Masa-masa mempersiapkan pernikahan adalah salah satu masa paling ribet dalam hidup orang kebanyakan. Terkadang meski bujet berlebih hingga memanfaatkan bantuan dari wedding planner dan wedding coordinator, tetap saja banyak perintilan dan hal-hal lain yang perlu dipikirkan bahkan harus minta bantuan keluarga, sahabat bahkan tetangga. Selepas semua urusan persiapan usai dan semua rangkaian pernikahan terlaksana sempurna barulah biasanya para pengantin merasa lega.

Eits, tapi setelah menikah jangan langsung lupa dengan jasa para keluarga, sahabat bahkan tetangga yang sudah membantu jalannya pernikahanmu dengan sukarela lo. Meski mungkin mereka ikhlas membantu, tapi nggak ada salahnya kalian memberikan kenang-kenangan atau bingkisan kecil ungkapan terima kasih atas waktu dan tenaga yang telah mereka luangkan demi acara istimewa kamu. Ya meski ini sangat opsional, berikut Hipwee akan sajikan 6 pernak pernik yang bisa kamu berikan sebagai tanda terima kasih pasca pernikahan. Simak baik-baik ya!

1. Yang pertama, kamu bisa memberikan hadiah kalender meja atau dinding kepada keluarga dekat dan tetangga bahkan sahabat yang sudah heboh wara wiri mengurus acaramu

Gemes kan? via www.vistaprint.ca

Advertisement

Mereka pasti senang dapat oleh-oleh, apalagi kalau ada foto-foto kalian bersama mereka jadi foto kalendernya.

2. Kalian juga bisa memberikan pouch mini atau tas belanja eco-friendly dengan tulisan terima kasih dan nama kamu berdua pasangan. Simpel, tapi pastinya bisa jadi kenang-kenangan kan?

Lucu kan? via www.etsy.com

Dan juga bisa jadi ekstra suvenir buat mereka yang mungkin pas hari H malah nggak sempat dapat suvenir nikahanmu. Nggak perlu banyak jumlahnya, cukup berikan kepada mereka yang sudah berjasa betul di hari H saja.

3. Berikutnya, kamu bisa memberikan mereka kejutan kecil dengan mengajak makan-makan di lokasi wisata dekat daerah tempat tinggalmu. Meski makan-makannya sederhana, mereka pasti senang lo

Makan-makan keluarga~ (Credit pic: www.jalanjalankenai.com) via www.jalanjalankenai.com

Nggak harus di hotel atau restoran mewah bergengsi, mengajak para kerabat dan tetangga makan-makan siang santai semacam pembubaran panitia usai acara juga bisa jadi bentuk penghargaan manis buat mereka lo.

4. Membagikan bingkisan makanan sederhana juga bisa jadi opsi untuk ucapkan terima kasih kepada mereka yang bantu hari H kamu berjalan sempurna. Ngga harus mahal-mahal banget kok

Lucu kan? via www.thekitchn.com

Advertisement

Memberikan sekotak kue bolu, brownies, bahan makanan atau bingkisan makan siang bisa jadi ide yang ciamik untuk ungkapkan rasa terima kasihmu.

6. Memberikan suvenir berupa peralatan rumah tangga, misalnya cangkir mug atau piring cantik pun bisa jadi ide ciamik untuk dibagikan ke keluarga atau kerabat dekat

Mug cantik pun bisa banget jadi hadiah via unsplash.com

Ingat, nggak usah banyak yang penting berikan kepada mereka yang benar-benar kamu rasa banyak membantu di hari H. Terutama sih keluarga dan tetangga dekat ya.

7. Setelah hari H, memberikan mereka cetakan foto kamu dan pasangan bersama mereka yang sudah difigura pasti akan membuat mereka senang. Jadi kenang-kenangan yang bisa sekalian dipajang kan?

Beri satu masing-masing foto buat mereka~ via www.salvamania.com

Meski akan sedikit merepotkan untukmu memilah-milah foto mereka, tapi usahamu pasti akan dibayar dengan ucapan terima kasih dan wajah happy. Ya, siapa yang nggak senang dihadiahi cetakan foto diri mereka sendiri.

Nah, kalau kamu kira-kira mau kasih hadiah apa nih buat mereka yang sudah berjasa membantu hari pernikahanmu jadi lebih lancar dan berkesan? Nggak perlu mikir yang mahal atau super mewah kok, asal diberikan dengan ikhlas dan tulus apa pun yang kamu dan pasangan berikan pasti akan diterima dengan senang hati. Yang penting mereka diingat dan dihargai walau sekecil apa pun itu bentuknya. Setuju?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya