Pernikahan adalah salah satu momen yang mampu membuat orang tua kita menangis haru. Melepaskan seorang anak kepada orang lain bukanlah perkara mudah bagi mereka. Orang tua harus berupaya ikhlas dan rela melihat anak yang dibesarkannya harus bersanding dengan jodoh pilihannya

Nah, saat meminta izin pada orang tua ingin menikah, semua anak akan melewati fase sungkeman atau permisi. Prosesi inilah yang sering membuat anak dan orang tua menangis haru. Berangkat dari sinilah Hipwee wedding mengumpulkan kalimat-kalimat yang sering diucapkan saat anak meminta izin pada orang tua. Penasaran? Yuk!

1. Memohon maaf atas segala yang kesalahan sebelum menikah, hampir selalu dilakukan

Bapak, ibu. via 1.bp.blogspot.com

Kata maaf, akan selalu muncul saat sungkeman. Tidak bisa dipungkiri, anak punya banyak salah pada orang tua. Bisa karena perkataan-perkataan kasar yang menyinggung perasaan orang tua pun bisa perbuatan orang tua yang bikin anak berang karena belum memahami perasaan orang tua sendiri. Pak, Bu, restui pernikahan kami.

Sampai kapanpun, rasa sayang orang tua akan sepanjang masa. Meskipun anak punya 1001 kesalahan yang tak bisa dinalarkan

Bapak..ibu… via cdn-2.tstatic.net

Advertisement

Rasa-rasanya, cuma orang tua yang bisa memberikan maaf seluas-luasnya kepada anak sekalipun kesalahan anak di luar nalar manusia. Oleh sebab itu, hanya doa mereka yang bisa memberikan jalan agar keberkahan selalu menyertai langkah si anak.

Bukan, ini bukan perpisahan. Ini pelepasan untuk sebuah kewajiban yang harus di jalankan

Pernikahan bukanlah jalan perpisahan antara anak dan orang tua. Pernikahan adalah pelepasan perpindahan dari orang tua ke orang yang dipilihnya. Maka, jangan beranggapan kalau pernikahan adalah perpisahan.

Anak tidak sempurna, Begitu juga orang tua. Doakan setiap langkah kami, Pak. Bu

Orang tua mana yang sempurna dan anak siapa yang sempurna. Setiap anak dan orang tua punya kekurangan. Kekurangan tersebutlah yang membuatnya sempurna. Anak hanya berusaha untuk jadi lebih baik dan terus jadi baik. Meskipun terkadang anak tidak seperti yang orang tua inginkan, kata maaf selalu berhasil membuat orang tua setia menemani langkah anak menghadapi peliknya dunia rumah tangga

”Kalau dunia bisa kuberikan, akan kuberikan Pak, Bu.”

Bapak, ibu… Kalian tetap segalanya via 2.bp.blogspot.com

Anak dilahirkan untuk berbakti pada orang tua. Segudang kesalahan anak akan selalu terhapuskan mesikpun anak tersebut tidak minta maaf. Karena sesungguhnya cinta sejati yang sesungguhnya adalah cinta orang tua kepada anak. Maka, saat kalian akan dan sudah melewati proses ini, kalian akan tahu betapa berartinya air mata yang dikeluarkan orang tua saat prosesi ini. Iya, itulah bukti air mata sejati dari orang tua kepada anaknya.

Bapak dan Ibu, selamanya. Kalian tetap segalanya.