Rekomendasi 5 Tempat Glamping di Sekitar Bandung, Buat yang Ingin Camping Nyaman dan Nggak Repot!

Tempat Glamping di Bandung

Sebagai salah satu tujuan pariwisata yang terkenal dengan alamnya, tentunya Bandung memiliki banyak tempat untuk menikmati hal tersebut. Salah satu kegiatan wisata menikmati alam yang bisa dilakukan di Bandung adalah camping atau berkemah. Melepaskan penat dan lelah di tenda sambil menikmati alam terbuka adalah hal yang menyenangkan. Selain itu camping juga bisa dijadikan sarana untuk kabur sebentar dari padatnya hiruk pikuk kota dan kendaraan.

Advertisement

Buat kamu yang enggak mau repot-repot menyiapkan tenda, alat memasak, dan persenjataan camping lainnya, kamu juga bisa memilih untuk melakukan glamping atau glamour camping. Tentunya Bandung enggak ketinggalan dong dengan trend ini, Bandung punya banyak spot glamping yang bisa kamu jadikan pilihan untuk staycation, mulai dari yang memiliki fasilitas bintang 5 sampai yang harganya terjangkau.

Nah ini beberapa tempat yang bisa SoHip datangi jika ingin menikmati glamping di sekitaran Bandung.

1. Glamping rasa hotel bintang 5 di Trizara Resort

Advertisement

Buat yang pertama adanya di daerah Lembang, namanya Trizara Resort. Karena letaknya berada di punggung bukit, maka penataan tempat glamping ini juga mengikuti landscape sekitar, yaitu berundak-undak. Tenda-tenda yang dibangun secara berundak bakal meyuguhkan pengalaman menginap yang asik, selain itu pemandangan yang bisa kamu saksikan juga indah, terlebih di pagi hari. Jika beruntung, kamu bahkan bisa melihat kabut turun menyelimuti tempat ini di pagi hari!

Untuk akomodasi jangan di tanya lagi. Pengunjung akan mendapatkan kenyamanan bintang lima walaupun tidur di bangunan berbentuk semi tenda. Fasilitas tendanya juga lengkap, ada ranjang empuk dengan selimut tebal, coffee dan tea maker, kamar mandi berdinding tebal dan jaringan internet nirkabel yang jaringannya juga cepat!

2. Menikmati Situ Patenggang dan kebun teh sambil glamping di Lakeside Glamping Rancabali by Glamping Legok Kondang

Advertisement

Camping enggak selamanya harus di tengah hutan atau pegunungan, pengalaman inilah yang dihadirkan jika kamu memutuskan untuk melakukan staycation di Lakeside Glamping Rancabali. Bukan cuma itu saja, selain menawarkan pemandangan danau Situ Patenggang, kamu juga bisa menikmati kebun teh yang berada di sekitaran tempat ini.

Selain view yang juara banget, tempat ini juga menyediakan kegiatan outdoor yang bisa dicoba oleh pengunjung. Beberapa di antaranya adalah tea walk, fun offroad, sampai bersantai di restoran berbentuk kapal pinisi yang unik dan instagramable pastinya. Oh iya, tempat yang berada di Situ Patenggang ini juga dekat dengan salah satu tempat wisata alam Kawah Putih yang terkenal itu lho!

3. Tidur dalam tenda berbentuk bawang di The Lodge Maribaya

Balik lagi ke sekitaran Lembang, tempat ini juga cukup terkenal sebagai salah satu spot wisata alam, glamping dan staycation. Namanya adalah The Lodge Maribaya, tempat yang telah berdiri sejak 2005 ini pada awalnya hanya menyediakan kegiatan outdoor saja, tetapi pada akhirnya mengembangkan bisnisnya dan membuka fasilitas glamping. Glamping di sini tempatnya unik lho! Kamu akan tidur di tenda yang berbentuk bawang, meskipun begitu fasilitas di dalamnya enggak kalah sama hotel. Kamu akan mendapatkan kasur, bantal, sleeping bag, colokan listrik, dan perlengkapan mandi.

Di The Lodge Maribaya, kamu bisa menikmati hutan pinus yang ada di sekitar tempat ini, lumayan buat jalan-jalan santai sambil kontemplasi atau berfoto. Selain itu di sini juga menyediakan beberapa kegiatan outdoor yang cukup unik dan tempat foto yang menarik, seperti bamboo sky, zip bike, atau valley swing.

4. Glamping sambil mengunjungi penangkaran rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Mungkin beberapa dari SoHip udah pernah mendengar soal tempat ini, Bumi Perkemahan Ranca Upas. Di antara tempat glamping yang udah disebutkan di atas, Ranca Upas adalah tempat yang menjadi perbatasan antara camping tradisional dan glamping yang lebih modern. Kamu bisa menyewa tenda dan seperangkat alat berkemah di sini, pengunjung bisa membangun tenda atau meminta bantuan pemandu untuk mendirikannya. Jika tempat glamping yang lain menyediakan tempat tidur, maka tidak dengan Ranca Upas, pengunjung harus tetap tidur menggunakan sleeping bag di dalam tenda, tapi tentu saja ada fasilitas-fasilitas lain yang akan didapatkan, seperti colokan listrik dan lampu penerangan. Oh iya, kamu juga enggak perlu menyiapkan peralatan ya, karena semuanya bisa disewa di tempat ini.

Jika ingin mendapatkan pengalaman camping yang autentik, kamu bisa membeli kayu bakar serta membangun api unggun di sini. Selain itu pemandangan Ranca Upas saat pagi hari juga bagus banget, karena kawasan ini berupa lahan terbuka yang di kelilingi perbukitan. Jika kamu mengunjungi Ranca Upas, jangan lupa mengunjungi penangkaran rusa yang berada di sini ya! Di penangkaran rusa ini, kamu bisa memberi makan dan berinteraksi dengan rusa-rusa jinak yang ditangkarkan di tempat ini!

5. Glamping sambil menikmati api unggun dan hutan pinus di Terminal Wisata Grafika Cikole

Nah tempat glamping yang terakhir adalah Terminal Wisata Grafika Cikole (TWG Cikole). Di sini kamu bisa memilih  untuk glamping dengan tenda VIP atau glamping yang lebih sederhana seperti di Ranca Upas. Untuk tenda VIP, selain tempat menginap pengunjung juga mendapatkan tempat duduk melingkar dan tempat untuk membuat api unggun. Menikmati api unggun di tengah perkemahan yang di kelilingi hutan pinus sambil bercerita atau main gitar, pastinya bakalan seru banget, apalagi kalau sama teman dan keluarga!

Karena lokasi ini juga juga diperuntukkan sebagai objek wisata, tentunya banyak kegiatan lain yang bisa SoHip lakukan sambil staycation di sini. SoHip bisa bermain flying fox, mengendarai ATV, bermain paint ball, atau memetik buah strawberry. Kalau lapar enggak usah bingung, di TWG Cikole juga ada beberapa restoran dengan makanan khas Sunda yang siap memuaskan perut pengunjung!

Gimana tertarik buat mencoba staycation di Bandung sambil mengisi liburan akhir tahun?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE