Pada umumnya, air susu ibu (ASI) dikenal sebagai asupan terbaik bagi para bayi. Kandungannya memang sangat berkhasiat dalam masa pertumbuhan maupun perkembangan anak sejak lahir. Oleh karena itu, tak jarang ketika kondisi kesehatan seseorang menurun, sering-tidaknya dia saat bayi mengonsumsi ASI akan disinggung. Hal ini lantaran kuantitas seseorang mengonsumsi ASI sewaktu bayi akan berpengaruh hingga dewasa dan lansia.

Nah, mungkin kegunaan ASI yang kamu tahu cuma untuk menyusui bayi. Padahal, minuman sekaligus makanan bayi ini juga bermanfaat buat hal lain, lho.

Yup! Kandungan yang terdapat di dalam ASI memang bisa dipakai untuk keperluan lain. Misalnya saja mengurangi pendarahan pada sang ibu, bikin cepat langsing, dan tentunya bisa mengatasi ruam pada kulit bayi. Meski belum tahu punya anaknya kapan, nggak ada salahnya kalau kamu ketahui kegunaan lain dari ASI yang tak hanya untuk menyusui bayi. Silahkan simak 6 fakta berikut ini ya.

1. Kandungan ASI yang sangat kaya akan nutrisi dan zat gigi mampu mengatasi ruam popok pada kulit bayi

Kulit bayi biasanya sangat sensitif terhadap segala benda yang menyentuh, salah satunya popok. Durasi mengenakan popok yang cukup lama, ditambah lagi bagiannya yang lembap sering memunculkan ruam-ruam pada sekitar kulit yang dipakaikan popok. Untuk mengatasinya kamu dapat gunakan ASI karena sangat kaya akan nutrisi dan zat gizi di dalamnya.

Advertisement

Ruam popok terjadi juga lantaran ukuran popok yang terlalu ketat, makanan baru yang dia coba (saat mulai makan), dan tak cocok dengan salah satu produk tubuh bayi yang biasa digunakan di area pantat.

2. Infeksi yang dialami bayi pun bisa diobati dengan ASI, bahkan ‘jerawat’ dan kulit kering juga

infeksi telinga via sing-sehat.blogspot.co.id

ASI memang tak hanya untuk memperkuat kekebalan dan kecerdasan bayi, tapi juga mengobati tubuhnya yang terkena infeksi – misalnya infeksi mata dan telinga. Bayi yang baru lahir biasanya di bagian mata terlihat lengket lantaran infeksi dari cairan yang keluar. Selain itu, bayi juga bisa mengalami infeksi telinga yang akan kamu ketahui saat dia menangis terus-menerus sambil memegang atau menggosok telinganya.

Nah, untuk mengobati infeksi mata, kamu celupkan kapas lembut ke dalam cairan yang berisi ASI, lalu sapukan secara perlahan ke bagian mata yang lengket agar kotorannya terangkat. Sedangkan untuk infeksi telinga, kamu bisa teteskan ASI ke bagian telinga yang terinfeksi – tentu lebih baik jika sebelumnya konsultasi dulu ke dokter.

3. Sengatan serangga maupun iritasi pada bagian tubuh lain bisa kamu sembuhkan pakai tetesan ASI

iritasi kulit via www.healthtap.com

Tak hanya infeksi pada telinga, tapi jika bagian tubuh lainnya mengalami iritasi pun bisa disembuhkan dengan ASI. Hal ini karena ASI merupakan ramuan desinfektan steril, sehingga tetesannya dapat menyembuhkan kulit yang terkena iritasi akibat gigitan serangga. Gatal-gatal dan iritasi yang memerah pun menghilang.

4. Kamu bisa menyiasati bibir pecah-pecah dengan memoleskan ASI pada bagian yang kering

Tak harus menggunakan lipbalm kalau bibirmu pecah-pecah. Karena ASI juga mampu melembapkan bibir keringmu dengan cara memoleskannya di bibir. Tinggal usapkan secara perlahan pada bagian yang pecah-pecah, lalu biarkan agar khasiat ASI benar-benar meresap.

5. Harapan cepat langsing segera terealisasi lantaran menyusui akan menguras tenaga – yang membutuhkan energi ekstra

harus mengurus bayi via www.today.com

Ketika sedang hamil hingga pasca melahirkan, berat badan seorang ibu akan mengalami peningkatan yang cukup drastis. Dia akan terpikir ingin kembali ke bentuk tubuh seperti semula, sayangnya hal itu nggak mudah. Nah, kalau sang ibu rajin menyusui, maka harapan cepat langsing bisa segera terealisasi lantaran menyusui pasti menguras tenaga. Hal ini karena energi yang terpakai cukup banyak sehingga membuat berat badan menurun. Apalagi kalau sang anak nanti sudah bisa merangkak maupun berdiri, energi yang diperlukan untuk mengurusnya akan makin besar.

Meski begitu, seorang ibu juga harus tetap menjaga pola makan dan istirahat. Jangan hanya karena ingin cepat langsing, lalu tak diimbangi dengan asupan gizi maupun waktu istirahat yang cukup.

6. Satu hal yang pasti sih karena menyusui itu ekonomis. Jadi, nggak banyak beli susu formula

nggak banyak beli susu formula via iiamo.com

Kalau tadi dari segi ibu, sekarang giliran ayah yang mendapat keuntungan, yaitu jadi lebih berhemat. Karena adanya ASI, seorang ayah nggak perlu mengeluarkan biaya yang dialokasikan untuk beli susu formula. Selain itu, jika sang ibu aktif menyusui sang anak, maka ikatan antara ibu dan bayi, serta sang ayah sendiri jadi makin erat. Hubungan ketiganya pun menguat dan ini baik untuk perkembangan psikologis seorang anak.

Kini kamu jadi tahu kalau ternyata ASI memang sangat bermanfaat untuk banyak hal. Berbagai kandungan positifnya mampu digunakan untuk orang dewasa sekalipun. Apalagi juga bikin cepat langsing dan ekonomis, tuh bermanfaat banget ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya