lancarkan kala merindukan sebuah perjalanan.

7. Jika sudah khatam menjelajahi daerah sendiri bukan tak mungkin ide bisnis bisa dikembangkan dari sini. Jadi pemandu wisata atau malah merintis biro perjalanan amat mungkin kamu lakoni

liburan di kota asal 7

Dengan mengenal berbagai destinasi wisata yang ada kotamu, suatu saat nanti kamu jika ada teman atau keluarga yang berkunjung dan ingin berlibur kamu bisa menjadi tour guide bagi mereka. Kalau kamu sudah semakin hafal dengan berbagai spot menarik tersebut , selanjutnya kamu pun semakin bisa untuk menjadikannya sebagai lahan usaha.

Jika memang memungkinkan kamu dapat membuka berbagai usaha yang bisa mendatangkan laba. Mulai dari membuka jasa pemandu wisata, menyewakan kendaraan, atau rumah untuk para wisatawan, atau mungkin mengelola website yang khusus mengulas berbagai tempat wisata menarik yang ada kotamu. Selanjutnya dari sanalah kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Jalan-jalan ke luar daerah orang lain memang terasa lebih menyenangkan. Tapi sebetulnya tentu masih banyak tempat wisata daerahmu yang sangat menarik untuk ditelusuri. Nah mulai akhir pekan besok kalau memang sempat, rencanakan dong acara berpetualang mengunjungi aneka tempat wisata yang belum sempat dilihat sebelumnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya