Hidup di zaman sekarang itu serba mudah. Hal-hal yang dulu nggak mungkin bisa jadi terlaksana dengan bantuan teknologi. Tempat-tempat yang awalnya tidak terjangkau pun saat ini bisa kita datangi. Nggak heran makin banyak orang yang berpergian untuk mengeksplor hal-hal baru. Selain dapat pengalaman menarik, traveling dengan bantuan teknologi bisa bikin hidup lebih mudah.

Sebagai traveler, wajib hukumnya kamu menginstall aplikasi-aplikasi yang akan memudahkan perjalananmu ke tempat tujuan. Apa saja sih aplikasi yang harus kamu miliki di smartphonemu? Nih, Hipwee Travel bakalan kasih rekomendasi beberapa aplikasi ini buat menemanimu jalan-jalan, segera install sebelum mulai perjalanan ya!

1. Daripada mati gaya kejebak macet, pantau kondisi lalu lintas dengan Waze

Waze ini adalah software navigasi yang menggunakan GPS untuk melacak kondisi lalu lintas dalam perjalananmu. Lewat Waze, pengguna jalan terhubung dengan pengguna jalan lainnya dan bisa aktif berperan mengabarkan kondisi jalan. Misalnya ada kecelakaan, banjir, penutupan jalan, atau hal-hal lainnya yang mengganggu lalu lintas, informasi tersebut akan muncul di Waze.

Dengan aplikasi ini, banyak waktu yang bisa dihemat di perjalanan karena kamu bisa menghindari area macet dan mencari alternatif jalan lainnya. Waze ini sangat berguna di kota besar yang padat dan kondisi lalu lintasnya susah diprediksi.

2. Nggak ada lagi cerita ketinggalan pesawat. Lacak status penerbanganmu dengan Flight Tracker

Advertisement

Flight Tracker via flightaware.com

Berpindah tempat dengan transportasi pesawat tentunya sering membuat deg-degan mengejar jadwal. Agar kamu bisa mengetahui status penerbanganmu, atau status penerbangan kerabat yang ingin dijemput di bandara, gunakan aplikasi Flight Tracker.

Selain informasi status penerbangan, aplikasi ini juga bisa membantumu melacak detai penerbangan seperti gate, terminal, rute, dan estimasi waktu delay.

3. Walau nggak punya personal assistant, ada TripIt yang bisa mengatur rencana perjalananmu

Merencanakan itinerary perjalanan sebelum berangkat bisa jadi agenda tersendiri yang makan waktu lama. Belum lagi kalau kamu orangnya teledor dan suka lupa sama hal-hal kecil. Detail-detail penting perjalanan mungkin bisa terlewat olehmu.

Dengan menginstall aplikasi TripIt, segala keremponganmu bisa lebih terogranisir kok. TripIt akan berfungsi sebagai asisten pribadi yang akan mengatur aktivitas dan jadwal perjalananmu.

4. Jangan sampai ada yang tertinggal. Aplikasi Todo akan membantumu mengingat dan melakukan!

Saking banyaknya agenda yang ingin kamu lakukan, atau barang yang ingin kamu beli untuk oleh-oleh, kadang kamu jadi lupa sendiri dan melewatkan beberapa hal.

Solusinya adalah membuat catatan lengkap berbentuk checklist, seperti yang ditawarkan oleh apliaksi Todo ini. Begitu selesai melakukan satu hal, kamu bisa mencentangnya dan menandai bahwa satu misi selesai!

5. Jangan lupa mengabadikan cerita dalam jurnal perjalanan lewat aplikasi Evernote

Selain mencatat to-do list, kamu juga perlu menuangkan catatan perjalanan yang berisi hal-hal menarik yang kamu temui. Tak perlu ribet membawa buku dan pena untuk menulis, kamu bisa melakukannya di perangkat ponselmu.

Evernote adalah salah satu aplikasi note yang memungkinkanmu mencatat, menggambar, menyimpan artikel web, sampai menyimpan foto yang sesuai dengan catatanmu. Evernote juga bisa tersinkron dengan emailmu sehingga bisa diakses di berbagai perangkat handphone, laptop, dan PCmu.

6. Sedia payung sebelum hujan, sedia AccuWeather sebelum perjalanan!

Berpergian ke tempat yang jauh dari daerah asalmu berarti siap-siap beradaptasi. Tantangan pertama yang akan kamu hadapi tentunya adalah cuaca, karena ia berpengaruh terhadap kesehatan, pilihan pakaian, maupun rencana perjalananmu berikutnya.

Coba install AccuWeather untuk mengetahui prakiraan cuaca lokasi tujuanmu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan informasi lain yang ingin kamu ketahui, seperti angin, kelembaban, tekanan, dan yang lainnya.

7.  Agar jalan-jalan lancar, gunakan Citymapper – Real Time Transit untuk informasi transportasi publik di kota tempatmu berada

Jika kamu berpergian ke kota-kota besar, biasanya mereka sudah memiliki sistem pemetaan transportasi publik. Pilihan transportasi KRL atau busway bisa jadi pilihan berpindah tempat dalam kota. Dengan aplikasi Citymapper, kamu bisa menemukan rute transportasi publik yang kamu butuhkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui jarak yang akan kamu tempuh dan kalori yang akan kamu bakar jika berjalan kaki sampai tujuan.

Dengan begitu, kamu bisa dengan lebih bijaksana memutuskan, mau naik kendaraan publik atau jalan kaki aja yaaa?

8. Walau sedang dalam perjalanan, ibadah jangan sampai tertinggal. Muslim Pro kudu diinstall nih

Muslim Pro via www.fone3.com

Bagimu yang Muslim, beribadah tentunya tetap jadi prioritas utama walau sedang dalam perjalanan. Lokasi baru biasanya akan membuatmu bingung untuk menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk sholat.

Dengan aplikasi Muslim Pro, segala kebingungan ini bisa teratasi. Dilengkapi dengan fitur jadwal sholat yang otomatis menyesuaikan dengan lokasi tempatmu berada, serta arah kiblat yang tepat, jadi nggak ada alasan untuk ninggalin sholat kan guys. Apalagi, kamu juga bisa akses ayat-ayat Qur’an buat dibaca lewat aplikasi ini.

9. Bagi rata pengeluaranmu dengan teman-teman sekelompok perjalanan. Splitrr yang cermat bisa sekaligus membantumu menghemat

Splittr via www.microsoft.com

Biasanya, perjalanan yang dilakukan dengan berkelompok memang bisa bikin momen seru-seruanmu lebih rame. Sampai tiba waktunya bertemu dengan pengeluaran yang ditanggung bareng. Kamu mungkin jadi bingung gimana caranya membagi pengeluaran tersebut sama rata.

Sepakati dengan teman-temanmu untuk menggunakan Splittr. Aplikasi ini bisa membantumu mengelompokkan pengeluaran selama traveling. Setelah dikelompokkan, kamu pun bisa membaginya dengan teman-temanmu agar ongkos perjalanan bisa ditanggung bersama.

10. Cerita perjalananmu layak jadi buku. Kompilasi foto-fotomu dengan Blurb, dan abadikan memorimu di sini

blurb via megaicons.net

Di penghujung perjalanan, tiba saatnya kamu pulang. Tentunya dengan segudang cerita dan memori yang terabadikan lewat foto-foto. Agar kenanganmu lebih manis lagi, coba jadikan kumpulan foto itu dalam bentuk buku. Aplikasi Blurb akan membantumu mendesain buku fotomu sendiri, dan mendesainnya sesuai yang kamu inginkan.

Jika memang menarik, kamu bahkan bisa mendistribusikan dan menjualnya. Pasti banyak yang sudah tidak sabar menunggu-nunggu buku cerita perjalananmu!

Aplikasi-aplikasi ini bisa dengan mudah ditemukan di Google Playstore Android atau Apple Storemu. Jika ingin layanan yang lebih canggih lagi, kamu bisa mengupgrade aplikasimu ke layanan berbayar. Dijamin hari-hari travelingmu akan makin easy like Sunday Morning~