Wellness Tourism Makin Digemari, Pulau Nusa Dharma Bali Dikembangkan Jadi Kawasan Yoga dan Meditasi

Wellness tourism Bali

Wellness tourism, atau pariwisata kebugaran yang melibatkan kegiatan fisik, psikologis atau spiritual semakin diminati sejak pandemi Covid-19. Salah satu contoh praktik wellness tourism adalah mengunjungi suatu destinasi untuk melakukan yoga atau meditasi.

Advertisement

Nah, baik di Indonesia maupun dunia, sepertinya belum ada satu tempat yang mengkhususkan diri sebagai destinasi wellness tourism. Melihat peluang itu, Pulau Nusa Dharma yang terletak di kawasan The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali akan dikembangkan jadi pulau yoga dan meditasi karena dinilai potensial.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan ke Nusa Dua

Sebelum istilah wellness tourism benar-benar ngetren, Pulau Nusa Dharma yang memiliki luas sekitar tiga hektar ini memang kerap digunakan untuk aktivitas kebugaran. Dengan pengembangan yang akan diteruskan oleh The Nusa Dua, artinya pulau ini ke depannya hanya akan digunakan untuk kegiatan yoga. Hal ini diharapkan dapat ikut mendongkrak kunjungan ke Nusa Dua.

“Kami berharap ke depannya Pulau Nusa Dharma dapat dikenal sebagai kawasan kegiatan yoga dan meditasi, yang nantinya akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Nusa Dua, khususnya dalam meningkatkan kunjungan wellness tourism,” kata Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita dilansir Antara, Senin (21/6/2021).

Advertisement

Upaya untuk mengenalkan Pulau Nusa Dharma sebagai pulau yoga dan meditasi sudah mulai dilakukan. Terbaru dengan menggelar Hari Yoga Internasional ke-7 oleh Konsulat Jenderal India Bali bersama The Nusa Dua yang dikelola PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC, dan Yog Mantra Bali pada Minggu (20/6/2021) kemarin.

“Kami berterima kasih kepada The Nusa Dua dan Yog Mantra Bali atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan kepada pihak konsulat dalam menyelenggarakan kegiatan ini di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Konsul Jenderal India Bali, Prakash Chand.

Advertisement

Sejak enam tahun terakhir Konsulat Jenderal India Bali telah bekerja sama dengan komunitas yoga di Bali untuk memperingati Hari Yoga Internasional. Tujuannya mempromosikan kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan dan perdamaian melalui yoga yang dalam bahasa Sanskerta berarti “penyatuan”.

Beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi di Nusa Dua

Selain bisa menjajal wellness tourism di Pulau Nusa Dharma, kamu juga bisa menyambangi pelbagai destinasi menarik di kawasan Nusa Dua. Beberapa di antaranya seperti semburan air laut yang spektakuler Water Blow Nusa Dua, Pantai Geger yang dikenal sebagai surganya rumput laut, hingga menjajal pengalaman bak Iron Man dengan menunggangi flyboarding di Pantai Tanjung Benoa.

Buat yang ingin merasakan pengalaman bawah laut, bisa menyambangi Bali Seawalker di Tanjung Benoa. Di sana kamu bisa berjalan-jalan di bawah permukaan air dengan pemandangan ikan-ikan yang lucu. Nggak harus bisa berenang untuk menjajal atraksi ini, karena kamu benar-benar hanya perlu berjalan di bawah air dengan mengenakan helem khusus.

Berminat menyambangi Nusa Dua untuk wellness tourism dan liburan ke destinasi andalan lainnya? Apapun rencana perjalananmu, pastikan mengutamakan protokol kesehatan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE