Melakukan resepsi tentunya membutuhkan perhitungan yang matang. Misalnya jumlah tamu, susunan acara, katering, hiburan, dan tetek bengek lainnya. Ya, karena menikah tidak hanya soal akad saja, tetapi juga ada acara jamuan untuk para tamu yang diharapkan datang dan mendoakan kedua mempelai.

Di Indonesia sendiri, saat ini banyak banget orang-orang yang menyelenggarakan resepsi dengan konsep standing party, atau pesta berdiri. Ini bukan hal yang salah, mengingat banyaknya tamu yang diundang dan keterbatasan area lokasi.

Namun yang perlu kamu perhatikan, bahwa memberi kenyamanan pada tamu adalah hal utama. Pesta sambil berdiri adalah salah satu hal yang bisa dipertimbangkan untuk tidak dilakukan karena alasan-alasan ini:

Makan sambil berdiri adalah hal yang cukup merepotkan. Terlebih kalau harus mondar-mandir ke prasmanan, bakso, lasagna dan zuppa soup

makan sambil berdiri adalah merepotkan via malesbanget.com

Tamu yang membawa anak kecil akan kesulitan makan karena harus mengurus anaknya yang ramai. Tahu ‘kan, kalau anak kecil itu agak susah untuk diatur?

bawa anak kecil via www.instagram.com

Selain merepotkan, makan sambil berdiri juga bikin capek dan mengurangi kenikmatan makan

Advertisement

mengurangi kenikmatan makan via www.fastabiq.com

…dan kurang sehat

sambil duduk saja via kepompong.co.id

Juga kurang direkomendasikan oleh norma kesopanan dan agama. Khususnya di Indonesia. Dari kecil ‘kan selalu diajari untuk makan sambil duduk manis

norma di kita adalah makan sambil duduk via alashqalani.blogspot.co.id

Ruangan resepsi menjadi semakin penuh, terlebih ketika para tamu makan di samping meja prasmanan. Maka akan mengganggu tamu lain yang hendak mengambil makanan

betapa hectic-nya via try2bcoolnsmart.wordpress.com

Itulah beberapa alasan bahwa menyelenggarakan resepsi dengan konsep makan sambil berdiri kurang direkomendasikan. Nah, setelah ini akan dijelaskan solusi dari Hipwee yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghindari makan sambil berdiri.

Solusi 1: sediakan kursi tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan para tamu untuk makan dengan nyaman

tambahan kursi via sewatendabsd.blogspot.co.id

Solusi 2: pisah tamu menjadi 2 atau 3 gelombang agar tidak terlalu memenuhi ruangan

tamu dua gelombang via kepolagi.com

Solusi 3: kerjasama dengan MC atau pembawa acara untuk memersilahkan tamu untuk mengambil tempat duduk yang disediakan

kerjasama dengan MC via www.youtube.com

Solusi 4: perluas venue pernikahan untuk menampung tamu dengan jumlah banyak

venue luas, makin nyaman via dorkydoctor.wordpress.com

Itulah beberapa alasan dan solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghindari ketidak-sopanan kepada tamu. Memang resepsi sambil berdiri bukan hal yang salah. Namun kalau kamu bisa mencitakan resepsi pesta yang nyaman untuk semua orang, kenapa tidak dilakukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya