Semua pasti setuju kalau libur panjang itu menyenangkan. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau tanpa harus terikat waktu. Yang nggak kalah menyenangkan adalah, kita bisa pergi dari rutinitas sehari-hari yang sering menyiksa diri. Tapi entah kenapa, rasa sedih dan malas terkadang muncul tiba-tiba ketika harus kembali ke rutinitas setelah libur panjang.

Kamu pasti pernah merasakan ini kan? Fenomena ini dinamakan Post Vacation Blues. Perasaan semacam itu wajar dan hampir dialami semua orang. Untuk membantumu keluar dari masalah, kali ini Hipwee Travel mau berbagi tips mengatasi Post Vacation Blues itu. Yuk disimak biar rasa sedih dan malasmu itu hilang. Semoga semangat kerjanya juga bisa tumbuh lagi.

1. Buang rasa malasmu itu dengan memperbanyak bergerak dan lakukan aktivitas yang bermanfaat.

Jangan malas-malasan terus! via www.bustle.com

Advertisement

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak bergerak, misalnya dengan berolahraga. Olahraga akan membuat badan dan pikiranmu segar. Kalau sudah begitu, suasana hati juga pasti akan membaik. Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang sederhana. Misalnya, membersihkan rumah yang kotor setelah lama ditinggal liburan. Jangan tiduran melulu!

2. Kumpul-kumpul bareng teman bisa dilakukan biar kamu cepat move on dari keseruan di masa liburan.

Kumpul bareng teman emang menyenangkan via www.psychologytoday.com

Biar kamu cepet move on dan semangat kerjamu tumbuh lagi, kamu bisa kumpul-kumpul bareng teman terdekat. Kumpul dengan mereka akan bikin pikiranmu nggak lagi terfokus sama kenangan liburan. Fokusmu akan teralihkan ke cerita-cerita yang mereka bagikan. Siapa tau cerita yang mereka bagikan bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi buat kamu untuk menumbuhkan semangat kerja lagi.

3. Menulis catatan harian bisa membuang rasa bosan sekaligus membuat perjalananmu semakin berkesan.

Tulislah catatan harian biar liburanmu makin berkesan via artzray.com

Cara lain yang bisa bikin rasa malasmu hilang adalah dengan meulis catatan perjalanan selama liburan. Nggak perlu mikir susah-susah, kamu bisa tulis catatan itu di banyak medium. Mulai dari di buku tulis, di smartphone, atau di sosial media biar semua teman-temanmu baca. Cara ini dijamin bisa bikin momen liburanmu nggak cuma terasa sekarang, tapi akan terkenang selamanya.

4. Memajang foto perjalanan di meja kerjamu bisa membuat seakan-akan kamu masih dalam masa liburan.

Pilihlah foto-foto terbaik untuk dipajang via www.buzzfeed.com

Advertisement

Menghilangkan suasana santai setelah liburan panjang memang nggak gampang. Nah, supaya bisa kerja sambil tetap menikmati sisa-sisa kenangan saat liburan, kamu bisa mencetak foto-foto liburanmu di meja kerja. Dengan cara ini, kamu bisa merasakan sensasi dan keseruan saat liburan tanpa harus mengganggu keseriusanmu dalam bekerja. Pilihlah foto-foto terbaik, biar pemandangan di meja kerjamu semakin menarik.

5. Kamu menemui banyak pengalaman baru selama liburan. Coba terapkan pengalaman itu dalam keseharian.

Memasak adalah cara terbaik menghilangkan bosan via www.splendidtable.org

Daripada cuma tidur-tiduran dan bermalas-malasan, lebih baik kamu menerapkan pelajaran dan pengalaman yang kamu dapat sepanjang liburan. Misalnya, kamu bisa belajar menenun sederhana seperti yang dilakukan perajin kain tenun yang kamu temui di Flores sana. Atau, kamu juga bisa meniru resep membuat gudeg super enak seperti yang banyak dijual di Jogjakarta. Ini bisa jadi salah satu cara untuk mengusir rasa malas.

6. Ubah pola pikirmu! Liburan itu kan cuma selingan. Bekerja itu adalah kewajiban untuk memenuhi kebutuhan.

Yuk semangat kerja lagi!

Hal terpenting dalam mengatasi rasa malas setelah libur panjang adalah pola pikir. Ingatlah teman-teman, liburan itu cuma selingan, sedangkan bekerja adalah kewajiban.Jangan dibalik ya! Liburan jangan dijadikan pelarian. Kamu berlibur sebagai selingan dan hiburan di balik banyaknya pekerjaan. Jadikan setiap pengalaman yang kamu dapat sepanjang liburan sebagai motivasi. Dengan cara ini, harusnya kamu semakin semangat mencari rejeki.

7. Setelah move on dari liburan panjang kemarin, baru lah kamu merencanakan perjalanan seru berikutnya.

Kapan-kapan rencanakan liburan lagi via plus.google.com

Kalau sudah bisa move on dari liburan panjang dan mulai terbiasa dengan rutinitas kantor lagi, saatnya kamu merencanakan liburan lagi di lain hari. Agenda semacam ini bisa jadi pelecut supaya semangat kerja dan kualitas kerjamu meningkat. Kamu juga semakin termotivasi untuk mencari rejeki tambahan untuk memenuhi segala kebutuhan. Jadi, selanjutnya mau ke Raja Ampat atau Pulau Komodo nih?

Itulah tadi tujuh tips sederhana untuk mengatasi Post Vacation Blue. Yuk semangat mencari rejeki, biar kapan-kapan bisa liburan lagi. Selamat beraktivitas!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya