Destinasi Ciamik untuk Birdwatching di 7 Kawasan Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Wisata Minim Kerumunan Nih

Wisata mengamati burung

Membatasi mobilitas dengan tidak keluar rumah tanpa keperluan penting adalah laku paling bijak di tengah masa pandemi ini. Dengan itu, kita pun terpaksa harus berkawan dengan jenuh dan rasa bosan. Sebab, liburan yang dulu bisa jadi pelarian, kini nggak bisa dengan mudah dilakukan. Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan jika ingin liburan.

Advertisement

Salah satu hal yang mesti dipertimbangkan adalah protokol kesehatan di destinasi pilihan. Di masa pandemi ini, idealnya liburan dilakukan ke alam terbuka yang minim kerumuman. Dalam hal ini kamu bisa memilih melakukan birdwatching atau mengamati burung. Karena selain dilakukan di alam, birdwatching biasanya juga dilakukan dalam jumlah orang yang sedikit sehingga protokol kesehatan dapat dimaksimalkan.

Kalau tertarik menjajal birdwatching sebagai alternatif liburan di masa pandemi ini, berikut destinasi yang bisa kamu tuju dilansir dari laman Burung Nusantara.

1. Jawa dan Bali

Advertisement

Ada banyak destinasi untuk mengamati burung di Pulau Jawa dan Bali. Burung Nusantara mencatat setidaknya terdapat 24 spot. Lengkapnya bisa kamu akses di sini. Destinasi-destinasi ini pun terbilang ramah pemula, karena mudah diakses. Di Jakarta misalnya, mengamati burung bisa dilakukan di Muara Angke. Melipir ke Bekasi ada Muara Gembong, Carita di Banten atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

Geser ke bagian tengah Pulau Jawa, kamu bisa menyambangi Candi Borobudur. Kabarnya, di sana kamu bisa bertemu burung gelatik jawa yang diketahui bersarang di stupa-stupa candi. Kalau ingin mengamati burung elang jawa, maka kamu bisa ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sementara di Taman Nasional Bali Barat kamu bisa berjumpa burung jalak bali.

2. Sumatera

Advertisement

Meski lebih dikenal sebagai kawasan konservasi gajah dan harimau, di Pulau Sumatera kamu juga bisa mengagumi ragam burung. Beberapa spot yang bisa disambangi untuk itu biasanya berada di Taman Nasional, seperti Gunung Leuser, Kerinci Seblat, Bukit Barisan Selatan, Way Kambas, dan ada pula yang berada di pesisir seperti Pantai Cemara.

3. Kalimantan

Lain dengan Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dengan Taman Nasional Tanjung Puti ng lebih dikenal sebagai kawasan konservasi orangutan. Tapi selain bisa bertemu orangutan, di taman nasional ini kamu juga bisa melakukan birdwatching, loh. Selain di sana, birdwatching juga dapat dilakukan di tepian Sungai Mahakam sembari menjajal kapal pesiar, atau di Menyapa, Barito Ulu hingga Gunung Palung.

4. Sulawesi

Salah satu spot birdwatching yang terkenal di Pulau Sulawesi berada di Taman Nasional Lore Lindu. Selain itu, pulau yang mirip huruf ‘K’ kalau dilihat dari ketinggian ini masih memiliki beberapa tempat pengamatan burung yang tak kalah populer, di antaranya Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Danau Tondano, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Banggai.

5. Kepulauan Maluku

Selain bisa menikmati keindahan kawasan pesisir dengan snorkeling atau diving, di Maluku kamu juga bisa melakukan birdwatching di beberapa kawasan, seperti di Ambon, Seram, Buru hingga Halmahera. Hanya saja, akses menuju spot di beberapa kawasan tersebut cukup menantang. Jadi, pastikan kamu datang dengan pemandu wisata dan pengamat burung yang berpengalaman, ya.

6. Nusa Tenggara

Hampir seluruh kawasan di Kepulauan Nusa Tenggara adalah surga dambaan banyak wisatawan. Predikat surga memang layak disematkan kepada kepulauan ini, karena selain punya alam laut yang indah, Lombok, Komodo, Flores, Sumba, hingga Alor dan Rote juga punya spot-spot birdwatching yang layak untuk disambangi.

7. Papua

Kekayaan fauna Indonesia tersebar hingga ke seluruh penjuru. Di Papua, kamu bisa menyambangi Wamena dan Danau Habema untuk melakukan birdwatching. Pengalaman mengamati burung di spot tersebut bisa kamu lengkapi dengan trekking. Untuk pengalaman lain seperti menyaksikan lokasi migrasi burung setiap tahunnya, kamu bisa memilih mengunjungi Batanta, Salawati, Waigeo hingga Wasur.

Nah, itu dia spot-spot birdwatching di Indonesia yang bisa kamu sambangi jika kondisi pandemi sudah memungkinkan untuk melakukan perjalanan lagi. Perlu dicatat, setiap aktivitas birdwatching nggak menjanjikan perjumpaan dengan burung yang ingin diamati. Kesabaran dan keberuntungan berpengaruh dalam aktivitas ini. Ada baiknya pula kamu melakukan birdwatching bersama pemandu wisata atau ahli, mengingat kebanyakan spot berada di medan yang cukup menantang dan kadang dilindungi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE