10 Tempat Wisata Populer di Indonesia yang Harus Tutup karena Virus Corona. Mending di Rumah Aja!

Tempat Wisata Ditutup karena Virus Corona

Indonesia sedang darurat virus Corona. Kebijakan untuk mencegah penyebaran virus ini adalah dengan meliburkan sekolah, menghimbau kerja dari rumah, dan menutup tempat umum dan tempat wisata. Meski masih ada saja yang memilih berlibur, namun sebaiknya kita semua menahan diri untuk liburan. Apalagi banyak tempat wisata yang sudah ditutup untuk sementara.

Advertisement

Setidaknya ada 10 tempat wisata populer di Indonesia yang ditutup untuk umum selama kurang lebih 14 hari ke depan. Mana sajakah yang sudah tutup? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja.

Ikon sekaligus simbol bangsa Indonesia, Monas, sudah ditutup akhir pekan lalu. Tak ada lalu lalang wisatawan di sana

monas ditutup via republika.co.id

Gubernur DKI Jakarta sudah mengawali penutupan 24 tempat wisata di Jakarta, termasuk Monumen Nasional. Monas sudah ditutup sejak tanggal hari Sabtu, tanggal 14 Maret lalu. Terdapat petugas yang berjaga di pintu masuk ke Monas.

Kota Tua Jakarta juga tak luput dari penutupan. Wisata yang cukup ramai di akhir pekan ini mendadak lengang setelah ditutup

kota tua sepi via jakarta.tribunnews.com

Imbas penutupan tempat wisata di Jakarta, Kota Tua pun juga terasa lengang dan sepi. Tidak ada aktivitas wisata yang terlihat di area ini.

Advertisement

Alun-alun Bandung juga ditutup per hari ini. Tempat ini adalah ruang publik di mana banyak sekali wisatawan yang berkunjung

alun alun bandung via www.travelndate.com

Walikota Bandung, Oded M. Danial memutuskan untuk menutup beberapa ruang publik di Kota Bandung. Salah satu ruang publik paling penting yakni Alun-alun Bandung yang biasanya dipadati masyarakat, juga akan ditutup untuk sementara waktu.

Museum KAA di Bandung juga akan ditutup sampai tanggal 28 Maret 2020

museum KAA via lifestyle.okezone.com

Sesuai surat edaran Gubernur Jawa Barat No.400/25/UM, Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berada di Kompleks Gedung Merdeka akan ditutup sementara pada 14-28 Maret 2020.

Gili Trawangan, Meno dan Air yang berada di Lombok juga akan ditutup untuk pembersihan pulau

gili meno via www.befreetour.com

Bali sudah terkonfirmasi pasien Covid-19 padahal arus pergerakan turis dari pulau Bali menuju Gili Trawangan cukup tinggi. Agar lebih aman, tiga gili yang paling populer di Lombok harus ditutup untuk semntara. Di pulau ini juga akan dilakukan upaya fogging dan penyemprotan cairan disinfektan agar lebih nyaman ketika dibuka kembali.

Advertisement

Masih di Bandung, Observatorium Bosscha juga ditutup untuk umum

observatorium bosscha via www.infobdg.com

Observatorium Bosscha yang terletak di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Bandung ini mengatakan penutupan untuk kunjungan publik sebagai tindakan preventif penyebaran lokal virus corona. Hal ini bisa dilihat dari website resminya di www.bosscha.itb.ac.id.

Taman Balekambang di Solo nggak luput dari penutupan. Hal ini karena ada kasus covid-19 di kota tersebut

taman balekambang via solo.korinatour.co.id

Berhubung ada kasus virus Corona yang terdeteksi Solo, maka beberapa tempat wisata di Solo juga ditutup. Salah satu tempat wisata di Solo yang harus ditutup adalah Taman Balekambang. Tempat ini selalu diramaikan warga terutama saat di akhir pekan.

Tak cuma Taman Balekambang, Museum Radya Pustaka juga ditutup untuk umum

museum radya pustaka via pariwisatasolo.surakarta.go.id

Ada banyak tempat wisata di Solo yang ditutup untuk umum pasca ditemukannya kasus Covid-19 di Solo. Salah satunya Taman Radya Pustaka.

Candi Borobudur ditutup terbatas di zona 1. Meski dibuka namun kamu tak bisa naik ke atas candi

candi borobudur via jowonews.com

Candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur, pun ditutup untuk umum di zona 1. Pengunjung tidak bisa naik ke atas candi. Namun masih bisa masuk kawasan Borobudur. Sementara itu, petugas membersihkan candi dengan cairan disinfektan.

Di Jawa Tengah, ada banyak destinasi wisata yang ditutup. Salah satunya adalah Museum Sangiran di Sragen

museum sangiran via phinemo.com

Museum Sangiran adalah museum yang berisikan diorama manusia purba yang ditemukan di Jawa. Tempat ini juga harus ditutup untuk umum karena mencegah penyebaran virus Corona.

Karena banyak tempat wisata yang ditutup, jadi sebaiknya di rumah dulu aja deh. Kurangi bepergian kalau tidak perlu ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE