Muncul dalam Film, 11 Destinasi ini Jadi Populer dan Diincar Wisatawan. Ada di Indonesia Juga, lo!

Wisata lokasi film

Wah, keren banget tempatnya~”

Advertisement

Mungkin kamu sering mengucapkan komentar tersebut saat tengah menonton film yang menampilkan latar pemandangan atau arsitektur yang indah. Saat melangkahkan kaki keluar dari bioskop pun, kita bisa jadi masih membayangkan tempat yang muncul dalam film yang baru saja kita tonton.

Latar tempat memang menjadi salah satu hal penting dalam dunia film. Ada film yang latar tempatnya dibuat sendiri menggunakan berbagai properti (set) atau menggunakan kecanggihan teknologi. Ada juga film yang menggunakan lokasi asli di dunia nyata. Film animasi pun banyak terinspirasi dari lokasi yang ada di dunia, loh. Tak jarang, berbagai lokasi yang digunakan untuk syuting pun mendapatkan popularitas dari film tersebut. Nah, ini dia 12 lokasi syuting yang kini bisa banyak dikunjungi wisatawan!

1. Pulau Tengkorak atau Skull Island dalam film King Kong (2005) ternyata berlatar Pulau Mursala di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, lo

Pulau Mursala, tempat syuting film King Kong via www.goodnewsfromindonesia.id

Terletak di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, pulau ini memiliki air terjun esksotis setinggi 40 meter yang langsung mengarah ke samudra. Konon, air terjun yang berasal dari luberan danau tersebut dulunya adalah tempat main Putri Randuk.

Advertisement

2. Hogwarts dalam serial Harry Potter sebenarnya merupakan Kastil Alnwic yang terletak di Northumberland, London

Kastil Alnwick, Hogwarts-nya Harry Potter via onestepwanderer.com

Kastil ini digunakan sebagai sekolah sihir dalam film pertama dan kedua serial Harry Potter. Di sini, kamu juga bisa belajar naik sapu terbang loh, hihi.

3. Kepikiran deh, padang rumput luas di film Jurassic World atau Jumanji itu di mana ya? Rupanya, para tokoh jagoan kita berlarian di Kualoa Ranch, sebuah cagar alam dan peternakan di Oahu, Hawaii

Kualoa Ranch, Hawaii sebagai lokasi syuting Jurassic World via unsplash.com

4. Kota berbenteng Aït Benhaddou di Maroko jadi salah satu tujuan wisatawan karena menjadi lokasi syuting banyak film, seperti The Mummy (1999) dan Gladiator (2000)

Aït Benhaddou, Maroko; edited via unsplash.com

Wilayah yang dihuni suku asli Maroko ini juga muncul dalam serial TV Game of Thrones sebagai Kota Yunkai. Kota Aït Benhaddou juga termasuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO, loh.

5. Film garapan Christopher Nolan, Dunkirk (2017), ternyata mengambil lokasi di titik paling utara Prancis

Lokasi syuting Dunkirk via www.instagram.com

Para wisatawan bisa mengunjungi hampir semua tempat yang ada di film tersebut. Salah satunya, Malos-Les-Bains yang jadi latar banyak adegan film Dunkirk yang memenangkan 3 penghargaan Oscar pada tahun 2018 lalu.

Advertisement

6. Set film Distrik 12 yang merupakan distrik tempat Katniss dalam The Hunger Games (2011) ternyata masih ada hingga sekarang! Letaknya di Henry Mill Village

Distrik 12 dalam The Hunger Games | Credit photo (right): Instagram @henryrivermillvillage via www.romanticasheville.com

Awalnya, lokasi ini telah benar-benar ditinggalkan pada 1997, setelah kebakaran yang melanda penggilingan . Kini, desa ini terdaftar dalam tempat bersejarah nasional di Amerika Serikat. Desa yang terletak di Carolina Utara, Amerika Serikat ini juga diadakan tur sejarah dengan topik Hunger Games di dalamnya!

7. Masih terbayang panggung tari Mia dan Sebastian di planetarium dalam film La La Land (2016)? Planetarium tersebut adalah bagian dari Griffith Observatory, Los Angeles

Observatorium Griffith via unsplash.com

Observatorium yang juga jadi lokasi syuting The Terminator ini bisa dikunjungi secara gratis. Eh, kalau mau nonton pertunjukan planetariumnya, jangan lupa bayar ya!

8. Ingat tempat tinggal masa kecil Luke Skywalker di Tatooine dalam serial Star Wars? Set yang berlokasi di Matmata, Tunisia tersebut kini jadi hotel lo!

Hotel Sidi Driss di Matmata, Tunisia via www.flickr.com

Set yang awalnya ditinggalkan ini dikenal sebagai Lars Homestead dalam serial Star Wars. Berlokasi di Matmata, Tunisia, lokasi ini dibangun kembali pada tahun 2000 untuk syuting Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002) dan dikenal dengan nama Hotel Sidi Driss

.

9. Kerajaan Arendelle dalam film garapan Disney, Frozen (2013) ternyata terinspirasi dari Kota Bergen di Norwegia

Bergen, Norwegia | Credit photo: MAO YUQING & @nathanvdg via unsplash.com

Penggambaran kerajaan Anna dan Elsa dalam film Frozen terutama terinspirasi dari Dermaga Bryggen, dermaga tua di Kota Bergen. Sejak 1979, dermaga ini telah tercatat sebagai salah satu situs warisan UNESCO. Mirip kan sama Kerajaan Arendelle?

10. Penggemar berat trilogi Lord of The Rings wajib berbahagia. Kini, dunia dalam film kesukaanmu bisa kamu temukan di Hobitton, New Zealand!

Hobbiton di New Zealand via twitter.com

Yup, set trilogi Lord of the Rings telah disulap menjadi Hobbit Village sungguhan! Rasanya seperti tinggal dalam dunia film, deh. Kamu bahkan bisa mengadakan pesta pernikahan di sini!

11. Pengen menjelajah alam gara-gara nonton film 5 cm (2012)? Film tersebut mengambil lokasi syuting di Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru

Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru via unsplash.com

Terdapat area perkemahan untuk para pendaki di sekitar Danau Ranu Kumbolo. Tahukah kamu, danau ini juga ditampilkan dalam film Gie (2005) yang diangkat dari kisah kehidupan Soe Hok Gie, aktivis sekaligus pecinta alam yang meninggal di puncak Gunung Semeru.

“Oh, di sini tempat pas mereka ketemu pertama kali!”

Mungkin itu kata-kata yang akan kita ucapkan saat mengunjungi lokasi-lokasi dalam film tersebut. Nggak apa-apa berkhayal dulu aja. Semoga kita bisa berkunjung ke tempat syuting film favorit suatu hari nanti, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE