Pernikahan adalah sebuah momen sakral yang rela dipersiapkan para calon pengantin dengan susah payah agar acara sekali seumur hidup tersebut menjadi indah dan tak terlupakan. Selain tetek bengek pernikahan seperti urusan catatan sipil, sewa gedung, menemukan vendor-vendor yang tepat untuk acara dan lain sebagainya, kini pernak pernik pesta ‘sampingan’ seperti bridal shower juga mulai dilirik para calon pengantin wanita. Tak cuma karena sedang hits di media sosial, bridal shower bisa jadi salah satu ajang seseruan bareng sahabat atau saudara plus momen foto seru nan kece yang sayang banget kalau dilewatkan.

Acara bridal shower adalah pesta lajang yang diadakan orang-orang terdekat sang calon pengantin wanita dan sudah dikenal di luar negeri sejak tahun 1980-an. Bridal shower memang lebih populer di Belanda, Amerika, Kanada dan Selandia Baru ketimbang di Indonesia. Tapi seiring perkembangan teknologi dan informasi, banyaknya selebritas dan sosialita yang ramai mengadakan bridal shower dan mengunggahnya di media sosial membuat tradisi ini kini mulai turut menjamur di Indonesia.

Advertisement

Nah, buat kamu yang berencana mengadakan bridal shower juga untuk sahabat atau saudara tercinta, inspirasi dari Hipwee ini bisa jadi pilihan. Meski memang nggak wajib dilakukan, buat sekadar seru-seruan nggak ada salahnya ‘kan dirayakan untuk membahagiakan orang tercinta? Sekalian ikut eksis foto-foto cantik juga pastinya, hehehe.

1. Bridal shower bertema monokrom yang minimalis bisa jadi ide seru dan unik buatmu dan para sahabat. Selain irit hemat bujet, foto-foto kalian juga terlihat lebih bersih dan elegan

Menggunakan warna monokrom atau satu tone untuk pesta juga bisa seapik ini via id.pinterest.com

Manfaatkan warna favorit sahabatmu untuk menjadi tema utama bridal shower-nya. Kalau bujet pas-pasan pun kamu dan para sahabat bisa patungan atau memanfaatkan kiat DIY (Do It Yourself) untuk mempersiapkan dekor dan perintilan pesta monokrom, yaitu menggunakan 1 warna dan turunannya dengan desain yang simpel dan minimalis~

2. Tema pesta black and white nggak cuma akan terlihat keren dan elegan, tapi juga terlihat unik dan beda. Nggak melulu harus pakai warna pastel ‘kan buat seseruan bareng sahabat sebelum pesta pernikahannya?

Mirip seperti monokrom, tapi dengan mengusung tema hitam putih, bridal shower sahabatmu akan jadi unik dan menarik. Plus, kamu dan sahabat bisa kompakan pakai baju hitam dan putih yang terkesan elegan dan classy.

3. Bridal shower dengan tema eco friendly, kenapa nggak? Selain terlihat unik dan beda, kamu dan sahabat juga bisa sama-sama membantu melestarikan lingkungan lho

Cocok kalau kamu dan sahabat sama-sama cinta lingkungan via saveourgreen.org

Advertisement

Dengan memanfaatkan barang-barang tak terpakai, menjadikan bibit sebagai souvenir dan makan makanan organik,  kamu dan para sahabat bisa seseruan tanpa sembari mengkampanyekan peduli lingkungan. Asal kreatif, ongkos dekorasi dan perintilan pesta kecil untuk sahabat juga bisa ditekan dan dialihkan untuk bujet makan dan minum, misalnya.

4. Meski kamu dan sahabat sudah bukan anak-anak lagi, apapun yang bertema Disney masih akan tetap bisa membuat pestamu jadi cerah dan meriah. Plus, kalian juga bisa berkreasi dengan kostum lucu

Nggak usah terlalu eprfect atau ribet, asal semua bahagia saja sudah cukup! via ryanodowd.com

Tema bridal shower ala Disney dari dongeng Beauty and The Beast, Sleeping Beauty sampai Frozen bisa kamu manfaatkan untuk memeriahkan bridal shower sahabat. Mencari pernak perniknya pun relatif nggak terlalu sulit karena bisa ditemukan di toko pesta anak-anak, hehe.

5. Tema Flower Power selamanya nggak bakalan basi, karena (hampir) segala sesuatu yang bertema bunga pasti akan selalu memberikan kesan romantis dan tentunya instagramable 

Masukkan unsur nanas, dedaunan hijau dan minuman fruit punch dalam pesta kalian via www.100layercake.com

Sahabatmu suka bunga? Atau kalian mau membuat pesta yang romantis? Menggunakan tema bunga untuk bridal shower sangat boleh kok dan nggak bakalan basi. Biar nggak membosankan, gunakan bunga-bunga, buah dan dedaunan yang memberikan kesan tropis yang sedang kekinian.

6. Menggunakan tema film atau buku favorit bisa membuat pesta kalian nggak hanya unik dan lucu buat fot0-foto, tapi juga bisa jadi ajang rumpi di mana kalian bisa bahas film favorit kalian bersama sepuas-puasnya

Berpesta ala malam penghargaan film terbaik juga bisa dicoba lho via www.diytomake.com

Suka membaca atau nonton film? Saatnya keluarkan segenap kreativitas untuk mewujudkan pesta impian bertema buku atau film favorit. Nggak perlu mikir yang susah-susah, cukup gunakan foto-foto, quote atau benda ikonik dari film atau buku favorit kalian jadi ornamen pesta. Misalnya nih, menjadikan salah satu adegan favorit jadi backdrop pesta dan menjadikan quote favorit jadi tatakan gelas, piring atau label minuman. Jangan lupa gunakan kostum yang sesuai ya. Lucu!

7. Tema jadul akan jadi ajang nostalgia yang seru buat kamu dan sahabat. Selain bisa sama-sama flashback ke masa-masa ‘kejayaan’ dulu, kamu dan sahabat juga bisa foto-foto ala jadul dan ngakak bareng

Bergaya ala 90-an seperti film Clueless ini, kenapa nggak? via www.groomedhome.com

Sesuaikan saja eranya dengan masa-masa remaja kalian dulu. Kamu pun bisa ajak teman-teman untuk kompakan mengenakan busana kebanggaan anak remaja di masa-masa ‘muda’ dulu di tahun 90-an, misalnya. Jangan lupa siapkan juga perintilan ala tahun 90-an biar nuansanya lebih terasa jadul ya!

8. Rasanya nggak afdol ya kalau nggak memasukan tema rustic ke dalam inspirasi pesta bridal shower. Pasalnya, pesta dengan tema ini emang lagi hits banget!

Instagramable banget ‘kan? via www.seputarpernikahan.com

Gunakan unsur kayu, dedaunan dan bunga-bunga cukup banyak di pestamu, jangan lupa juga buat perintilan dengan aksen warna-warna bumi seperti cokelat, tembaga, emas atau hijau agar unsur rustic-nya terasa. Untuk busana, kamu dan sahabat bisa kompakan mengenakan busana dengan warna-warna kalem dan ‘membumi’.

9. Sahabatmu suka dengan segala sesuatu berbau shabby chic? Saatnya keluarkan segala sesuatu bernuansa shabby dan berwarna pastel untuk dekorasi dan busana pesta bridal shower kalian!

Super cute! via karaspartyideas.com

Kamu bisa berkreasi dengan banyak DIY yang bisa dicetak sendiri sebagai ornamen pesta ala shabby chic. Dengan banyak memanfaatkan perintilan buatan sendiri, biaya pesta bisa dipangkas dan lebih hemat. Jangan lupa gunakan gambar-gambar klasik dan warna pastel ala shabby chic untuk pesta kalian ya!

Gimana, kira-kira kamu dan sahabat akan memberikan pesta kejutan apa nih buat sahabat tersayang? Jangan lupa sesuaikan pesta dengan bujet kalian ya, jangan sampai besar pasak daripada tiang hanya demi eksis saja di media sosial. Inti dari bridal shower ‘kan adalah memberikan kejutan dan membagi sedikit kebahagiaan untuk sahabat menjelang hari H-nya yang menegangkan, jadi ingat untuk membuat acaranya senyaman dan sesantai mungkin. Selamat berkreasi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya