6 Lokasi Wisata Jakarta yang Kurang Jadi Tujuan, Hidden Gem Pengetahuan yang Terlewatkan

Wisata Jakarta yang sering terlewatkan

Wisata Jakarta yang sering terlewatkan itu banyak banget. Maklum, Jakarta sebagai ibu kota yang ruwet dan padat menyimpan banyak hal untuk dijelajahi. SoHip bisa melakukan berbagai kegiatan di sini, mulai dari city tour, wisata kuliner, wisata budaya, hingga mengunjungi objek wisata yang sedang hits dan instagramable di Jakarta.

Advertisement

Saking banyaknya lokasi dan objek wisata untuk dijelajahi, terkadang ada beberapa tempat wisata Jakarta yang terlewatkan, bahkan terlupakan. Padahal tempat-tempat yang terlewat ini nggak kalah keren sama objek wisata yang lagi hits, selain itu kamu juga bisa banyak dapat wawasan dan pengetahuan baru dari tempat-tempat ini. Hipwee memberikan kamu 6 lokasi wisata di Jakarta yang terkadang terlewat oleh orang-orang, padahal tempat-tempat ini nggak kalah keren dan menarik lho!

Melihat benda langit dan belajar tentang tata surya serta rasi bintang di Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta yang terletak di Cikini ini adalah satu dari sedikit tempat yang menjadikan tata surya, luar angkasa, dan planet sebagai salah satu atraksi utamanya. Di sini kamu bisa melihat replika planet-planet di tata surya, fenomena-fenomena yang terjadi di langit, atau fenomena yang terjadi di luar angkasa lengkap dengan informasi dan visualisasi yang menyertainya.

Advertisement

Tetapi atraksi utama dari Planetarium Jakarta terletak di sebuah ruang teater. Pada ruangan ini, kamu dapat melihat simulasi planet, konstelasi bintang, hingga fenomena di luar angkasa yang diproyeksikan melalui sebuah visualisasi besar di atap auditorium ini. Hal ini nggak sebatas visualisasi aja, tapi kamu juga akan ditemani  dengan suara narator yang menjelaskan tiap-tiap kejadian yang di proyeksikan sebagai penambah informasi.

Galeri Nasional buat kamu anak artsy yang ingin menikmati kumpulan karya seni asli seniman Indonesia dari jaman dulu sampai yang kontemporer

Advertisement

Mungkin ini adalah tempat tersembunyi yang mulai terangkat pamornya belakangan ini. Galeri yang terletak di depan stasiun Gambir ini memiliki beragam koleksi seni, mulai dari lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, hingga seni kriya dan instalasi. Koleksi ini juga bukan dari seniman sembarangan, Galeri Nasional memiliki koleksi dari seniman ternama mulai dari Raden Saleh, Affandi, Basoeki Abdullah, dan banyak lainnya.

Galeri Nasional membagi ruang pamerannya menjadi 2, yaitu galeri permanen yang menyimpan koleksi milik Galeri Indonesia dan galeri temporer yang pamerannya berganti-ganti sepanjang tahun. Selain itu Galeri Nasional juga menampilkan banyak karya seni lain, misalnya performance art, screening film/video, lomba, hingga workshop. Buat SoHip yang ingin melihat ragam karya seniman Indonesia dari yang tradisional, hingga modern dan kontemporer, kamu harus banget datengin tempat ini.

Menikmati pagelaran kebudayaan dan edukasi kebudayaan di Galeri Indonesia Kaya

Buat SoHip yang kepengen mempelajari tradisi dan kebudayaan Indonesia dengan cara yang lebih modern mungkin bisa mendatangi Galeri Indonesia Kaya. Galeri yang terletak di Mall Grand Indonesia ini adalah sebuah ruang edutaiment tentang kebudayaan. Tempat yang digagas oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini menyediakan  banyak bentuk kebudayaan nusantara, mulai dari alat musik, mainan tradisonal, baju adat, hingga informasi tentang kuliner, pariwisata, dan kebudayaan.

Selain itu tempat ini juga memiliki sebuah auditorium yang biasa digunakan untuk pertunjukan kebudayaan dari seniman Indonesia, seperti tarian, teater, hingga pertunjukan musikal. Salah satu event rutin yang diadakan di tempat ini adalah kompetisi tarian tradisional tahunan bernama Indonesia Menari. Oh iya, untuk masuk ke tempat ini kamu enggak akan dipungut biaya kecuali memang acaranya yang mengharuskan ya!

Di Taman Mini Indonesia Indah, ternyata ada sebuah akuarium air tawar terbesar di Asia lho, namanya Taman Akuarium Air Tawar TMII

Mungkin SoHip akan lebih familier dengan dua akuarium lain di Jakarta, yaitu Jakarta Aquarium & Safari dan Sea World Ancol. Tetapi sebenarnya akuarium ini nggak kalah menarik dan berbeda dengan dua akuarium lainnya, ini adalah akuarium air tawar! Taman Akuarium Air Tawar yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah ini adalah akuarium biota air tawar terbesar kedua di dunia dan terbesar di Asia lho!

Di sini kamu bisa melihat banyak koleksi ikan air tawar serta ekosistem air tawar yang ada di Indonesia. Bukan cuma itu aja, akuarium ini juga menyimpan banyak koleksi ikan air tawar dari belahan dunia lain, jadi nggak terbatas spesies yang ada di Indonesia aja. Selain sebagai tempat melihat koleksi ikan air tawar, ternyata Taman Akuarium ini juga menangkarkan dan membudidayakan koleksinya lho. Ini dilakukan sebagai sebuah upaya konservasi yang dilakukan oleh Taman Akuarium Air Tawar.

Mungkin buat yang ingin jadi fashion designer, kamu bisa mengunjungi Museum Tekstil untuk menambah perbendaharaan kain asli Indonesia

Museum yang berlokasi di dekat stasiun Tanah Abang ini sejatinya banyak menyimpan berbagai hal-hal menarik, tetapi sepertinya museum ini jarang disorot atau dibicarakan. Padahal akses ke museum ini termasuk mudah dan berada di pinggir jalan. Museum ini menyimpan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kain dan tekstil di Indonesia.

Kamu bisa melihat berbagai macam kain khas Indonesia, mulai dari tenun, batik, ikat, hingga rajut. Selain itu kamu juga di suguhkan dengan berbagai macam koleksi alat-alat yang dipakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan tekstil, mulai dari alat tenun, alat anyam, hingga kebun berisi tumbuhan pewarna alami. Kamu bisa belajar membatik di tempat ini, selain itu museum tekstil juga menerima restorasi kain lawas/tradisional.

Sunda Kelapa dan Museum Bahari, tempat yang mencatat kejayaan maritim Nusantara, tetapi mulai dilupakan

Replika kapal pinisi koleksi Museum Bahari | Foto oleh Olobaho via commons.wikimedia.org

Museum Bahari adalah salah satu museum yang seringkali terlupakan, padahal museum ini adalah salah satu museum yang menyimpan sejarah bahari Indonesia dengan lengkap. Kamu bisa melihat berbagai jenis perahu dari seluruh Indonesia. Enggak cuma itu aja,  di sini juga ada meriam-meriam peninggalan zaman dahulu hingga diorama-diorama situasi laut/kejadian bahari di Indonesia.

Enggak jauh dari Museum Bahari, SoHip bisa menemukan Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang masih beroprasi ini dulunya adalah pelabuhan utama yang digunakan jika ada kapal yang ingin berlabuh di Batavia. Kamu bisa melihat jajaran kapal pinisi di sini, yang sampai sekarang masih beroperasi sebagai sarana transportasi barang melalui laut.

Nah gimana SoHip? Tempat-tempat ini di atas banget lho kamu jadiin destinasi wisata jika sedang mengunjungi atau ingin berkeliling di Jakarta. Malah tempat ini termasuk yang anti mainstream dan tidak begitu ramai, tetapi tetap menawarkan petualangan yang seru dan asik!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE