Serunya 6 Tradisi Kecantikan Jelang Pernikahan di Berbagai Belahan Dunia. Ada Pesta Kunyit!

beauty ritual before wedding

Menyiapkan hari pernikahan juga menjadi salah satu yang melelahkan karena harus mengurus banyak hal penting. Selain mempersiapkan gedung pernikahan dan katering, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk melakukan perawatan kulit dan tubuh untuk hari besarmu. Biasanya para calon pengantin wanita bakal melakukan perawatan tubuh secara intensif supaya saat hari pernikahan bisa tampil cantik nan segar, mulai dari spa ke salon hingga pijat lulur.

Advertisement

Ternyata, Indonesia dan negara lain punya ritual kecantikan yang beragam dan unik lo. Kira-kira apa saja ritualnya, ya? Yuk simak ulasan Hipwee Wedding selengkapnya!

1. Ritual kecantikan Betangas dan mandi lulur dilakukan oleh calon pengantin wanita dari Adat Minang dan Jawa di Indonesia

Ritual adat Indonesia | Credit via Wikimedia Commons

Melansir dari laman Mahligai, ritual kecantikan betangas atau mandi uap ini dilakukan oleh calon pengantin wanita yang menggunakan adat Palembang saat 2 – 3 hari menjelang pernikahan. Uap yang digunakan berasal dari rebusan air rempah-rempah tradisional seperti daun serai wangi, daun pandan, akar wangi, daun nilam, cengkih, kayu manis, dan masih banyak lagi. Mandi uap ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan bau badan sehingga saat pesta pernikahan tiba, sang pengantin wanita beraroma wangi dan segar alami.

Kalau di Palembang ada betangas, di Jawa ada tradisi mandi bunga dan lulur sebelum acara pernikahan. Pengantin wanita akan disiram dengan rendaman air bunga dan disertai dengan tradisi lulur. Tradisi ini biasanya dilakukan pada puku 10 – 11 pagi karena budaya Jawa mempercayai bahwa pada jam tersebut para bidadari turun dari kayangan untuk mandi di sendang atau sungai.

Advertisement

2. Pengantin wanita India melakukan tradisi mehndi dan upacara haldi untuk mempercantik diri saat hari pernikahan

Ritual kecantikan pengantin India | Credit via Website Wedding Wire

Melansir dari laman Glamour, pengantin wanita India yang beragama Hindu biasanya akan memilih warna merah sebagai warna yang dominan untuk hari pernikahannya karena melambangkan komitmen, spiritualitas, dan kesuburan. Para pengantin India juga menggunakan cincin di hidung dan merias tangan serta kakinya dengan henna yang dikenal dengan tradisi mehndi.

Melansir dari laman Wedding Wire, calon pengantin juga melakukan upacara haldi yaitu sebuah acara khusus keluarga untuk memberi berkat kepada pengantin wanita dengan mengoleskan beragam ramuan rempah-rempah seperti air mawar, kayu cendana, dan juga kunyit ke tangan dan kakinya. Tradisi ini menjadi momen kebersamaan dengan keluarga sekaligus perawatan kulit bagi sang pengantin. Kelihatannya seru, ya?

3. Tradisi perawatan kulit wajah juga dilakukan oleh pengantin wanita di Korea untuk tampil cantik dan menawan saat pesta pernikahan

Ritual kecantikan Korea | Photo by Johen Redman on Unsplash

Melansir dari laman Glamour, pengantin Korea ingin tampil dengan riasan yang apik saat hari pernikahannya seperti memiliki alis yang rapi, menggunakan eyeliner berwarna hitam, dan menggunakan perona pipi supaya riasannya terlihat segar dan cantik. Untuk itu, para pengantin wanita di Korea melakukan sejumlah perawatan kulit seperti melakukan double-cleansing supaya wajah terlihat lebih bersih sehingga cantik saat dirias dengan makeup.

Advertisement

4. Pengantin wanita di Armenia justru menutup area wajahnya sebelum hari pernikahan supaya wajahnya halus dan lembut

| Ritual kecantikan Armenia | Photo by Siarhei Plashchynski on Unsplash

Melansir dari laman Glamour, para pengantin wanita di Armenia justru menutup area wajahnya kecuali bagian alis saat menjelang hari pernikahannya. Tradisi ini dilakukan sebagai upaya agar wajah terhindar dari debu dan kotoran sehingga wajah sangat bersih, halus, dan lembut saat dirias dengan makeup. Tradisi ini mirip dengan teknik perawatan dermaplaning untuk mengangkat sel kulit mati dan rambut halus di wajah. Nggak jarang juga para calon pengantin berusaha menghindari minum minuman keras dan menjaga pola makan dengan ketat, agar tubuh dan wajah mereka glowing di saat hari H.

5. Di Peru, para pengantin wanita akan melakukan ritual mandi di kolam khusus peninggalan suku Inca

Ritual kecantikan di Peru | Photo by Cloris Ying on Unsplash

Para pengantin wanita di Peru biasanya akan menjalani ritual mandi di kolam pemandian bekas peninggalan suku Inca. Kolam ini dipercaya memiliki air yang murni dan bisa membersihkan jiwa sehingga bisa memberikan berkah kejayaan dan kesuburan bagi calon pengantin.

6. Para calon pengantin di Brasil akan mengunjungi dokter kulit sebelum hari pernikahannya untuk memastikan kulit mereka sehat dan cerah

Ritual kecantikan Brasil | Photo by Gustavo Fring from Pexels

Melansir dari laman Glamour, sudah menjadi rahasia umum kalau para calon pengantin wanita di Brasil akan mengunjungi dokter kulit untuk memastikan bahwa kulit wajah mereka sehat dan cerah agar bisa tampil cantik saat hari pernikahannya. Selain mengunjungi dokter kulit, ada juga tradisi menuliskan semua nama teman sang pengantin wanita yang masih lajang di ujung gaun sebagai simbol keberuntungan bagi pengantin yang hendak menikah.

Itu dia SoHip beberapa tradisi kecantikan pengantin dari beberapa negara di dunia. Banyak tradisi yang unik dan seru ya! Kalau kamu paling suka sama tradisi yang mana nih? Atau kamu mau cerita beauty ritual unik di tempat kamu berada saat ini? Boleh~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE