Padang. Kalau denger kata ini pasti kamu langsung ingat nasi padang yang lezatnya diakui hampir seluruh penduduk dunia kan? Hayo ngaku! Padahal sebenernya, nggak cuma nasi padang aja yang layak jadi soroan. Keindahan alam Padang juga layak dibahas!

Mungkin kamu pernah mendengar nama Bukittinggi, kota cantik sekitar 100 km dari Kota Padang. Bukittinggi ini punya landscape perbukitan yang luar biasa cantik. Kota ini bisa dibilang naturally fotogenic. Jadi ya memang Bukittinggi ini manjain mata banget. Kali ini Hipwee Travel merangkum 7 destinasi paling cantik di Bukitinggi. Siap-siap eyegasm ngebayangin cantiknya Bukittinggi ya.

Jam Gadang, ikon Bukittingi yang letaknya di pusat kota. Kembarannya Big Ben di London, Inggris nih.

Bukittingi emang identik dengan Jam Gadang. Ikon bukittinggi ini terletak di pusat kota Bukittinggi. Penginapan dan hotel juga terpusat di area ini. Jam Gadang ini unik karena mesinnya kembar dengan Big Ben di London. Big Ben sendiri juga jadi ikonnya London. Mesin jam buatan Jerman ini cuma ada 2 di dunia, di Bukittingi dan di London.

Advertisement

Nasi kapau, ayam pop, rendang. Makanan wajib kalau kamu jalan-jalan ke Bukittinggi.

Nasi Kapau paling terkenal nih via wiranurmansyah.com

Siapa yang meragukan lezatnya masakan minang? Rendang dinobatkan jadi makanan paling enak se-dunia. Di seluruh penjuru Indonesia warung nasi padang nggak pernah kehabisan pelanggan. Tapi di Padang dan Bukittinggi jangan nyari warung nasi Padang ya. Kamu nggak bakalan nemuin. Yang ada warung nasi kapau. Jualannya ya masakan minang yang kaya rempah dan pasti lezat pake banget. Di sinilah tempat lahirnya ayam kapau untuk pertama kalinya di dunia. Bukittinggi.

Museum rumah kelahiran Bung Hatta yang membuat wawasan kita makin kaya. Bisa belajar banyak tentang Bung Hatta di sini.

Museum Bung Hatta via gpswisataindonesia.info

Tahu dong siapa Bung Hatta, salah satu proklamator RI. Kota kelahiran dan masa kecil Bung Hatta adalah di Bukittingi. Di Museum Kelahiran Bung Hatta kita bisa belajar tentang Bung Hatta, tentang masa kecilnya, tentang semangatnya, tentang nasionalismenya untuk Indonesia, dan tentang sifat paling menarik dari Bung Hatta, bijak.

Ngarai Sianok, lembah sempit yang dikeliling bukit-bukit bertebing curam. Pemandangannya indah banget dan wajib nonton sendiri biar paham.

ngarai sianok via www.pegipegi.com

Advertisement

Ngarai Sianok merupakan lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam. Di tengahnya ada aliran sungai kecil. Pemandangannya bagus banget, sampe sulit dijelasin lagi pake kata-kata. Padahal sebenernya Ngarai Sianok ini bagian bumi yang patah, turun, dan membentuk jurang yang curam. Keren emang alam Indonesia ini.

Air Terjun Lembah Anai. Tinggal melipir dikit dari jalan raya, kita dibikin sibuk mengaga saking indahnya.

Air Terjun Lembah Anai via www.indonesiakaya.com

Air Terjun Lembah Anai ini enak banget dicapai karena lokasinya persis di pinggir jalan. Tapi sebenernya air terjunnya total ada 7. Kalau mau lihat 6 lainnya ya mesti trekking jalan kaki. Air terjun yang ada di pinggir jalan aja udah bikin menganga saking indahnya, gimana yang mesti trekking coba.

Kebun Binatang Bukittinggi, Benteng Fort de Kock Belanda, dan Jembatan Limpapeh. Bonus pemandangan landscape Bukittingi yang indah dari jembatan.

Jembatan Limpapeh via www.dinilint.com

Kebun Binatang Bukittingi, Benteng Fort de Kock (benteng Belanda), dan Jembatan Limpapeh ini berada di satu area. Kebun binatang dan benteng dihubungkan dengan jembatan. Dari jembatan ini pemandangannya istimewa. Dari sini kita bisa melihat landscape kota Bukittingi dengan latar belakang gunung.

Lobang Jepang dan Taman Panorama. Bisa masuk ke dalam lobang bawah tanah sepanjang 6 km, atau menikmati pemandangan di taman panorama.

Taman Panorama dengan pemandangan Ngarai Sianok via www.dinilint.com

Lobang Jepang adalah salah satu lobang terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya mencapai 6 km. Lobang ini dibangun pada masa penjajahan Jepang. Lobang ini menghubungkan beberapa tempat di Bukittinggi, salah satunya di Taman Panorama dan Benteng Belanda. Kalau masuk perlu bayar guide dan akan keluar di pintu yang lain. Kalau Hipwee Travel lebih suka nogkrong di Taman Panorama-nya dan puas-puasin lihat pemandangan Ngarai Sianok yang menawan.

Gimana, banyak tempat wisata yang indah kan di Bukittinggi? Yuk agendain liburan ke sana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya