Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata Ternate dan Tidore. Kalau Hipwee Travel langsung ingat pelajaran sejarah di bangku sekolah. Ternate & Tidore merupakan kerajaan muslim tertua di Indonesia yang dibentuk oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257. Ternate & Tidore mencapai kejayaannya di bawah kekuasaan Sultan Baabullah (1570–1583), dengan cakupan wilayah sebagian besar Indonesia bagian Timur dan bagian Filipina Selatan. Ternate menjadi produsen cengkeh terbesar pada abad ke-15 hingga ke-17.

Selain punya sejarah panjang yang mengagumkan, Ternate & Tidore juga punya alam yang luar biasa indah. Bahkan salah satu keindahan Ternate & Tidore diabadikan dalam pecahan uang Rp1000. Hipwee Travel sudah merangkum 9 destinasi wisata di Ternate & Tidore yang meliputi wisata alam, wisata sejarah, bahkan wisata religi. Yuk simak ulasannya.

1. Pantai Batu Angus di Ternate yang terletak di kaki Gunung Gamalama. Batu hitam bekas aliran larva Gunung Gamalama membuat pantai ini unik.

Pantai Batu Angus via fakhrianindita.com

Advertisement

Meskipun namanya pantai, tapi letaknya berada di kaki Gunung Gamalama. Ya, Ternate merupakan bagian dari tubuh Gunung Gamalama yang kakinya terbenam ke laut. Gunung Gamalama tingginya sekitar 1715 mdpl, dan 3000 m dari dasar laut. Disebut Pantai Batu Angus karena terdapat banyak batu hitam yang merupakan bekas aliran larva dari letusan Gunung Gamalama pada tahun 1600-an silam.

2. Danau Ngade yang berlatar pulau Maitara sangat instagramable sih. Pemandangan paling indah di Ternate

laguna ngade via www.instagram.com

Spot ini adalah destinasi terkece di Ternate. Danau yang berada di bawah itu sering disebut danau Ngade atau Laguna Ngade. Ada spot foto berupa anjungan maupun ayunan yang bisa kamu nikmati di sini. Pemandangan pulau Maitara di depan sadis sih.

3. Pantai Sulamadaha dan pasir putihnya. Selain main air di pinggir pantai, bisa juga sewa ban untuk main ke laut, atau sewa perahu kano dari nelayan.

kapal seolah melayang via djavavista.co.id

Pantai Sulamadaha punya pemandangan yang indah banget. Pantai ini menjorok ke darat sehingga membentuk seperti laguna. Untuk yang nggak bisa berenang bisa sewa ban, atau naik perahu kano milik nelayan setempat supaya bisa main lebih jauh di laut Pantai Sulamadaha.

4. Benteng Tolukko, benteng buatan Portugis dari tahun 1540. Bentuknya segi empat, tapi kalau dilihat dari atas konon bentuknya menyerupai alat kelamin pria.

Benteng Tolukko via alfinnaser.blogspot.com

Advertisement

Benteng Tolukko dibangun oleh Portugis pada tahun 1540. Uniknya, benteng ini dibangun dari campuran batu kali, batu karang, pecahan batu bata yang direkatkan oleh campuran kapur dan pasir. Benteng Tolukko berbentuk segi empat. Konon kalau dilihat dari atas, bentuknya menyerupai alat kelamin pria.

5. Kadaton Kesultanan Ternate punya banyak koleksi menarik, termasuk mahkota keramat. Konon nggak semua orang bisa lihat mahkota ini.

Kadaton Kesultanan Ternate via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Di Kadaton Kesultanan Tidore kita bisa melihat koleksi pedang, mahkota keramat, baju perang, piring-piring, dan masih banyak lagi. Katanya nggak semua orang bisa lihat mahkota keramat ini lho. Pemandangan di Kadaton Kesultanan Ternate juga cakep banget, ada latar belakang Gunung Gamalama di sana.

6. Pantai Fitu, pantai yang ada di lembarang uang Rp. 1000. Pemandangannya persis sama seperti di lembarang uang itu, indah banget.

Pantai Fitu dan pecahan uang Rp. 1000 via backpackerjakarta.com

Pantai Fitu adalah pantai yang ada di uang Rp. 1000. Letaknya di Desa Fitu, kira-kira 25 menit dari pusat Kota Ternate. Dari Pantai Fitu kamu bisa melihat pemandangan Pulau Maitara dan Pulau Tidore, persis seperti yang ada di uang Rp. 1000

7. Majid Al Munawar di pinggiran Kota Ternate. Masjid ini adalah salah satu masjid terapung di Indonesia di mana dari beranda masjid bisa lihat laut biru.

Masjid terapung, Masjid Al Munawar via irwan-prakoso.blogspot.com

Masjid Al Munawar merupakan salah satu masjid terapung di Indonesia. Letaknya di pinggiran Pulau Ternate, tepatnya di dekat Pelabuhan Bastiong. Masjid ini dibangun tahun 2003 dan bisa menampung 15000 jamaah. Dari beranda Masjid Al Munawar, kamu bisa melihat laut biru dan ikan warna-warni yang sedang menari-nari.

8. Benteng Toluha dan Monumen Spanyol yang merupakan bukti bahwa Bangsa Spanyol adalah bangsa yang pertama kali keliling dunia.

Benteng Tahula dan Monumen Spanyol via sarbanunarsyad.wordpress.com

Untuk mencapai Benteng Toluha, kamu harus mendaki kira-kira 10 menit. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan Kota Ternate dari atas. Di dekat Benteng Toluha ada Monumen Spanyol yang menjadi bukti bahwa Bangsa Spanyol adalah bangsa yang pertama kali keliling dunia. Di monumen itu ada tulisan ‘Primus Circumdedisti Me’, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ‘Yang Pertama Keliling Dunia’.

9. Air Panas Akesahu di Pulau Tidore. Berendam air panas sambil memandang laut biru di kejauhan.

Air panas Akesahu, Tidore via lilinuria.blogspot.com

Air Panas Akesahu terletak di Pulau Tidore. Sumber air panas ini letaknya persis di pinggir pantai. Kamu bisa berendam di kolam air panas ini sambil melihat laut biru di kejauhan. Nggak kalah lah sama onsen di Jepang.

Untuk mencapai Ternate, kamu bisa menggunakan pesawat. Rute penerbangan menuju Ternate ada dari Makassar dan Manado. Kalau mau lebih murah, juga tersedia kapal laut yang melayani rute menuju Ternate dari Sorong, Ambon, dan Manado. Jadi, kapan jalan-jalan ke Ternate dan Tidore?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya