Dalam mempersiapkan pernikahan, menentukan siapa aja tamu yang diundang cukup menjadi hal yang melelahkan. Belum lagi terdapat konflik-konflik kecil antara dirimu dengan pasangan dan keinginan orang tua yang juga mau mengundang kolega-koleganya.

Yang jadi persoalan apalagi kalau bukan jumlah undangan yang disebar. Untuk itu, kamu bersama pasangan harus memastikan siapa aja yang akan diundang dan memang bisa hadir di hari pernikahanmu.

Agar pikiranmu terasa ringan, Hipwee akan membantu dengan mendaftar siapa aja tamu yang sebaiknya kamu undang dengan kisaran 400 undangan. Kalau menyebar 400 undangan, berarti sekitar 800 tamu yang hadir. Jadi, simak yuk ulasan berikut ini.

  1. Adanya ikatan darah membuatmu gak boleh ketinggalan mengundang keluarga. Baik keluarga yang di luar kota maupun di sini, pastikan aja undangan yang disebar tidak lebih dari 50.

wah keluarga Solo ga bisa hadir, coret aja deh ganti yang lain via www.thepurpletouch.com

Advertisement

Keluarga merupakan salah satu tamu penting yang wajib diundang. Karena jumlahnya yang banyak, dari jauh-jauh hari kamu harus menentukan siapa aja yang dapat menghadiri pernikahanmu. Termasuk keluarga yang di luar kota nih. Bisa aja kan ada yang berhalangan hadir jadi undangannya bisa dipindahkan ke yang lain. Hehe.

Dari 400 undangan yang akan disebar, Hipwee menyarankan 50 aja untuk keluarga. Jumlah tersebut udah termasuk keluarga yang di luar kota lho. Untuk itu, kamu harus memastikan apakah mereka akan hadir atau nggak.

2. Tetangga adalah orang pertama yang menolongmu dan keluarga jika terjadi sesuatu. Gak apa-apa mengundang warga satu RT kalau kamu dan keluarga memang mengenal seluruhnya. Asal, pastikan jumlah undangannya yang disebar 80 ya.

buat tetangga 80 undangan dibagi dua cukup deh via www.flickr.com

Dalam sebuah resepsi pernikahan, biasanya tamu yang lebih banyak diundang yaitu dari pihak cewek. Karena biasanya pernikahan itu dianggapnya cewek yang mengadakan pestanya, maka jumlah tetangga yang diundang pun lebih banyak tetangga cewek. Sedangkan yang cowok hanya beberapa atau perwakilan aja.

Mengundang tetangga juga nggak luput dari perhatian. Karena jumlah mereka yang cukup banyak, kamu perlu menentukan siapa aja yang diundang. Tetangga yang cukup akrab, rumahnya dekat dengan rumahmu, dan para pejabat RT dan RW perlu disertai ya dalam daftar. Kalau masih belum berjumlah 80, kamu bisa menambahkan tetangga-tetangga lain yang se-RT walau nggak dekat. Yah, lumayan untuk menghindari cibiran-cibiran dari lingkungan sekitar rumah.

3. Sahabat dan teman-teman sekolah atau kuliah memang memiliki peranan dalam hubungan kalian. Pilihlah yang masih menjalin komunikasi dan akrab dengan kamu maupun dirinya. Buat aja daftarnya dengan 60 undangan.

dia udah menemanimu belanja keperluan pernikahan, masa iya gak diundang? via www.huffingtonpost.com

Keseruan momen pernikahan biasanya karena kehadiran para sahabat dan teman-teman sekolah maupun kuliah nih yang heboh. Kalau dihitung-hitung jumlah mereka memang banyak, makanya kamu bersama pasangan harus mengetahui siapa aja yang diundang. Bukan mendiskriminasi, tapi memang nggak mungkin juga kalau seluruh teman-teman di masa sekolah dan kuliah juga diundang. Hehe.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih sahabat dan teman-teman yang memang dekat. Hal ini penting karena biasanya mereka yang dekat denganmu dan pasangan akan berusaha untuk datang pada pernikahan kalian. Karena mereka juga nggak mau melewatkan momen terbahagia kalian setelah sering menjadi tempat curhat. Iya nggak sih? ;D

4. Gak hanya teman sekolah dan kuliah aja, tapi teman-teman kantor pun demikian. Yang wajibnya sih teman-teman sedivisi dan para atasan yang mengenalmu. Tentukan mereka siapa aja dengan 100 undangan disebar.

jangan lupa mengundang atasan ya hehe via marieclairemag.tumblr.com

Kalau dihitung-hitung, orang kantor memang lebih banyak yang diundang nih kalau dibandingkan dengan teman-teman di masa sekolah dan kuliah dulu. Hal ini karena setelah menikah, setiap harinya kamu masih bertemu dengan mereka saat bekerja.

Yang harus diundang yaitu teman-teman sedivisi atau teman satu ruangan. Jangan lupa juga para atasanmu ya. Meski belum tentu mereka hadir, paling tidak kamu sudah mencoba menghormati mereka dengan mengundangnya. Oh iya, teman-teman lain divisi pun boleh kamu undang asalkan mereka memang mengenalmu.

Dalam dunia kerja, biasanya jarang nih kamu bertahan pada satu kantor. Kalau masih berhubungan baik dengan teman di kantor lama, nggak ada salahnya mengundang mereka. Toh, menjalin tali silahturahim dan berbagi kebahagiaan kepada yang lain tentu menyenangkan.

Bagimu yang ingin memberikan undangan kepada teman-teman kantor berupa undangan perwakilan aja, bisa dilakukan kok. Namun,  khusus para atasan harus tetap satu orang satu undangan ya. Nah, sisa undangannya kan banyak tuh, bisa kamu pindahkan ke bagian lain. Misalnya keluarga atau tetangga.

5. Meski ini adalah pesta kalian, jangan lupakan orangtua yang memberikan restu. Bagikan hari kebahagian kalian dengan kolega mereka. Kamu dapat menentukan tamu kolega orang tua dengan menyebar 106 undangan.

jangan lupakan kolega orang tua ya via www.jpnn.com

Orang tua merupakan salah satu yang antusias terhadap pernikahanmu nih. Jadi, jangan kaget ya nanti kalau mereka telihat lebih sibuk dan heboh dibanding kalian. Nggak hanya konsep dan catering pernikahan aja, tapi juga siapa aja tamu yang diundang. Sebenarnya itu kode keras mereka kepada kalian supaya kerabat-kerabat orang tua jangan lupa diundang. Hehe.

Karena kenalan mereka lebih banyak dibanding kamu, jangan pelit-pelit untuk memberikan jatah undangan sebanyak 106 undangan. Meskipun berat rasanya, namun coba deh pikirkan lagi kalau kerabat-kerabat orang tua itu sebenarnya mengenal kamu atau pasangan juga. Mereka bisa aja telah mengikuti perkembangan pertumbuhanmu lho. Misalnya nih sering bermain bersamamu saat masih kecil hingga menginjak usia SD. Yah, sesekali membagi kebahagiaan kepada mereka nggak apa-apa dong?

Karena kenalan orang tua biasanya udah mapan dan sukses-sukses nih, kamu dan pasangan tentu nggak akan rugi dengan mengundangnya. Baik amplop atau kado akan diberikan oleh mereka kok. Hehe hehehe heheheheh.

6. Saudara kandungmu gak mau kalah dengan orang tua, mereka juga ingin mengundang teman-temannya. Untuk itu, berikan “jatah” kepada mereka yang diundang, 4 undangan aja buat ramai-ramai.

adik kalian juga ingin berbagi kesenangannya dengan teman-temannya lho, berikan undangan juga kepada mereka via www.wowkeren.com

Kalau kamu memiliki saudara kandung, biasanya mereka ingin mendapat jatah undangan untuk teman-teman terdekatnya. Yah walaupun kamu nggak dekat, tapi mereka cukup berarti bagi saudaramu itu. Jatahkan aja ke mereka 4 undangan, sarankan yang diundang adalah yang terdekat ya.

Kehadiran para tamu menjadi salah satu hal penting dalam resepsi pernikahan. Jadi, kamu perlu memperhatikan dengan baik ya supaya tamu yang diundang memang akan hadir. Terlebih lagi kamu dan keluarga kenal. Jadi, nggak akan mubazir juga telah mengundang mereka. Apalagi kalau mereka juga memberikan kado atau amplop, yah nggak ngarep sih tapi hatimu jadi semakin bahagia kan. Hahahaha ;p.