Eksotisme Gili Trawangan sudah terdengar sampai ke mancanegara. Siapa sih yang gak kepengen mendatangi surga di Utara Lombok, NTB, ini? Hamparan pasir putih di pantainya yang menawan, panorama bawah lautnya yang luar biasa, dipadu dengan langitnya nan biru sudah gak perlu diragukan lagi.

Nah, kalo tertarik berlibur ke sana, kamu bisa melakukan trip ke Gili Trawangan-Lombok selama seminggu ala backpacker hanya dengan sejuta rupiah. Gak percaya? Dua teman saya, Anggodaka Sartika dan Deby Riyanda, membagikan pengalaman mereka saat traveling ke Gili Trawangan.

1. Untuk menghemat biaya transportasi, pilih jalur darat yang irit tapi lama.

Naik kereta biar irit

Naik kereta biar irit via trainwagon.blogspot.com

Advertisement

Untuk mencapai Lombok, kamu bisa mengandalkan jalur darat dan ferry biar pengeluaran transportasimu ke sana gak membengkak. Buat kamu yang dari Jakarta, bisa menumpang KA Gaya Baru Malam tujuan Surabaya Gubeng yang tarifnya 55 ribu lalu disambung naik bus ekonomi dari terminal Purabaya Bungurasih tujuan Padang Bai Bali yang tarifnya 50-70 ribu.

Sementara, kalo dari Yogyakarta, kamu tinggal naik KA Sri Tanjung sampai Stasiun Banyuwangi Baru, lalu disambung bus dari Gilimanuk ke Padang Bai. Tapi, harap diingat, tarif KA Ekonomi naik per 1 Januari 2015.

Sampai di Pelabuhan Padang Bai, kamu bisa menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok, dengan kapal Ferry. Sampai di Lembar, kamu masih harus ngangkot dua kali untuk mencapai pelabuhan Bangsal, lalu naik public boat untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Perjalanan Jogja–Gili Trawangan setidaknya menghabiskan waktu 1,5 hari. Jadi, siapkan staminamu.

2. Manfaatkan penginapan harga backpacker di Gili Trawangan.

Penginapan murah di Gili Trawangan.

Penginapan murah di Gili Trawangan. via diditpharm.blogspot.com

Advertisement

Di Gili Trawangan, ada sejumlah penginapan murah yang menyediakan kamar yang nyaman dengan harganya berkisar antara Rp80.000 sampai Rp200.000, tergantung sedang low atau peak season. Fasilitasnya pun bervariasi, ada yang menggunakan kipas angin dan AC. Rata-rata semuanya menyediakan kamar mandi dalam dan bisa dihuni 2 orang. Oh iya, sebaiknya cari penginapan yang sudah termasuk sarapan biar gak bingung cari makan di pagi hari.

Di Lombok, kamu bisa menginap di Lombok Tengah. Dengan mencari penginapan di Lombok Tengah, kamu bisa mengakses pantai-pantai di sekeliling Lombok dengan mudah. Di sekitar Kuta banyak penginapan murah yang kisaran harganya sama dengan di Gili Trawangan.

3. Makan murmer di Gili Trawangan

Pasar malam Gili Trawangan.

Pasar malam Gili Trawangan. via footprintsonthemap.org

Nah, di sini ada sejumlah tempat makan yang asik. Tapi, lewatkan saja kalo kamu niatnya traveling ngirit, soalnya di sini rata-rata mahal. Untuk makan siang, kamu bisa makan di warung makan lokal dengan bujet 10-20 ribu. Biar lebih yakin, mendingan tanya harga dulu.

Sementara untuk makan malam, kamu bisa makan di pasar malam. Ada banyak banget penjaja makanan murah di sini, mulai dari seafood, nasi goreng, nasi campur, sampai jajanan seperti popcorn. Siapkan bujet mulai dari 20 ribu untuk makan di sini.

4. Lalu, naik apa untuk jalan-jalan keliling Gili Trawangan?

Buat jalan-jalan keliling pulau, kamu bisa menggunakan moda transportasi gratis: jalan kaki! Ya, Gili Trawangan itu gak terlalu besar; kamu bisa mengelilingi pulau dalam beberapa jam saja. Kekurangannya: capek dan membuang waktu. Tapi, ini ‘kan Gili yang punya pantai-pantai indah, jadi kenapa enggak?

Di Gili Trawangan, kamu gak akan menemukan kendaraan bermotor. Kalo malas jalan kaki, alternatifnya kamu bisa menyewa sepeda yang tarifnya Rp15.000 per jam atau Rp50.000 sehari penuh. Di sini juga ada alat transportasi khas Gili, yaitu cidomo, kereta berbentuk unik yang ditarik kuda.

Keliling Lombok. Untuk mencapai tempat-tempat wisata asik di pulau Lombok, sebaiknya kamu menyewa sepeda motor aja. Dengan tarif 50-60 ribu per hari, kamu bisa dengan mudah mengakses tempat-tempat uyang ingin kamu kunjungi.

5. Hal-hal yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan dan Lombok tanpa harus membuat kantung kering.

a. Jalan-jalan keliling pulau Gili Trawangan.

Jalan-jalan keliling pulau

Jalan-jalan keliling pulau via www.liocooper.com

Gili Trawangan adalah tempat yang tepat buat melepas penat. Memang gak banyak destinasi wisata di pulau kecil ini, tapi di sini kamu bisa mendapatkan ketenangan yang jauh dari hiruk-pikuk kota besar. Berjalan-jalanlah menjelajahi pulau, bisa dengan jalan kaki, naik sepeda, atau naik cidomo. Nikmati pantai yang mempesona dan udara bersih yang bebas dari polusi kendaraan bermotor. Kalo mau, kamu juga bisa singgah di pulau-pulau sekitar Gili Trawangan menggunakan perahu.

b. Berburu sunrise dan sunset.

Berburu sunrise dan sunset

Berburu sunrise dan sunset  / Foto: Angga dan Deby. via twitter.com

Ukuran pulau yang kecil dan pantainya yang super keren bisa kamu manfaatkan untuk memburu sunrise dan sunset untuk diabadikan dalam foto. Saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat Bali dan Puncak Rinjani dari kejauhan, lho. Jadi, jangan lupa persiapkan kameramu dan bangun pagi.

c. Diving dan snorkeling.

Snorkeling di Gili Trawangan

Snorkeling di Gili Trawangan via zulfikaralex.com

Gili terkenal dengan eksotisme bawah lautnya yang menawan. Kalo kamu memiliki lisensi menyelam, manfaatkan dengan mengeksplorasi diving spot yang ada di sekitar pulau. Kalo kamu gak punya lisensi menyelam, gak usah kuatir, kamu masih bisa snorkeling meski gak pandai berenang. Jangan sia-siakan kesempatan berfoto bareng penyu juga, ya!

d. Menikmati malam di Central.

Menikmati malam di Gili

Menikmati malam di Gili via janahordy.wordpress.com

Ketika senja menjelang, daerah Central atau pasar seni yang membelah permukiman di Gili Trawangan mulai ramai oleh hingar-bingar kehidupan malam. Ada sejumlah kafe, resto dan bar di sepanjang jalan ini. Selain itu, berjajar juga sejumlah penjual cinderamata khas Lombok, seperti kain tenun dan songket Lombok.

Buat kamu penggemar kuliner, makan street food di pasar malam adalah pilihan tepat. Selain harganya murah, kamu bisa menemukan beragam makanan mulai dari yang mahal sampai yang sekelas warung tenda.

e. Wisata pantai dan air terjun di Lombok.

Pantai Senggigi, Lombok

Pantai Senggigi, Lombok via fotowisata.com

Pulau Lombok memang gak seramai Bali, tapi di sini juga terdapat pantai yang gak kalah indah. Kamu bisa menyambangi Pantai Senggigi, Selong Belanak, Mawun, Tanjung Aan, serta Kuta. Selain wisata pantai, kamu juga bisa mendatangi tempat wisata Air terjun Sindang Gila di Desa Senaru.

6. Contoh itinerary buat kamu yang mau jalan-jalan ke Gili Trawangan & Lombok.

Deby dan Angga

Deby dan Angga via twitter.com

Nah, teman saya Angga dan Deby bersedia menyingkap itinerary perjalanan mereka selama ke Gili Trawangan Agustus 2014 lalu, disertai dengan rincian perkiraan biaya yang dikeluarkan selama trip. Itinerary ini mereka susun berdasarkan sejumlah referensi dan sumber. Siapa tahu bisa menjadi bahan untuk menyusun itinerary-mu sendiri.

Itinerary Yogyakarta-Lombok

Hari/Tanggal

Waktu

Kegiatan

Biaya

Hari ke 1

Jogja-Bali
28 Agustus 2014
07.20-20.07Berangkat dari Lempuyangan turun di stasiun Banyuwangi Baru. Langsung ke Pelabuhan Ketapang jalan kaki ±500 meter.50.000
20.37Naik Ferry menuju pelabuhan Gilimanuk. Ada 24 jam. Berangkat tiap 1 jam sekali. Waktu perjalanan 45 menit–1 jam.6500
22.37 WITASampai Pelabuhan Gilimanuk, Langsung ke Terminal Gilimanuk.
22.42 WITASampai Terminal Gilimanuk. Nunggu bis ke Pelabuhan Padang Bai.
01.12 WITANaik bus Jurusan Gilimanuk ke Padang Bai. Waktu perjalanan 4–5 jam.50.000
Total Pengeluaran106.500

Hari ke 2

Gilimanuk, Padang Bai, Lembar, Terminal Bertais, Bangsal, Gili Trawangan
29 Agustus 2014
06.12 WITASampai Pelabuhan Padang Bai Bali
08.00Naik Ferry ke Pelabuhan Lembar Lombok. Lama perjalanan 4-5 jam.40.000
12.30Sampai Pelabuhan Lembar Lombok. Naik angkot menuju Terminal Bertais>> Langsung ke pintu keluar dan menuju ke pertigaan dari pintu keluar dan mencari angkutan yang ada di luar pel. Lembar seharga Rp.10.000 atau Rp 15.000(harga normal) menuju ke terminal Bertais/Mandalika (Mataram).15.000
13.30Sampai Terminal Bertais. Naik Enkel/L300 Jurusan Tanjung menuju Pelabuhan Bangsal. Turun di perempatan Pamenang.15.000
Lanjut Naik cidomo sekitar 200 meter menuju Pelabuhan Bangsal. Bisa jalan kaki ±15menit.5.000
15.00Sampai Pelabuhan Bangsal. Naik publik boat ke Gili Trawangan. Tiket 13000. Retribusi pelabuhan 2500.15.500
16.00Sampai Gili Terawangan.Sewa penginapan.200.000
Istirahat, jalan-jalan, makan di art market! Survey ke counter snorkeling.
Total Pengeluaran290.500

Hari ke 3

Gili Trawangan, Meno, dan Air
30 Agustus 2014
Pagi butaCari sunrise!
08.00Siap-siap snorkeling. Tarif 100.000-120.000. Cari yang include makan siang.120.000
SoreLiat sunset di Sunset Point.
MalamJalan-jalan sekalian cari makan di Warung Sasak.
Total Pengeluaran120.000

Hari ke 4

Senggigi – Lombok Tengah(Kuta, Tanjung Aan, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak)
31 Agustus 2014
08.00Kapal ke pelabuhan Bangsal.15.500
09.00Ke Senggigi naik taksi ±80.00040.000
11.00Ke Lombok Tengah (terminal Praya). Nginep sekitar Kuta.200.000
15.00Jalan-jalan ke Tanjung Aan, Pantai Mawun, Kuta, Selong Belanak. Sewa motor+biaya masuk pantai.65.000
Total Pengeluaran320.500

Hari ke 5

Jalan-jalan ke Lombok Timur(Pantai Cemara, Tanjung Ringgit, Pantai Pink)
1 September 2014
07.00-soreSarapan terus sewa motor, jalan-jalan ke Lombok Timur(Pantai Cemara, Tanjung Ringgit, Pantai Pink).65.000
MalamBalik penginapan.

Hari ke 6

Perjalanan menuju Lembar-Padang Bai-Gilimanuk-Ketapang-Jogja
2 September 2014
Pagi jam 8Check out. Menuju pelabuhan Lembar.50.000 (estimasi)
13.00Sampai pelabuhan Lembar. Nyebrang menuju Padang Bai. Estimasi 4-5jam50.000
18.00Sampai pelabuhan Padang Bai. Naik bus menuju terminal Gilimanuk, 4-5 jam.50.000
23.00Sampai pelabuhan Gilimanuk naik ferry menuju pelabuhan Ketapang.6500

Day 7

3 September 2014
00.00Sampai Banyuwangi naik KA Sri Tanjung tujuan Jogja.50.000
06.30Naik KA Sri Tanjung menuju Jogja.
19.00Sampai di stasiun Lempuyangan Yogyakarta.
Total Pengeluaran Day 6&7156.500
Estimasi biaya makan selama di Gili Trawangan dan Lombok:4 x50.000/hari200.000

TOTAL BIAYA

1.194.000

  • Tarif-tarif yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Untuk antisipasi, sebaiknya kamu tidak membawa uang terlalu mepet. Siapkan dana cadangan setidaknya 30% dari total bujet.

Nah, itu dia kiat-kiat, itinerary dan anggaran untuk melakukan trip selama seminggu ke Gili Trawangan dan Lombok, dengan rincian: 2 malam di Gili Trawangan dan semalam di Lombok. So, mulai nabung yuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya