Momen menikah memang sakral. Kita pun ingin punya pesta pernikahan yang istimewa dan berkesan. Namun, menyelenggarakannya bukanlah hal yang mudah dan murah. Persiapan mesti matang. Mulai dari menentukan jumlah tamu, tempat pernikahan, busana pengantin, seragam keluarga, hidangan, sampai souvenir, pasangan dan keluargamu pusing berhari-hari.

Bayangan anggaran yang membengkak sudah mulai muncul di pikiranmu.

Advertisement

Karena itu, coba deh baca tips-tips hemat di bawah ini. Demi pernikahan yang sakral namun tetap sesuai jangkauan, tips-tips ini bisa kamu terapkan!

1. Nggak cuma konsep dan dekorasi yang harus kamu perhatikan. Tanggal pernikahan pun juga. Ingat, tanggal turut menentukan biaya sewa

Dekorasi-Pernikahan-Murah-Dirumah

Nggak ingin repot menyelenggarakan pesta di rumah, menyewa gedung pun jadi pilihanmu. Padahal, menyewa gedung adalah salah satu hal yang bikin anggaranmu membengkak.

Coba siasati hal ini dengan dekorasi ruangan yang tak rumit, dan konsep pernikahan yang sederhana. Pertimbangkan juga tanggal pernikahanmu sejak awal. Mungkin harga sewa gedung Jumat malam lebih murah daripada Minggu siang — jadi, pertimbangkanlah untuk menyelenggarakan resepsi hari Jumat malam saja. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggelar pernikahan di bulan yang kurang populer. Siapa tahu kamu bisa dapat potongan lebih lanjut?

2. Lebih hemat lagi kalau menggunakan tema pesta kebun di halaman rumahmu. Pernak-pernik pernikahan pun bisa kamu siasati dengan membuatnya sendiri

paket-dekorasi-pernikahan-di-rumah

Advertisement

Sedikit repot memang, jika harus menggunakan halaman rumah untuk pesta pernikahan. Tapi, setidaknya memanfaatkan halaman rumah sendiri justru mengirit biaya sewa gedung. Belum lagi dekorasi yang kamu gunakan pun bisa disiasati dengan mencicilnya sendiri. Kamu juga bisa meminta bantuan dari kerabat-kerabat terdekat untuk sekadar membuat hiasan seperti rangkaian bunga atau janur.

3. Manfaatkan teknologi digital sebaik mungkin untuk menyebar undangan. Untuk desain, kamu bisa meminta bantuan temanmu yang jago menggambar

Karena menikah akan membuat siapa saja berbunga-bunga

Karena menikah akan membuat siapa saja berbunga-bunga via www.pinterest.com

Pusingnya membuat daftar tamu yang akan diundang, bisa lebih pusing lagi kalau kamu memikirkan biaya cetak undangan. Tamu yang diundang dari kedua belah pihak udah pasti nggak sedikit. Memutar otak, dengan memanfaatkan teknologi digital dan mengirim undangan melalui pesan elekronik atau media sosial bisa jadi solusinya. Cetak undangan untuk kalangan kerabat dekat saja. Atau kalau kamu punya teman yang jago menggambar, kamu bisa meminta tolong kreativitasnya (tapi tetap dibayar, ya). Selain lebih murah, undanganmu pastinya juga bisa lebih berkesan.

4. Seragam dan baju pengantimu bisa lebih murah jika kamu sewa saja.

baju pengantin

baju pengantin via www.desainbajumuslim.com

Membuat baju pengantin sendiri memang membuatmu memiliki wujud kenangan yang nyata. Bisa saja kamu punya cita-cita, kelak baju itu akan kamu turunkan kepada anak atau menantumu. Tapi, membuat baju pengantin sendiri membutuhkan biaya cukup besar. Perihal menjahit kebaya atau baju pengantin bukan hal yang sepele. Nggak mungkin kan kamu menggunakan jasa penjahit biasa untuk membuat baju sakral itu. Salah-salah malah hasilnya jauh dari bayanganmu.

Belum lagi, kalau kamu berencana menggunakan beberapa baju berbeda dalam acara tersebut. Wah, nggak kebayang modal yang harus kamu keluarkan nantinya. Karena itu, supaya persoalan baju pengantin atau seragam untuk keluargamu lebih aman, lebih baik kamu menyewanya saja. Biar lebih hemat, kamu juga bisa mencari jasa penyewaan yang sudah sekaligus menyediakan rias pengantinnya.

5. Kalau kamu ingin membuat baju dan seragam untuk kelargamu sendiri, cukup berikan kain pada mereka. Sedangkan baju pengantin yang kamu kenakan pun cukup satu saja.

HEADER-ANDIEN

Tetap ingin punya baju pengantin yang dijahit sediri, dan seragam keluarga pun ingin kamu samakan dengan tema yang kamu pilih. Berarti untuk meminimalkan pengeluaran, kamu cukup memakai satu busana pengantin untuk acara akad dan nikah. Pilih model yang fleksibel untuk kedua acara. Sedangkan untuk seragam keluarga, kamu cukup memberi mereka kain dan perihal menjahit biar menjadi urusan mereka sendiri.

6. Jasa saudara sendiri untuk mendokumentasikan momen sakral juga bisa membantumu menghemat pengeluaran

LUKIHERMANTO FOTOGRAFIX - www.lukihermanto.com #LUKIHERMANTO

Punya teman yang jago memotret, meski bukan professional wedding photo tetap bisa kamu manfaatkan. Bukan berniat untuk mencari gratisan loh ya, tapi setidaknya harga yang kamu bayar bisa dinegosiasikan. Tapi, jika kamu nggak punya kerabat atau teman yang jago memotret, pilihlah jasa mahasiswa jurusan Fotografi. Sebelumnya lihat terlebih dahulu portofolio mereka. Jangan sampai salah pilih fotografer, dan hasil jepretan momen sakralmu malah kurang maksimal.

7. Untuk menu utama pernikahan, pakailah jasa catering prasmanan. Sedangkan snack kamu bisa memesannya dari temanmu sendiri yang punya usaha kue

mk3

Jasa catering pernikahan memang ada banyak, tapi pastikan jasa yang kamu pilih sesuai dengan budgetmu. Catering dengan cara prasmanan nggak cuma praktis tapi juga murah. Selain itu, pastikan menu yang kamu pilih sesuai dengan selera dan membuat tamu merasa kenyang. Sedangkan menu sampingan atau snack, kamu bisa memesannya di tempat yang berbeda. Syukur-syukur kalau kamu punya teman yang memiliki usaha kue. Pesan dengannya udah pasti nggak cuma membuat dia senang, tapi  harga yang kamu bayar pasti juga tak terlalu mahal. Untuk urusan minum, kamu juga bisa meminimalkannya dengan membeli minuman kemasan seperti aqua.

8. Gunakan kreativitasmu untuk membuat dan menyiapkan sendiri souvenir pernikahan

souvenir pernikahan unik kreatif toples kecil

Bukan cuma hidangan, souvenir pernikahan jadi item wajib untuk menjamu tamu. Tujuannya nggak lain agar mereka terkenang dengan pernikahanmu, dan sebagai wujud ucapan terimakasih sudah berkenan datang. Memang banyak jasa yang menawarkan pembuatan souvenir, tapi lagi-lagi kamu harus ingat penghematan biaya pernikahan. Kenapa nggak kamu buat aja sendiri? Kamu bisa mengisinya dengan bermacam-macam jenis bibit tanaman, bahkan mungkin juga sekedar permen cokelat warna-warni.

9. Memakai cincin warisan dari nenek bisa jadi sangat manis. Dan kalian tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk cincin kawin

cincin nikah

cincin nikah via www.dailymoslem.com

Masih ada lhom tradisi waris-mewarisi cincin kawin. Selain memberi kesan klasik dan juga intim, memakai cincin warisan dari nenek atau kakek juga bisa menghemat pengeluaran.

Memang tenaga dan pikiran yang harus kamu keluarkan untuk benar-benar matang menyusunnya pasti akan lebih besar. Tapi, setidaknya pernikahan yang kamu harapkan tanpa menghambur-hamburkan bisa terwujudkan.

Jadi, sudah siap menggelar momen sakral dalam menjejaki lembaran baru bersama pasangan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya