Nggak cuma kulit wajah dan leher aja yang bisa mengalami penuaan dan juga jadi kendur, ternyata bagian intim wanita juga mengalaminya lo. Selain karena penuaan, vagina juga bisa jadi kendur karena melahirkan, terutama jika sudah melahirkan banyak anak. Kekhawatiran suami jadi nggak puas pun menghantui. Duh, gimana dong kalau suami lari ke lain hati gara-gara organ intim nggak lagi kencang?

Ternyata, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengembalikan kekencangan dan kerapatan vagina. Mulai dari cara alami sampai operasi. Semuanya bertujuan agar vagina bak perawan lagi. Yuk baca lebih lengkap berbagai alternatif untuk membuat vagina kembali rapat.

1. Senam kegel bisa bikin otot rahim dan vagina jadi kencang kalau rutin dilakukan. Bahkan baik dilakukan setiap hari selagi sempat

Kalau ingin tahu caranya, banyak kok di internet via www.go-dok.com

Senam kegel sebenarnya bertujuan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Menurut The Asian Parent, yang termasuk dalam otot panggul bawah adalah otot bawah rahim, kantung kemih, serta usus besar. Vagina termasuk salah satunya lo. Senam kegel ini bisa dilakukan setiap hari. Tahapannya bisa dicari kok di internet atau Youtube.

2. Menjaga berat badan tetap ideal ternyata baik untuk vagina. Jika berat badan naik turun terus, maka vagina pun akan lebih mudah kendur

Berat badan sebaiknya dijaga tetap stabil via lampung.tribunnews.com

Ternyata, menurut Kompas, diet ‘yoyo’ bisa bikin vagina kendur. Seperti namanya, diet ‘yoyo’ bikin berat badan naik turun drastis. Sebaiknya sih menjaga berat badan pada batas ideal adalah pilihan yang paling baik. Meski sulit, bisa dimulai dari menjaga pola makan dan juga olahraga.

3. Tetap aktif secara seksual untuk wanita yang sudah menikah ternyata bisa membuat vagina lebih kencang. Namun pada posisi khusus yang bisa mendukungnya

Aktif secara seksual membantu mengencangkan otot vagina via www.picturesboss.com

Saat berhubungan seksual kan darah banyak yang mengalir ke vagina. Selain itu, vagina juga mengalami stimulasi. Hal itu membuat otot vagina juga menjadi lebih kencang. Ada posisi khusus yang bikin vagina nggak mudah kendur lo. Dikutip dari Kompas, dianjurkan sering melakukan posisi perempuan di atas agar otot vagina berkontraksi.

4. Cara lain adalah dengan menyuntikkan atau mengoleskan plasma darah ke bagian yang akan dikencangkan. Tapi ini harus dilakukan oleh dokter yang terlatih ya

Katanya sih plasma darah bisa mengencangkan vagina via www.healthline.com

Sekarang sih teknologi soal peremajaan vagina juga makin berkembang pesat. Ada banyak cara yang bisa ditempuh demi vagina yang kencang bak perawan. Salah satunya adalah metode Platelet Rich Plasma (PRP). Menurut Femina, PRP dilakukan dengan mengambil darah pasien, memisahkannya sehingga diperoleh bagian plasma, dan mengoleskan atau menyuntikkannya ke bagian yang ingin diremajakan. Tapi harus dilakukan oleh dokter dan melalui serangkaian pemeriksaan dulu ya.

5. Selain itu, operasi juga bisa dilakukan untuk mengencangkan kembali vagina, bahkan bentuk bibir vagina bisa diubah juga. Bisa mirip seperti vagina perawan lo~

Beginilah tampilan vagina sebelum dan sesudah melakukan vaginoplasty via manhattancenterforvaginalsurgery.com

Operasi pada vagina ada dua jenis. Menurut Hello Sehat, ada yang namanya vaginoplasty dan labiaplasty. Vaginoplasty dilakukan untuk mengencangkan otot vagina sementara labiaplasty bisa memperbaiki bibir vagina. Nah, kalau ingin suami puas, memang vaginoplasty bisa jadi salah satu pilihannya.

Memang sih lebih baik menggunakan cara alami aja seperti senam kegel, menjaga pola makan, serta berhubungan intim secara aktif biar vagina lebih kencang. Tapi, jika memilih melakukan operasi, sebaiknya konsultasi dengan dokter juga ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya