Meskipun hukumnya gak wajib, foto prewedding kini jadi ritual yang umum dilakukan pasangan. Ada yang sengaja menyusun konsep prewedding secara khusus, namun ada pula yang sekadar kasual saja. Yang pasti, inti dari prewedding itu adalah momen dan kenangan yang kamu ciptakan.

Nah, di artikel kali ini Hipwee mau berbagi buat kamu yang sedang bingung memilih lokasi prewedding. Kali ini kamu akan dibawa berkeliling Kota Solo sambil mengenal spot-spot foto yang bakal terlihat apik di foto preweddingmu. Selain mudah dijangkau, berfoto di lokasi-lokasi ini juga gak butuh banyak biaya lho!

1. Kota Solo pastilah dikenal karena keraton-nya. Berfoto di sana bakal membuatmu merasa bak putra dan putri raja.

nuansa tradisional di Keraton Surakarta via s1247.photobucket.com

Keraton adalah ikon Kota Solo. Di tempat ini kamu bisa menikmati bangunan keraton yang megah dan indah. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga kurang lebih 10 ribu rupiah saja, kamu dapat berkeliling menikmati koleksi benda-benda kuno di museum hingga berfoto dengan prajurit penjaga keraton Surakarta.

Nah, khusus buat kamu yang mau foto prewedding, lokasi yang satu ini pas banget apalagi jika dipadukan dengan konsep pemotretan dengan nuansa etnik dan tradisional. Dijamin kamu bakal tampak bak putra dan putri raja.

2. Nuansa etnik bisa kamu dapatkan dengan melakukan foto prewedding di kawasan Ngarsopuro.

Advertisement

kawasan Ngarsopuro, Solo via sapasurya.blogspot.co.id

Kawasan Ngarsopuro memang sengaja digarap dengan apik oleh pemerintah Kota Surakarta. Di kawasan ini trotoar-trotoar dihiasi dengan lukisan, topeng, dan benda-benda unik lainnya. Siapapun yang datang ke sini dijamin “gatal” untuk segera berfoto. Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya atau bahkan gratis, kamu bisa langsung berpose di kawasan ini saat foto prewedding.

3. Ingin mengabadikan kenangan bersama alam? Lakukan sesi pemotretan di Taman Balekambang!

Taman Balekambang via freshsolo.wordpress.com

Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Solo, ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu dan arena memancing. Sementara, arena tamannya terdiri dari berbagai jenis pohon-pohon besar yang membuat arena taman ini sejuk dan asri. Berfoto prewedding di tempat ini pastilah jadi momen tak terlupakan, sekaligus tak menghabiskan banyak biaya lho!

4. Tempat-tempat bersejarah memang tak kalah memesona. Tangkap suasana magis a la zaman kolonial di Benteng Vastenberg.

sisa-sisa bangunan Benteng Vastenberg via lintasjaman.blogspot.co.id

Kota Solo juga terkenal memiliki banyak bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Benteng Vastenberg yang terletak di pusat Kota Solo ini. Sekilas mungkin terkesan biasa saja, tapi jika kamu menyambangi benteng ini, akan terasa suasana magis a la zaman kolonial. Sangat sesuai jika kamu memang ingin berfoto prewedding dengan konsep kuno, ya!

5. Buat kamu yang orang Solo asli, pasti sudah awam dengan Taman Sriwedari. Gak ada salahnya kok melakukan foto prewedding di lokasi ini.

Taman Sriwedari via mixedupalready.com

Yang satu ini pastilah sudah populer di kalangan orang Solo. Yup! Taman Sriwedari adalah salah satu landmark Kota Solo yang digunakan sebagai arena rekreasi keluarga. THR Sriwedari, Gedung Wayang Orang, dan Plaza Sriwedari adalah spot-spot keren yang bisa kamu pilih sebagai latar fotomu.

Tanpa perlu mengeluarkan biaya, kamu bisa langsung berpose di sekitaran Taman Sriwedari ini. Apalagi buat kamu yang punya kenangan masa kecil di taman ini, tentu melakukan sesi prewedding di tempat ini akan terasa lebih seru.

6. Mau berfoto dengan gaya kasual tapi tetap berkesan? Sambangi saja kawasan Kampung Batik Laweyan.

Kampung Batik Laweyan via www.creativefotografi.com

Kampung Batik Laweyan memang sudah tersohor di kalangan para wisatawan. Kampung batik ini biasanya jadi tujuan bagi para yang ingin berburu batik. Uniknya, kawasan ini punya nuansa tradisional yang kental. Dari mulai bangunan rumah hingga jalanan di sana tampak bernuansa etnik sehingga sangat apik dijadikan latar fotomu.

7. Suasana asri bisa kamu dapatkan di sini. Taman Satwa Taru Jurug jadi pilihan buat kamu yang juga suka sama binatang.

Taman Satwa Taru Jurug via www.solokota.com

Foto preweddingmu akan terlihat makin unik jika diambil di tempat ini. Ya, Taman Satwa Taru Jurug adalah lokasi yang cocok banget khususnya buat kamu yang menyukai binatang. Suasana alam nan asri bisa kamu temukan di sini. Sambil berinteraksi dengan binatang-binatang yang ada di kebun binatang Jurug, foto preweddingmu pastilah terlihat istimewa dan berbeda dari yang lainnya.

8. Gak cuma bisa buat belanja, Pasar Gede yang sudah jadi landmark Kota Solo pun apik sebagai latar foto preweddingmu.

Pasar Gede, Solo via syiwahoney.blogspot.co.id

Bangunan kuno dengan sentuhan nuansa Tionghoa dapat kamu temukan di kawasan Pasar Gede di Kota Solo ini. Meski ramai dengan penjual dan pembeli saat pagi dan siang hari, suasana Pasar Gede di malam hari sangatlah memesona.

Berfoto di depan bangunan utama Pasar Gede atau berpose di dekat tugu yang terletak di persimpangan jalannya pastilah menjadikan foto preweddingmu tampak istimewa. Menjelang Imlek, kawasan ini juga akan dipenuhi dengan hiasan-hiasan Imlek seperti lampion dan gapura yang apik.

9. Butuh lokasi prewedding yang gak ribet dan mudah dijangkau, langsung berpose saja di sekitaran kawasan nol kilometer dan Bank Indonesia.

kawasan 0 kilometer di Solo via www.flickr.com

Kawasan nol kilometer Kota Solo juga sangat disarankan buat kamu yang mencari lokasi foto prewedding. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, panorama di kawasan ini juga terbilang apik. Gedung-gedung tinggi seperti gedung Bank Indonesia serta lalu-lalang kendaraan bermotor juga bisa kok jadi latar apik buat fotomu.

10. Sekaligus memuaskan hasrta jalan-jalanmu, foto prewedding nan apik bisa kamu buat di Tawangmangu.

kebun teh Kemuning, Tawangmangu via www.creativefotografi.com

Kawasan Tawangmangu jadi rekomendasi buat kamu yang ingin berfoto prewedding di Solo. Meski letaknya jauh dari pusat kota alias sampai di Kabupaten Karanganyar, perjuanganmu mencapai tempat ini pastilah akan terbayar lunas.

Selain ada kebun teh, Grojogan Sewu, air terjun Jumog, dan arena perkemahan Sekipan tentu bisa jadi pilihan. Berfoto prewedding di kawasan ini juga bisa sekaligus memuaskan hasrat jalan-jalanmu. Sambil berfoto prewedding, kamu pun dapat menikmati panorama alam dan suasana pegunungan yang sejuk.

11. Ingin berfoto dengan latar candi juga boleh kok. Masih di kawasan Tawangmangu, ada Candi Sukuh dan Candi Cetho.

Candi Cetho di Karanganyar via kiranaphotography.com

Siapa bilang kamu gak bisa berfoto dengan latar candi saat di Solo? Tepatnya di daerah Karanganyar, ada dua candi yang populer dan jadi destinasi para wisatawan. Yup! Candi Sukuh dan Candi Cetho bakal terlihat apik jika dijadikan latar foto preweddingmu. Apalagi jika ditambah kostum bernuansa etnik tentu fotomu akan terlihat makin apik.

12. Berfoto di restoran favoritmu pun sah-sah saja. Tanpa perlu pergi jauh dan mengeluarkan banyak biaya, preweddingmu tetap terasa istimewa.

pilih konsep kasual di restoran via freshsolo.wordpress.com

Foto prewedding memang gak harus dilakukan outdoor atau di luar ruangan. Jika kamu tak punya banyak waktu atau ingin lebih praktis, pilih saja restoran favoritmu sendiri sebagai lokasi prewedding. Di Kota Solo terdapat beberapa restoran yang bisa dijadikan pilihan kok. Hanya perlu kostum kasual, kamu dan pasanganmu bisa membuat foto-foto yang tak terlupakan.

Nah, gimana? Berminat untuk melakukan foto prewedding di Kota Solo? Menyusun rencana terlebih dahulu meski belum ingin buru-buru menikah juga gak ada salahnya ‘kan? 🙂