7 Destinasi Wisata di Kalimantan yang Wajib Masuk List Liburanmu, Nggak Cuma Identik Sama Hutan!

Traveling ke Kalimantan

Apa sih yang terlintas di benak kamu saat mendengar Pulau Kalimantan? Mungkin sebagian akan menjawab hutan yang luas hingga alamnya yang masih sangat natural. Nggak salah kok kalau di benak kamu langsung terpikir itu, memang nyatanya nama-nama tadi sangat identik dengan salah satu pulau terbesar di Indonesia ini.

Advertisement

Namun, sebenarnya ada banyak banget loh spot wisata anti-mainstream yang bisa kamu nikmati di pulau terbesar ketiga di dunia ini. Mulai dari bukit dengan panorama mengagumkan, gua zaman prasejarah, hingga hamparan pasir putih dengan pemandangan pantai yang memikat.

Nah, sebagai referensi kamu liburan, Hipwee punya beberapa rekomendasi tempat wisata alam yang bakal hits di Kalimantan nih. Yuk temukan jawabannya sama-sama di sini!

Jika ingin melihat danau indah dengan air yang sangat jernih bagaikan cermin, Danau Labuan sudah pasti jawabannya

Advertisement

Danau Labuan jadi salah satu objek wisata air yang nggak kalah hits dengan Pulau Derawan. Air biru yang jernih di sekelilingi hamparan rindangnya pepohonan, membuat Danau Labuan punya daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Lokasi wisata ini sendiri dikelola langsung oleh masyarakat Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk. Di sini kamu bahkan bisa melihat deretan bebatuan di bawah danau saking jernihnya. Ada dua pilihan bagi kamu yang ingin menikmati wisata ini. Pertama, kamu bisa meluncur langsung berenang menikmati air birunya atau hanya sekadar melihat dari tepi danau, karena dalam Danau Labuan ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul.

Advertisement

Danau Labuan jua dikenal memiliki dua rasa, yakni asin di permukaan dan tawar di dasarnya. Gimana, kamu tertarik untuk berkunjung?

Bukit Kelam bisa jadi pilihan untuk menikmati wisata alam eksotis yang simpan banyak misteri

Salah satu wisata ikonik di Sintang, Kalimantan Barat ya Bukit Kelam. Sama seperti namanya spot destinasi ini memang menyimpan banyak misteri. Namun di balik namanya yang nggak akrab dengan telinga wisatawan, Bukit Kelam menyajikan beragam pemandangan menakjubkan yang layak kamu coba.

Di sepanjang jalan menuju Bukit Kelam kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam seperti kebun sawit, pisang dan karet. Dijamin deh kamu akan dibuat terus terbangun sampai menuju lokasi. Akses jalannya juga termasuk baik karena dilapisi aspal. Namun, jalanan yang naik turun seperti lewati bukit membuat pengendara mesti hati-hati.

Konon katanya Bukit Kelam terbentuk dari batu yang diangkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Beji. Tujuannya pendekar raksasa ini ingin menutup persimpangan antara Sungai Kapuas dan Melawi. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa Bukit Kelam adalah meteor yang jatuh ke bumi pada masa lalu. Hal itu juga dimungkinkan karena adanya batu dengan bentuk yang lebih kecil di area sekeliling kaki bukit kelam.

Terlepas dari segala mitos dan kisah misteri, tidak sedikit loh traveler yang naik ke puncak Bukit Kelam. Dalam perjalanan menuju puncak, kamu pun akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan.

Liburan ke Kalimantan nggak afdol kalau melewati sensasi tawar-menawar di Pasar Terapung Muara Kuin

Katanya, kalau kamu ingin mengamati aktivitas dan bercengkrama langsung dengan masyarakat lokal, datanglah ke pasar tradisionalnya. Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kamu akan menemukan pasar unik dengan beragam barang yang dijual terutama makanan. Bukan di bangunan permanen dengan los-losnya, melainkan di atas jukung atau perahu di sungai Kuin.

Penjual dan pembeli di pasar terapung ini biasa bertransaksi sampai dengan jam 9 pagi. Makanya, kalau mau menikmati serunya pasar terapung, kamu gak boleh malas bangun pagi. Dengan kelotok atau perahu kayu bermotor, kamu bisa berbelanja berbagai hasil bumi seperti sayur dan buah, souvenir, maupun berburu menu kuliner.

Menikmati hamparan padang savana hijau di Bukit Rimpi Pelaihari. Bukit teletubbiesnya Indonesia yang terkenal sejuk dan asri

Bukit Rimpi ini wajib banget jadi salah satu spot yang masuk daftar liburan kamu saat ke Kalimantan. Di sini kamu bisa menikmati hamparan savana hijau seperti film teletubbies itu loh. Cocok untuk kamu yang ingin mengejar spot foto menarik hingga latar belakang untuk pre-wedding.

Nggak jarang di bukit ini kamu juga akan menemukan gerombolan hewan ternak yang sedang mencari makanan. Nah, untuk menuju lokasinya kamu dapat memulai dari Banjarmasin berjarak sekitar 65 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor selama 2 jam. Kondisi jalan menuju lokasi ini juga cukup bagus, beraspal halus meskipun di beberapa titiknya kadang berlubang. Harga tiket juga nggak terlalu menguras kantong, hanya dengan Rp10.000 kamu sudah mendapat fasilitas berupa tiket masuk, toilet dan waktu sepuasnya mengeksplor tempat ini. Bagaimana, kamu tertarik untuk berkunjung?

Rumah Jomblo Banjarbaru, destinasi bagi pecinta fotografi. Nggak harus datang sendiri kok~

Wisata yang satu ini cocok banget untuk pecinta fotografi, pasalnya gambar yang dihasilkan bakalan anti-mainstream. Posisi objek rumahnya menjulang seorang diri di atas tebing alhasil spot destinasi yang letaknya tepat di belakang komplek perumahan Perum Graha Praja Idaman ini dijuluki rumah jomblo.

Kamu juga bisa mengambil gambar dari bawah dengan posisi langkap agar menunjukkan kesan yang luas namun terfokus dengan objek. Sore menjelang malam jadi waktu yang pas banget untuk kamu datang ke sini sekaligus menikmati senja dengan latar belakang yang nggak cuma identik dengan hutan.

Rumah Jomblo ini juga disebut sebagai Rumah Satu atau Rumah Sangkut. Menurut warga setempat, rumah ini berdiri sejak 2008 dan mulanya dibangun sebagai tempat peristirahatan tukang yang menggali tanah sekitar untuk dijadikan perumahan.Namun karena bentuknya yang fotogenik beberapa tahun belakangan jadi ramai traveler yang berusaha mengabadikan momen di Rumah Jomblo Banjar.

TNPT jadi rekomendasi wisata sambil mengenal kekayaan flora dan fauna

Nggak afdol rasanya kalau ke Kalimantan namun harus melewati khasnya wisata Taman Nasional dengan sederet kekayaan floranya. Di sini kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari mulai sungai hingga pepohonan rindang yang mengelilingi.

Kamu juga bisa belajar da lebih mencintai fauna, karena salah satu wisata konservasi ini juga merupakan rumah bagi delapan jenis primata, termasuk monyet yang memiliki hidung panjang (bekantan) atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan monyet Belanda.

Kamu juga bisa menyusuri sungai di Taman Nasional ini, menggunakan perahu yang disediakan, dijamin jadi salah satu momen yang nggak bisa dilupakan.

Tutup perjalan wisatamu dengan mengunjungi wisata paling hits di Kalimantan, apalagi kalau bukan Pulau Derawan

Kepulauan Derawan namanya sudah nggak asing ya di telinga kita, letaknya sendiri ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini kamu bisa menikmati hampai pasir putih dengan pantai berwarna biru. Derawan juga terkenal dengan objek wisata baharinya yang menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Tercatat lebih dari 870 jenis biota laut yang hidup di tempat ini seperti kura-kura raksasa, ikan pari, duyung, lumba-lumba, barakuda, ubur-ubur stingless bahkan ikan hiu Derawan menjadi ciri khas dari pulau yang terletak di ibu kota baru Indonesia ini.

Nah bagaimana rekomendasi yang Hipwee berikan. Ada yang jadi incaran kamu untuk liburan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE