Jika kamu berani menjalani sebuah hubungan yang serius, menikah adalah sebuah jenjang lanjutan yang wajib dilewati. Perlu diingat, modal untuk menikah pun nggak murah. Walaupun merayakan resepsi sederhana ataupun besar-besaran, paling tidak butuh beberapa puluh juta agar acara sakral ini terlaksana dengan sempurna.

Katering adalah salah satu poin yang menghabiskan hampir separuh dari modal nikahmu. Memanjakan tamu yang sudah meluangkan waktu untuk mendoakanmu di pelaminan wajib hukumnya. Agar tak ada makanan tersisa dan nggak bikin budget-mu sia-sia, Hipwee sudah menyiapkan beberapa siasat jitu untuk memangkasnya. Simak yuk, siapa tau bisa memberikan pencerahan untuk resepsinya kelak.

1. Langkah paling awal, pastikan dulu tamu yang akan kamu undang. Lalu kalikan dua untuk jumlah porsinya.

Pilah-pilah dengan bijak via sayavega.wordpress.com

Sebelum benar-benar bisa menyiapkan jumlah menu dan porsi prasmanan, ada baiknya jika jumlah tamu yang akan kamu undang sudah didapat. Prioritaskan keluarga besarmu dan pasangan terlebih dahulu, agar silaturahmi dan kerekatan bisa semakin menyatu. Setelah itu, jangan lupa ajak sahabat terdekatmu untuk hadir dan ikut serta di hari bahagia ini. Teman kantor dan beberapa teman kuliah pun jangan terlewat.

Misalnya saja, undangan yang akan disebar nantinya sejumlah 500 eksemplar. Menyiapkan 1000 porsi makanan dan minumannya adalah angka yang otomatis muncul. Agar tidak terlalu mepet, yah kamu bisa jaga-jaga menyiapkan 1100 porsi saja, dan bagi-bagi dalam beberapa menu. Menyiapkan terlalu banyak akan bikin modalmu makin terpotong.

2. Orang-orang akan jarang memilih hidangan nasi goreng sebagai hidangan utama. Kurangi jatahnya, agar tidak terbuang percuma.

Advertisement

Nasi goreng via dlinacatering.com

Menu yang serba nasi seperti wajib eksistensinya di setiap acara kondangan. Paling tidak, nasi goreng dan nasi putih yang sejajar dengan koloke atau sup merah. Pasti akan ada menu lain dari gubukan-gubukan yang kamu siapkan, agar tamu makin dimanjakan dengan banyak variasi.

Jangan kaget, jika tamu undanganmu lebih memilih untuk mencicipi menu gubukan yang nggak bisa dinikmati setiap harinya. Beda dengan nasi goreng dan nasi-nasi lainnya bisa dibikin sendiri di dapur. Daripada nggak kemakan, mending jatah nasi ini kamu kurangi saja. Misalnya kamu menyiapkan sebanyak 30 kg, pangkas separuhnya menjadi 15 kg. Kalau dikalkulasi lagi, trik ini cukup membantu kamu untuk lebih hemat nih.

3. Memanjakan tamu dengan ragam makanan sah-sah saja. Agar Menyewa 3 gubukan sudah cukup kok, asalkan porsi ditambah.

Tinggal milih~ via ista69.blogspot.co.id

Melihat para tamumu menyantap makanan dengan lahap serta senang, akan memberikan rasa lega tersendiri. Tak heran, banyak pasangan yang menyiapkan budget lebih untuk memanjakan lidah tamunya kelak. 10 menu prasmanan dan gubugan pun sudah masuk dalam catatan.

Pelru diingat nih, untuk menyewa 1 gubugan saja, kamu harus menyiapkan modal minimal 2,5 juta. Coba kalikan 10, angka minimal yang harus kamu keluarkan adalah 25 juta. Belum termasuk kudapan manis serta minumannya, pun nasi kotak untuk syukuran di rumah.

Lebih bijaknya, menyiapkan secukupnya saja tidak akan mengurangi cita rasa makanannya kok. Agar tamumu lebih puas, kamu bisa meminta porsi yang lebih banyak. Menyewa 3 gubugan dengan menu berbeda adalah pilihan yang tepat untuk memangkas budget cateringmu.

4. Air mineral gelas tak akan terlalu banyak yang menjamah. Karena es Manado dan es jeruk terasa lebih menggoda.

Yang segar itu paling dicari via www.pegipegi.com

Akan selalu ada air mineral dalam kemasan gelas yang disajikan di atas meja prasmanan. Tidak heran kalau untuk acara resepsi ini kamu menyiapkan puluhan dus untuk disuguhkan pada tamu.

Ketika bertemu dengan banyak orang di venue nikahanmu, dahaga pun datang tanpa diundang. Hasrat untuk mendinginkan tenggorokan dengan minuman dingin yang segar pun tak tertahankan. Karena es jeruk dan es Manado lebih memancing nafsu minum daripada sekadar air putih biasa tanpa embun es di permukaannya.

Kurangi saja jatah air mineral yang dari 20 dus menjadi 12 dus saja. Dibuang sayang, karena habisnya air ini nggak akan secepat minuman segar lainnya.

5. Menu komplit Piring Terbang ala Solo pun layak kamu coba. Tamu tak perlu antri, makanan tinggal diantar oleh pelayanya.

Paket lengkap yang hemat via brokat-kebaya.blogspot.co.id

Menyantap makanan di nikahan nggak melulu dengan konsep prasmanan. Kamu bisa ambil makanan yang ingin disantap. Mau nambah pun tak ada yang melarang. Nah, jumlah yang tidak bisa dikira-kira seperti ini yang bisa bikin jatah catering mempelai membengkak parah.

Di daerah Jawa Tengah seperti Solo, Yogyakarta dan sekitarnya, ada konsep Piring Terbang. Bukan atraksi seperti melempar piring bak sirkus, lho. Menu komplit dari minuman, makanan pembuka, inti, hingga pencuci mulut diantar oleh para pramusaji. Tamumu pun tak perlu antre untuk menyantap makanan, tinggal menunggu di kursi semua tersaji.

Dengan urutan USDEK (Unjukan, Sup, Dhahar, Es, dan Kondur), para tamu benar benar dimanjakan dengan ragam makanannya. Untuk menentukan anggaran kateringnya, mulai dari harga 50 ribu per porsi, paket lengkap ini siap memanjakan tamumu. Kamu tinggal mengalikan sejumlah jumlah tamu yang kamu undang. Pengantin tak akan dibuat kaget dengan tagihan yang membengkak, kan.

6. Kudapan manis sekali gigit layak dicoba. Ukuran kecil, banyak, tak akan mubadzir.

Sekali hap! via id.pinterest.com

Setelah puas menyantap makanan berat, keberadaan pencuci mulutlah yang dicari. Biasanya, kue-kue manis sudah tersedia di samping minuman-minuman segar di atas meja. Untuk menghemat budget kudapan ini, lebih baik kamu memesan dalam ukuran mini yang habis dalam sekali hap. Daripada kue berukuran agak besar tapi banyak yang terbuang di tempat sampah, mubadzir kan jadinya.

Kelebihan ketika kamu memesan kue ukuran kecil, jumlah pesanan pun bisa jadi lebih banyak. Disantap berkali-kali pun tak masalah. Yang dianggarkan sama, tapi jumlah lebih banyak.
Agar anggaran untuk catering bisa dipangkas tanpa mengurangi rasa puas untuk undangan, kamu harus pandai-pandai memutar otak untuk menentukan siasat terjitu. Selain itu, tak bosan untuk survey dan mencari catering yang enak dengan harga terjangkau juga harus dilakoni. Selamat berburu catering untuk resepsimu kelak, guys?